KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: b. 27 ayat 3
|
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara diatur
dalam UUD 1945 pasal ...
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 23 A
d. 30 ayat 1
e. 30 ayat 2
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: a. politik
|
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
merupakan hak ...
a. politik
b. sosial
c. budaya
d. hukum
e. ekonomi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: b. tidak membayar pajak
|
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
adalah ...
a. menaati hukum yang berlaku
b. tidak membayar pajak
c. tidak memeluk agama
d. tidak mempunyai tempat tinggal tetap
e. penangkapan dan penahanan masyarakat sipil oleh
aparat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: c. hak
|
Kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah
ditentukan oleh undang-undang disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. hak warga negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·
Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: e. hak memiliki kekayaan
|
Berikut merupakan hak-hak dasar warga negara yang
dijamin oleh negara, kecuali ...
a. hak politik
b. hak ekonomi
c. hak hukum
d. hak pendidikan
e. hak memiliki kekayaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara
·
beberapa sifat kewajiban
·
Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan
pendidikan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: c. 31 ayat 2
|
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan
dibiayai oleh pemerintah diatur dalam pasal ... UUD 1945.
a. 30 ayat 1
b. 31 ayat 1
c. 31 ayat 2
d. 32 ayat 1
e. 32 ayat 2
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara
·
beberapa sifat kewajiban
·
Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan
pendidikan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: d. kewajiban
|
Sesuatu yang harus dikerjakan warga negara dan bersifat
memaksa. Jika tidak dikerjakan mendapat sanksi disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. kewajiban warga negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara
·
beberapa sifat kewajiban
·
Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan
pendidikan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: c. membela negara
|
Kewajiban warga negara yang ditegaskan dalam pasal 27
ayat 3 UUD 1945 adalah ...
a. menghormati HAM orang lain
b. menghormati norma yang berlaku
c. membela negara
d. menjunjung tinggi nama baik negara
e. menghormati perbedaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara
·
beberapa sifat kewajiban
·
Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan
pendidikan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: e. mempunyai kedudukan yang sama pada setiap
warga negara
|
Berikut beberapa sifat kewajiban, kecuali ...
a. diatur undang-undang
b. bersifat memaksa
c. mendapat sanksi jika dilanggar
d. melekat pada diri individu
e. mempunyai kedudukan yang sama pada setiap warga
negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Materi :
·
Kewajiban warga negara
·
beberapa sifat kewajiban
·
Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan
pendidikan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: d. membela kedaulatan negara
|
Adapun yang merupakan kewajiban warga negara adalah ...
a. mendapat perlindungan hukum
b. mendapat pendidikan dan pengajaran
c. memiliki kedudukan yang sama dimata hukum
d. membela kedaulatan negara
e. mendapat pengakuan negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional
·
Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·
cara untuk meningkatkan integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawaban:
c. Usaha yang bersifat mengubah atau
merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan
kriminal dan politis
|
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu
yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah ....
a. Hal
atau usaha untuk menggugah kemampuan
b. Hal
yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi
secara tidak konsepsional
c. Usaha
yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara
konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
d. Usaha
yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau
menghalangi secara tidak konsepsional
e. Usaha
yang bersifat memberikan kebijaksanaan kepada pemerintah secara konsepsional
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional
·
Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·
cara untuk meningkatkan integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawaban:
a. Integrasi nasional
|
Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan
PKI, teroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak pada
....
a. Integrasi
nasional
b. Disintegrasi
bangsa
c. Ancaman
bangsa
d. Hambatan
bangsa
e. Tantangan
bangsa
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional
·
Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·
cara untuk meningkatkan integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawaban:
d. Belajar dengan tekun pelajaran PPKn
|
Sebagai warganegara yang baik sudah sepantasnya bila
kita ikut serta dalam bela negara dengan mewaspadai serta mengatasi berbagai
macam ancaman, tantangan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan pernyataan di atas, tindakan yang harus
dilakukan dalam membela negara Indonesia yaitu ....
a. Bersikap
chauvinisme
b. Bergaya
hidup hedonisme
c. Menggunakan
produk luar negeri
d. Belajar
dengan tekun pelajaran PPKn
e. Menjalin
persahabatan hanya dengan teman seagama
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional
·
Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·
cara untuk meningkatkan integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawaban:
d. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
|
Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional
adalah ....
