Kartu Soal Penjaskes Kelas 11 Sem 1 Beserta Kisi-Kisi K-13


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, mmenerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: c
Dalam permainan sepak bola Posisi pemain yang bertugas sebagai penyerang tengah disebut ….
a. center back
b. full back
c. striker
d. poros haling


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, mmenerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: a
Pola pertahanan satu jaga satu di daerah pertahanan pada permainan sepak bola dinamakan ….
a. man to man
b. zone marking
c. zone defence
d. total marking
e. total football


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: e
Berikut ini yang tidak termasuk formasi permainan sepak bola yang sering digunakan adalah ….
a. 4 – 2 – 4
b. 4 – 3 – 3
c. 4 – 4 – 2
d. 1 – 3 – 3 – 3
e. 3 – 4 – 5


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: d
Pola pertahanan yang paling kompleks, di mana setiap pemain menjaga lawannya dengan tiba-tiba berpindah tempat adalah ….
a. man to man
b. zone defence
c. zona bebas
d. man to man dan zone defence
e. man pressing


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: c
Pola penyerangan yang pemainnya mencari ruang yang tidak terjaga disebut ….
a. pola melakukan gerakan tersusun
b. pola bermain menghadapi
c. pola mencari ruang kosong
d. pola man to man
e. pola zone defence


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: a
Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah ….
a. Chest pass d. Jeveline pass
b. Side pass e. Bound pass
c. Overhead pass


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: b
Pertandingan bola basket dapat dimainkan 2 x 20 menit atau dapat juga dimainkan dengan ….
a. 4 x 8 menit d. 4 x 14 menit
b. 4 x 10 menit e. 4 x 15 menit
c. 4 x 12 menit


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: c

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah ….
a. Chest pass d. Jeveline pass
b. Side pass e. Bound pass
c. Overhead pass


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: b
Teknik menembak dalam bola basket yang didahului dengan melangkah dualangkah adalah ….
a. Tembakan satu tangan di atas kepala
b. Tembakan lay – up
c. Tembakan meloncat dengan dua tangan
d. Tembakan kaitan
e. Tembakan dari samping


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·         Formasi permainan sepak bola
·         Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·         Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: e
Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada saat permain menguasai bola di sebut ….
a. Shooting
b. Dribbling
c. Lay-up
d. Jumping
e. Pivot


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawab : b
Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis, antara lain...
a. Forehand, melambung, datar
b. Smash, backhand, lurus
c. Vertical, lurus, lob
d. Drive, dropshot, horizontal
e. Smash, vertical, lob


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawab : e
Pada pertandingan bulu tangkis putra deuce (yus) diberikan jika kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawab : c

Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada ...
a. laju bola
b. posisi kaki
c. sikap badan menghadap
d. sikap tangan memukul
e. Sikap kepala


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawab : e

Pukulan smash dilakukan ketika bola (kok) ..
a. setinggi dada
b. meluncur turun
c. menjelang meluncur jatuh
d. setinggi loncatan
e. melambung di depan atas kepala


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawab : e

Pada pertandingan bulu tangkis putri deuce (yus) diberikan apabila kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawab : e

Pukulan yang jatuhnya dekat net dinamakan pukulan...
a. Drive
b. Service
c. Smash
d. Lop
e. Sdopshot


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawab : d

Teknik pukulan dengan tujuan untuk melambungkan shoottlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke garis belakang yaitu ...
a. Pukulan drive
b. Pukulan servis
c. Pukulan dropshot
d. Pukulan lop
e. Pukulan smash


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: a. smash, backhand, lurus

Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis, antara lain….
a. smash, backhand, lurus
b. drive, dropshot, horizontal
c. vertikal, lurus, lob
d. smash, vertikal, lob
e. forehand, melambung, datar


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawab : d

Organisasi induk bulu tangkis Indonesia dinamakan....
a. FIFA
b. PSSI
c. PASI
d. PBSI
e. FIBA


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·         Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·         Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawab : b

Lajunya pukulan dropshot yaitu...
a. keras melayang
b. menukik tajam dengan cepat
c. lambat mendatar
d. mendatar dengan cepat
e. keras mendatar


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: b. 3 gaya

Macam gaya dalam lompat jauh ada…
a. 2 gaya
b. 3 gaya
c. 4 gaya
d. 5 gaya
e. 6 gaya


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: b. cara kaki menapak

Gerakan larijarak menengah sedikit berbeda dengan gerak lari cepat. Perbedaan itu terutama pada…
a. cara kaki melangkah
b. cara kaki menapak
c. pengambilan start
d. cara memasuki finish
e. pencatatan waktu


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: d. kepalanya

Seorang pelari dianggap masuk finish apabila …. Telah memasuki finish.
a. kakinya
b. tangannya
c. punggungnya
d. kepalanya
e. badannya


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m

Nomor-nomor lari jarak menengah adalah…
a. 100 m, 200 m, dan 400 m
b. 200 m, 400 m, dan 800 m
c. 400 m, 800 m, 1.500 m
d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m
e. 1.500 m 3.000 m, dan 5.000 m


