KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, mmenerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: c
|
Dalam permainan sepak bola Posisi pemain yang bertugas
sebagai penyerang tengah disebut ….
a. center back
b. full back
c. striker
d. poros haling
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, mmenerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: a
|
Pola pertahanan satu jaga satu di daerah pertahanan
pada permainan sepak bola dinamakan ….
a. man to man
b. zone marking
c. zone defence
d. total marking
e. total football
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: e
|
Berikut ini yang tidak termasuk formasi permainan sepak
bola yang sering digunakan adalah ….
a. 4 – 2 – 4
b. 4 – 3 – 3
c. 4 – 4 – 2
d. 1 – 3 – 3 – 3
e. 3 – 4 – 5
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: d
|
Pola pertahanan yang paling kompleks, di mana setiap
pemain menjaga lawannya dengan tiba-tiba berpindah tempat adalah ….
a. man to man
b. zone defence
c. zona bebas
d. man to man dan zone defence
e. man pressing
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: c
|
Pola penyerangan yang pemainnya mencari ruang yang
tidak terjaga disebut ….
a. pola melakukan gerakan tersusun
b. pola bermain menghadapi
c. pola mencari ruang kosong
d. pola man to man
e. pola zone defence
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: a
|
Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam
permainan bola basket adalah ….
a. Chest pass d. Jeveline
pass
b. Side pass e. Bound
pass
c. Overhead pass
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: b
|
Pertandingan bola basket dapat dimainkan 2 x 20 menit
atau dapat juga dimainkan dengan ….
a. 4 x 8 menit d. 4 x 14
menit
b. 4 x 10 menit
e. 4 x 15 menit
c. 4 x 12 menit
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: c
|
Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam
permainan bola basket adalah ….
a. Chest pass d. Jeveline
pass
b. Side pass e. Bound
pass
c. Overhead pass
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: b
|
Teknik menembak dalam bola basket yang didahului dengan
melangkah dualangkah adalah ….
a. Tembakan satu tangan di atas kepala
b. Tembakan lay – up
c. Tembakan meloncat dengan dua tangan
d. Tembakan kaitan
e. Tembakan dari samping
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi permainan sepak bola
·
Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: e
|
Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu
kaki (kaki poros) pada saat permain menguasai bola di sebut ….
a. Shooting
b.
Dribbling
c. Lay-up
d. Jumping
e. Pivot
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawab : b
|
Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis,
antara lain...
a. Forehand, melambung, datar
b. Smash, backhand, lurus
c. Vertical, lurus, lob
d. Drive, dropshot, horizontal
e. Smash, vertical, lob
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawab : e
|
Pada pertandingan bulu tangkis putra deuce (yus)
diberikan jika kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawab : c
|
Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan
bulu tangkis terletak pada ...
a. laju bola
b. posisi kaki
c. sikap badan menghadap
d. sikap tangan memukul
e. Sikap kepala
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawab : e
|
Pukulan smash dilakukan ketika bola (kok) ..
a. setinggi dada
b. meluncur turun
c. menjelang meluncur jatuh
d. setinggi loncatan
e. melambung di depan atas kepala
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawab : e
|
Pada pertandingan bulu tangkis putri deuce (yus)
diberikan apabila kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawab : e
|
Pukulan yang jatuhnya dekat net dinamakan pukulan...
a. Drive
b. Service
c. Smash
d. Lop
e. Sdopshot
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawab : d
|
Teknik pukulan dengan tujuan untuk melambungkan
shoottlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke garis belakang yaitu ...
a. Pukulan drive
b. Pukulan servis
c. Pukulan dropshot
d. Pukulan lop
e. Pukulan smash
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban: a. smash, backhand, lurus
|
Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis,
antara lain….
a. smash, backhand, lurus
b. drive, dropshot, horizontal
c. vertikal, lurus, lob
d. smash, vertikal, lob
e. forehand, melambung, datar
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawab : d
|
Organisasi induk bulu tangkis Indonesia dinamakan....
a. FIFA
b. PSSI
c. PASI
d. PBSI
e. FIBA
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·
Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·
Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawab : b
|
Lajunya pukulan dropshot yaitu...
a. keras melayang
b. menukik tajam dengan cepat
c. lambat mendatar
d. mendatar dengan cepat
e. keras mendatar
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: b. 3 gaya
|
Macam gaya dalam lompat jauh ada…
a. 2 gaya
b. 3 gaya
c. 4 gaya
d. 5 gaya
e. 6 gaya
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban: b. cara kaki menapak
|
Gerakan larijarak menengah sedikit berbeda dengan gerak
lari cepat. Perbedaan itu terutama pada…
a. cara kaki melangkah
b. cara kaki menapak
c. pengambilan start
d. cara memasuki finish
e. pencatatan waktu
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban: d. kepalanya
|
Seorang pelari dianggap masuk finish apabila …. Telah
memasuki finish.
a. kakinya
b. tangannya
c. punggungnya
d. kepalanya
e. badannya
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban: d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m
|
Nomor-nomor lari jarak menengah adalah…
a. 100 m, 200 m, dan 400 m
b. 200 m, 400 m, dan 800 m
c. 400 m, 800 m, 1.500 m
d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m
e. 1.500 m 3.000 m, dan 5.000 m
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban: b. start berdiri
|
Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah…
a. start jongkok
b. start berdiri
c. start melayang
d. jawaban a, b, c benar semuanya
e. start duduk
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban: b. memperpendek atau memperpanjang langkah
terakhir sebelum bertolak
|
Hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah…
a. latihan gerak pendaratan
b. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir
sebelum bertolak
c. menguasai gerak langkah dan ayunan
d. mencapai jangkauan gerak yang baik
e. memelihara kecepatan sampai saat menolak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban: a. kaki diluruskan
|
Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah…
a. kaki diluruskan
b. kaki dilipat ke belakang
c. kaki dilipat ke depan
d. kaki dibengkokkan
e. lutut ditekuk
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban: d
|
Lompat tinggi gaya straddle biasa disebut gaya ….
