Kisi-Kisi Penjaskes Kelas 11 Sem 1 Beserta Kartu Soal K-13


Kisi-kisi Penjaskes
SMA/SMK Kelas XI Semester 1

Satuan Pendidikan               : SMA/SMK
Kelas / Semester                 : XI / 1
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Tingkat kesulitan
Bentuk Soal
Soal Nomor
1.         
3. Memahami, enerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Menganalisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar
serta menyusun rencana perbaikan*
·   Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·   Formasi permainan sepak bola
·   Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·   Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
·   Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan sepak bola.
·   Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan bola voli.
·   Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan bola basket.
C - 4

C - 4

C - 4


Pilihan Ganda
1 - 5
2.         
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar serta
menyusun rencana perbaikan*
·   Penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepak bola
·   Formasi permainan sepak bola
·   Teknik mengoper dan menembak dalam permainan bola basket
·  Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan sepak bola.
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan bola voli.
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan bola basket.
P - 4


P - 4


P - 4
Pilihan Ganda
6 -10
3.         
3. Memahami, enerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.2 Menganalisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil
serta menyusun rencana perbaikan*
·  Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·  Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·  Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
·   Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan sofball
·  Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan bulutangkis.
·  Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan tenis meja
C - 4


C - 4


C - 4




Pilihan Ganda
11 - 15
4.         
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
4.2 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil serta
menyusun rencana perbaikan*
·  Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
·  Penskoran dalam permainan bulu tangkis
·  Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan sofball.
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan bulutangkis.
·  Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan tenis meja.
 P - 4



P - 4


P - 4
Pilihan Ganda
16 -20
5.         
3. Memahami, enerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.3 Menganalisis keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif
serta menyusun rencana perbaikan*
·  Lompat jauh
·  Lari
·  Lompat tinggi
·  Menganalisis kategori keterampilan gerak lari
·  Menganalisis kesalahan dalam ketegori gerak lari
·  Menganalisis kategori keterampilan gerak lompat
·  Menganalisis kesalahan dalam ketegori gerak lompat
 C - 4



C – 4


C – 4

C - 4
Pilihan Ganda
21 - 25
6.         
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
4.3 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan jalan, lari, lompat, dan
lempar untuk menghasilkan gerak
yang efektif serta menyusun
rencana perbaikan *
·  Lompat jauh
·  Lari
·  Lompat tinggi
·  Mempraktikkan gerak memperbaiki kesalahan jalan cepat
·  Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lari
·  Mempraktikkan gerak memperbaiki kesalahan gerak lari
·  Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lompat
·  Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lompat
 P - 4


P – 4


P – 4


P - 4
Pilihan Ganda
26 - 30
7.         
3. Memahami, enerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.4 Menganalisis strategi dalam
pertarungan bayangan (shadow
fighting) olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
·  Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·  menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·  Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
·  Menganalisis strategi kudakuda aktivitas beladiri pencaksilat
·  Menganalisis strategi pukulan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Menganalisis strategi elakan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Menganalisis strategi tendangan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Menganalisis strategi tangkisan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Menganalisis kesalahan gerak aktivitas beladiri pencaksilat untuk menghasilkan gerak yang efektif
C - 4


C - 4

C - 4


C - 4

C - 4

C - 4
Pilihan Ganda
31 - 35
8.         
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
4.4 Mempraktikkan hasil analisis
strategi dalam pertarungan
bayangan (shadow fighting)
olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
·  Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan Pencak silat
·  menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
·  Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
·  Mempraktikkan strategi kuda-kuda aktivitas beladiri pencaksilat
·  Mempraktikkan strategi pukulan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Mempraktikkan strategi elakan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Mempraktikan strategi tendangan aktivitas beladiri pencak silat.
·  Mempraktikkan strategi tangkisan aktivitas beladiri pencaksilat
·  Mempraktikkan hasil analisis kesalahan gerak aktivitas beladiri pencaksilat untuk menghasilkan gerak yang efektif
 P – 4


 P – 4

P - 4

P – 4
Pilihan Ganda
36 - 40
9.         
3. Memahami, enerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.5 Menganalisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran
jasmani terkait keterampilan
(kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
·  komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·  bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·  latihan daya tahan tubuh
·  keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
·  Menganalisis konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan.
·  Menganalisis konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan.
·  Menganalisis konsep pengukuran keseimbangan terkait keterampilan.
·  Menganalisis konsep pengukuran koordinasi terkait keterampilan.
·  Menganalisis konsep pengukuran komposisi tubuh terkait keterampilan.
·  Menganalisis konsep pengukuran daya tahan terkait keterampilan.
·  Menganalisis hasil pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI.
C – 4


C – 4

C – 4

Essay
41 – 45
10.      
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
4.5 Mempraktikkan hasil analisis
konsep latihan dan pengukuran
komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan (kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan
koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
·  komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
·  bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
·  latihan daya tahan tubuh
·  keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
·  Mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan.
·  Mempraktikkan konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan.
·  Mempraktikkan konsep pengukuran keseimbangan terkait keterampilan.
·  Mempraktikkan konsep pengukuran koordinasi terkait keterampilan.
·  empraktikkan konsep pengukuran daya tahan terkait keterampilan.
·  Mempraktikkan konsep pengukuran kekuatan terkait keterampilan.
·  Mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan standar TKJI.
P – 4


P – 4


P - 4
Essay
46 - 50


Download Kisi-Kisi Soal Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


Download Kartu Soal Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


Download Soal Penjaskes Kelas XI Sem 1 >>>


No comments:

Post a Comment