Kisi-kisi Penjaskes
SMA/SMK Kelas XI Semester 1
Satuan
Pendidikan : SMA/SMK
Kelas
/ Semester : XI / 1
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Tingkat kesulitan
|
Bentuk Soal
|
Soal Nomor
|
1.
|
3. Memahami, enerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis
keterampilan gerak
salah satu permainan bola
besar
serta menyusun rencana
perbaikan*
|
·
Penyerangan dan
pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi
permainan sepak bola
·
Teknik mengoper
dan menembak dalam permainan bola basket
·
Peraturan-peraturan
dalam permainan bola basket
|
·
Menganalisis
kategori keterampilan gerak dalam permainan sepak bola.
·
Menganalisis kategori
keterampilan gerak dalam permainan bola voli.
·
Menganalisis
kategori keterampilan gerak dalam permainan bola basket.
|
C - 4
C - 4
C - 4
|
Pilihan Ganda
|
1 - 5
|
2.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1 Mempraktikkan hasil
analisis
keterampilan gerak salah
satu
permainan bola besar
serta
menyusun rencana
perbaikan*
|
·
Penyerangan dan
pertahanan dalam permainan sepak bola
·
Formasi
permainan sepak bola
·
Teknik mengoper
dan menembak dalam permainan bola basket
· Peraturan-peraturan dalam permainan bola basket
|
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
sepak bola.
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
bola voli.
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
bola basket.
|
P - 4
P - 4
P - 4
|
Pilihan Ganda
|
6 -10
|
3.
|
3. Memahami, enerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.2 Menganalisis
keterampilan gerak
salah satu permainan bola
kecil
serta menyusun rencana
perbaikan*
|
· Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
· Penskoran dalam permainan bulu tangkis
· Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
· Menganalisis
kategori keterampilan gerak dalam permainan sofball
· Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan
bulutangkis.
· Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan
tenis meja
|
C - 4
C - 4
C - 4
|
Pilihan Ganda
|
11 - 15
|
4.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.2 Mempraktikkan hasil
analisis
keterampilan gerak salah
satu
permainan bola kecil
serta
menyusun rencana
perbaikan*
|
· Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis
· Penskoran dalam permainan bulu tangkis
· Organisasi bulu tangkis nasional dan internasional
|
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
sofball.
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
bulutangkis.
· Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan
tenis meja.
|
P - 4
P - 4
P - 4
|
Pilihan Ganda
|
16 -20
|
5.
|
3. Memahami, enerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.3 Menganalisis
keterampilan jalan,
lari, lompat, dan lempar
untuk
menghasilkan gerak yang
efektif
serta menyusun rencana
perbaikan*
|
· Lompat jauh
· Lari
· Lompat tinggi
|
· Menganalisis kategori keterampilan gerak lari
· Menganalisis kesalahan dalam ketegori gerak lari
· Menganalisis kategori keterampilan gerak lompat
· Menganalisis kesalahan dalam ketegori gerak lompat
|
C - 4
C – 4
C – 4
C - 4
|
Pilihan Ganda
|
21 - 25
|
6.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.3 Mempraktikkan hasil
analisis
keterampilan jalan, lari,
lompat, dan
lempar untuk menghasilkan
gerak
yang efektif serta
menyusun
rencana perbaikan *
|
· Lompat jauh
· Lari
· Lompat tinggi
|
· Mempraktikkan gerak memperbaiki kesalahan jalan cepat
· Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lari
· Mempraktikkan gerak memperbaiki kesalahan gerak lari
· Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lompat
· Mengidentifkasi kesalahan dalam ketegori gerak lompat
|
P - 4
P – 4
P – 4
P - 4
|
Pilihan Ganda
|
26 - 30
|
7.
|
3. Memahami, enerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.4 Menganalisis strategi
dalam
pertarungan bayangan
(shadow
fighting) olahraga
beladiri untuk
menghasilkan gerak yang
efektif**
|
· Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak
langsung dengan serangan Pencak silat
· menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
· Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
· Menganalisis strategi kudakuda aktivitas beladiri pencaksilat
· Menganalisis strategi pukulan aktivitas beladiri
pencaksilat
· Menganalisis strategi elakan aktivitas beladiri
pencaksilat
· Menganalisis strategi tendangan aktivitas beladiri pencaksilat
· Menganalisis strategi tangkisan aktivitas beladiri
pencaksilat
· Menganalisis kesalahan gerak aktivitas beladiri
pencaksilat untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
C - 4
C - 4
C - 4
C - 4
C - 4
C - 4
|
Pilihan Ganda
|
31 - 35
|
8.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.4 Mempraktikkan hasil
analisis
strategi dalam
pertarungan
bayangan (shadow
fighting)
olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang
efektif **
|
· Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak
langsung dengan serangan Pencak silat
· menghindari pukulan lawan dalam pencak silat
· Teknik Melakukan penyerangan dalam pencak silat
|
· Mempraktikkan strategi kuda-kuda aktivitas beladiri pencaksilat
· Mempraktikkan strategi pukulan aktivitas beladiri pencaksilat
· Mempraktikkan strategi elakan aktivitas beladiri
pencaksilat
· Mempraktikan strategi tendangan aktivitas beladiri pencak
silat.
· Mempraktikkan strategi tangkisan aktivitas beladiri pencaksilat
· Mempraktikkan hasil analisis kesalahan gerak
aktivitas beladiri pencaksilat untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
P – 4
P – 4
P - 4
P – 4
|
Pilihan Ganda
|
36 - 40
|
9.
|
3. Memahami, enerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.5 Menganalisis konsep
latihan dan
pengukuran komponen
kebugaran
jasmani terkait
keterampilan
(kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan
koordinasi)
menggunakan instrumen terstandar
|
· komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
· bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
· latihan daya tahan tubuh
· keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
· Menganalisis konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan.
· Menganalisis konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan.
· Menganalisis konsep pengukuran keseimbangan terkait
keterampilan.
· Menganalisis konsep pengukuran koordinasi terkait keterampilan.
· Menganalisis konsep pengukuran komposisi tubuh terkait
keterampilan.
· Menganalisis konsep pengukuran daya tahan terkait keterampilan.
· Menganalisis hasil pengukuran kebugaran jasmani menggunakan
standar TKJI.
|
C – 4
C – 4
C – 4
|
Essay
|
41 – 45
|
10.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.5 Mempraktikkan hasil
analisis
konsep latihan dan
pengukuran
komponen kebugaran jasmani
terkait keterampilan
(kecepatan,
kelincahan, keseimbangan,
dan
koordinasi) menggunakan
instrumen terstandar
|
· komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani
· bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan
· latihan daya tahan tubuh
· keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani
|
· Mempraktikkan konsep pengukuran kecepatan terkait keterampilan.
· Mempraktikkan konsep pengukuran kelincahan terkait keterampilan.
· Mempraktikkan konsep pengukuran keseimbangan terkait
keterampilan.
· Mempraktikkan konsep pengukuran koordinasi terkait keterampilan.
· empraktikkan konsep pengukuran daya tahan terkait keterampilan.
· Mempraktikkan konsep pengukuran kekuatan terkait keterampilan.
· Mempraktikkan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan
standar TKJI.
|
P – 4
P – 4
P - 4
|
Essay
|
46 - 50
|
No comments:
Post a Comment