a. gunting
b. lompat pagar
c. dada
d. guling perut
e. gaya samping
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban: c
|
Mendarat pada lompat tinggi gaya straddle, bagian badan
yang menyentuh matras terlebih dahulu adalah ….
a. kaki
b. lutut
c. pinggang
d. punggung
e. kepala
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
|
Materi :
·
Lompat jauh
·
Lari
·
Lompat tinggi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban: b
|
Dalam lompat tinggi gaya straddle, bagian yang melewati
mistar lebih dahulu adalah ….
a. tangan
b. kepala
c. kaki ayun
d. pantat
e. bahu
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban: a
|
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak
langsung dengan serangan disebut ….
a. tangkisan
b. serangan
c. kuda-kuda
d. tamparan
e. tusukan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban: d
|
Berikut ini yang bukan termasuk serangan tangan melalui
atas adalah ….
a. ketok
b. patuk
c. tumbuk
d. bandul
e. tebak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban: a
|
Untuk permulaan latihan, yang diperhatikan adalah ….
a. sikap tubuh
b. sikap tumit
c. sikap tendangan ke depan
d. sikap tendangan ke bawah
e. sikap tendangan ke atas
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban: e
|
Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah
….
a. menunjukkan kemampuannya di depan umum
b. bersikap mengalah walau dipukul
c. bersikap masa bodoh terhadap orang lain
d. bersikap tenang bagai air
e. bersikap kesatria dan bersikap seperti ilmu padi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis strategi dalam pertarungan bayangan
(shadow fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban: a
|
Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus
dilakukan adalah ….
a. mengelak
b. menebak
c. menangkis
d. memutar
e. menghindar
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif **
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban: e
|
Tujuan gerakan menangkis adalah ….
a. menghindari pukulan lawan
b. menghindari tendangan lawan
c. menghindari jatuhan lawan
d. menghindari tebasan lawan
e. menghindari serangan lawan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif **
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
|
Nama induk organisasi pencak silat Indonesia adalah ….
a. PSSI
b. PPSI
c. PEPSI
d. IPSI
e. PERCASI
Jawaban: d
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif **
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban: B
|
Bagian tubuh yang dilarang untuk diserang dalam
pertandingan pencak silat adalah…
A. Badan bagian atas
B. Leher ke atas dan kemaluan
C. Perut
D. Badan mulai dari leher sampai pinggang
E. Bagian dada
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif **
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban: A
|
Dalam melakukan serangan maupun pertahan, hal pokok
yang harus diperhatikan adalah…
A. Kuda-kuda
B. Sikap pasang
C. Posisi
D. Pola langkah
E. Pola gerakan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow fighting) olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif **
|
Materi :
·
Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung
dengan serangan Pencak silat
·
menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·
Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban: A
|
Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan
kedua tangan mengepal berada disamping pinggang disebut sikap…
A. Salam
B. Syukur
C. Tegak
D. Pasang
E. Kuda-kuda
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban:
– Kekuatan (Streght)
– Daya tahan (Endurance)
– Daya Otot (Muscular Power)
– Kecepatan (Speed)
– Daya lentur (Flexibility)
– Kelincahan (Agility),
– Koordinasi (Coordination)
– Keseimbangan (Balance)
|
|
Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran
jasmani ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban: Kelincahan adalah merupakan salah satu
komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan
pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara
efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan
sekuat tenaga).
|
|
Apa yang dimaksud kelincahan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban:
– Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik
(Shutle Run)
– Melakukan Latihan Lari Zig Zag
– Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak
pada Suatu Balon
– Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat
Thrust)
– Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
– Melakukan Latihan dengan Agility Balls
|
|
Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan
kelincahan ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban: Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik
dan Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan
kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang
ideal Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi
risiko Anda mengidap berbagai gangguan kesehatan.
|
|
Apakah manfaat dari kebugaran jasmani ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta mmenerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban:
– Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
– Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
– Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit
dan tangga
|
|
Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban: Latihan yang bertujuan untuk memberikan
kekuatan dan kekebalan tubuh agar tubuh terlindung dari penyakit.
|
|
Apa yang dimaksud dengan latihan daya tahan tubuh?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran
komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban: Kelenturan dinamis adalah gerakan peregangan
yang dilakukan dengan melibatkan otot-otot dan persendian, gerakan peregangan
ini dilakukan dengan secara perlahan dan terkontrol dengan pangkal gerakannya
adalah pangkal persendian.
|
|
Apa yang dimaksud latihan kelenturan dinamis?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban: Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes
yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah
dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan.
|
|
Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan
lari bolak-balik ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban: daya tahan
|
|
Lari joging merupakan latihan untuk meningkatkan ....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
Materi :
·
komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·
latihan daya tahan tubuh
·
keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal :50
|
Jawaban: keseimbangan dinamis adalah kemampuan untuk
mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, misalnya berjalan dan
berlari
|
|
Jelaskan yang dimaksud dengan keseimbangan dinamis pada
latihan kebugaran jasmani ?
|
||
No comments:
Post a Comment