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: b. start berdiri

Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah…
a. start jongkok
b. start berdiri
c. start melayang
d. jawaban a, b, c benar semuanya
e. start duduk


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan *
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: b. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak
Hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah…
a. latihan gerak pendaratan
b. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak
c. menguasai gerak langkah dan ayunan
d. mencapai jangkauan gerak yang baik
e. memelihara kecepatan sampai saat menolak


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan *
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: a. kaki diluruskan

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah…
a. kaki diluruskan
b. kaki dilipat ke belakang
c. kaki dilipat ke depan
d. kaki dibengkokkan
e. lutut ditekuk


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan *
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: d

Lompat tinggi gaya straddle biasa disebut gaya ….
a. gunting
b. lompat pagar
c. dada
d. guling perut
e. gaya samping


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan *
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: c

Mendarat pada lompat tinggi gaya straddle, bagian badan yang menyentuh matras terlebih dahulu adalah ….
a. kaki
b. lutut
c. pinggang
d. punggung
e. kepala


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun rencana perbaikan *
Materi :
·         Lompat jauh
·         Lari
·         Lompat tinggi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: b

Dalam lompat tinggi gaya straddle, bagian yang melewati mistar lebih dahulu adalah ….
a. tangan
b. kepala
c. kaki ayun
d. pantat
e. bahu


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: a

Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan disebut ….
a. tangkisan
b. serangan
c. kuda-kuda
d. tamparan
e. tusukan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: d

Berikut ini yang bukan termasuk serangan tangan melalui atas adalah ….
a. ketok
b. patuk
c. tumbuk
d. bandul
e. tebak


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: a

Untuk permulaan latihan, yang diperhatikan adalah ….
a. sikap tubuh
b. sikap tumit
c. sikap tendangan ke depan
d. sikap tendangan ke bawah
e. sikap tendangan ke atas


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: e

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah ….
a. menunjukkan kemampuannya di depan umum
b. bersikap mengalah walau dipukul
c. bersikap masa bodoh terhadap orang lain
d. bersikap tenang bagai air
e. bersikap kesatria dan bersikap seperti ilmu padi


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: a

Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah ….
a. mengelak
b. menebak
c. menangkis
d. memutar
e. menghindar


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban: e
Tujuan gerakan menangkis adalah ….
a. menghindari pukulan lawan
b. menghindari tendangan lawan
c. menghindari jatuhan lawan
d. menghindari tebasan lawan
e. menghindari serangan lawan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37

Nama induk organisasi pencak silat Indonesia adalah ….
a. PSSI
b. PPSI
c. PEPSI
d. IPSI
e. PERCASI
Jawaban: d


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban: B

Bagian tubuh yang dilarang untuk diserang dalam pertandingan pencak silat adalah…
A. Badan bagian atas
B. Leher ke atas dan kemaluan
C. Perut
D. Badan mulai dari leher sampai pinggang
E. Bagian dada


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban: A

Dalam melakukan serangan maupun pertahan, hal pokok yang harus diperhatikan adalah…
A. Kuda-kuda
B. Sikap pasang
C. Posisi
D. Pola langkah
E. Pola gerakan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·         menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·         Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban: A

Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan kedua tangan mengepal berada disamping pinggang disebut sikap…
A. Salam
B. Syukur
C. Tegak
D. Pasang
E. Kuda-kuda


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban:
– Kekuatan (Streght)
– Daya tahan (Endurance)
– Daya Otot (Muscular Power)
– Kecepatan (Speed)
– Daya lentur (Flexibility)
– Kelincahan (Agility),
– Koordinasi (Coordination)
– Keseimbangan (Balance)
Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban: Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).
Apa yang dimaksud kelincahan?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban:
– Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)
– Melakukan Latihan Lari Zig Zag
– Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon
– Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)
– Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
– Melakukan Latihan dengan Agility Balls
Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban: Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik dan Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko Anda mengidap berbagai gangguan kesehatan.
Apakah manfaat dari kebugaran jasmani ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban:
– Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
– Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
– Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga
Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban: Latihan yang bertujuan untuk memberikan kekuatan dan kekebalan tubuh agar tubuh terlindung dari penyakit.

Apa yang dimaksud dengan latihan daya tahan tubuh?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban: Kelenturan dinamis adalah gerakan peregangan yang dilakukan dengan melibatkan otot-otot dan persendian, gerakan peregangan ini dilakukan dengan secara perlahan dan terkontrol dengan pangkal gerakannya adalah pangkal persendian.
Apa yang dimaksud latihan kelenturan dinamis?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban: Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan.
Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban: daya tahan
Lari joging merupakan latihan untuk meningkatkan ....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
Materi :
·         komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·         bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·         latihan daya tahan tubuh
·         keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
Rumusan Butir Soal

No. Soal :50
Jawaban: keseimbangan dinamis adalah kemampuan untuk mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, misalnya berjalan dan berlari
Jelaskan yang dimaksud dengan keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani ?

Download Kartu Soal Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


Download Kisi-Kisi Soal Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


Download Soal-Soal  Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


No comments:

Post a Comment