a. Menghapus
bahasa daerah
b. Menghilangkan
budaya lokal
c. Memisahkan
penduduk yang miskin
d. Menyamaratakan
perbedaan suku bangsa
e. Membangun
kelembagaan (pranata) di masyarakat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional
·
Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·
cara untuk meningkatkan integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawaban: e. Adanya ketidak puasan terhadap
ketimpangan pemerataan hasil pembangunan
|
15. Yang bukan merupakan faktor pendukung integrasi
nasional adalah ....
a. Adanya
rasa senasib sepenanggungan
b. Adanya
semangat persatuan dan kesatuan
c. Adanya
kepribadian dan pandangan hidup yang sama
d. Adanya
jiwa dan semangat gotong royong, toleransi yang kuat
e. Adanya
ketidak puasan terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika
·
bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·
wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawaban: a. Integrasi
|
Masyarakat Indonesia bersifat majemuk terdiri berbagai
suku bangsa, adat istiadat, agama dan kebudayaan. Dalam perbedaan tersebut
proses hubungan kerja dan terbentuk kesatuan yang harmonis.
Berdasarkan itu dapat diketahui adanya proses menuju
....
a. Integrasi
b. Persaingan
c. Kristalisasi
d. Kerjasama
e. Disintegrasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika
·
bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·
wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawaban: c. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap
satu
|
Yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab
Sutasoma adalah ....
a. Alat
pemersatu bangsa
b. Persatuan
dalam keberagaman
c. Walaupun
berbeda-beda tetapi tetap satu
d. Perbedaan
etnis, religi maupun ideology dalam satu wadah negara Indonesia
e. Ditekankan
pada perbedaan dalam hal kepercayaan dan keanekaragaman agama
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika
·
bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·
wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban: e. Tidak membedakan teman dalam bergaul
di kelas
|
Berikut ini adalah contoh sikap yang mencerminkan
komitmen persatuan dalam kehidupan di sekolah yaitu ....
a. Mengadakan
bakti sosial
b. Tidak
membedakan SARA
c. Ikut
serta dalam kegiatan kerjabakti
d. Meningkatkan
semangat Bhinneka Tunggal Ika
e. Tidak
membedakan teman dalam bergaul di kelas
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika
·
bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·
wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawaban: d. Konflik SARA
|
Semua negara pasti memiliki berbagai bentuk ancaman,
gangguan, hambatan, dan tantangan dalam mewujudkan / mempertahankan integrasi
nasional. Keberagaman Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya merupakan
keberagaman yang bisa menjadi potensi konflik yang menimbulkan disintegrasi
nasional.
Berdasarkan pernyataan di atas, bentuk ancaman yang
bisa mengakibatkan dis integrasi nasional di Indonesia adalah ....
a. toleransi
b. Integrasi
c. Persaingan
d. Konflik
SARA
e. Kesenjangan
social
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika
·
bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·
wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawaban e. Cara pandang dan sikap bangsa
Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya
|
Yang dimaksud dengan wawasan nusantara adalah ....
a. Cara
melihat dan mengurus diri sendiri
b. Cara
membangun bangsa sendiri dan bangsa lain
c. Cara
memandang dan membenahi bangsa sendiri
d. Cara
memerdekakan bangsa lain yang belum merdeka
e. Cara
pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya
|
KARTU SOAL
&nnbsp;
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Fungsi wawasan nusantara
·
Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·
Implementasi wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban c. Wawasan Nusantara
|
Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri
dan lingkungannya yang serba seragam dan bernilai strategis dengan
mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam
penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk
mencapai tujuan nasional disebut…
a. Geopolitik
b. Geostrategi
c. Wawasan
Nusantara
d. Wawasan
kebangsaan
e. Ketahanan
nasional
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Fungsi wawasan nusantara
·
Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·
Implementasi wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban d. Menentukan segala kebijakan,
keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan
daerah
|
Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi,
dorongan dan rambu-rambu dalam....
a. Menentukan
arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b. Menentukan
segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c. Menentukan
kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
e. Menentukan
segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan antara pemerintah pusat dan
daerah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Fungsi wawasan nusantara
·
Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·
Implementasi wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban d. Menentukan segala kebijakan,
keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan
daerah
|
Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi,
dorongan dan rambu-rambu dalam....
a. Menentukan
arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b. Menentukan
segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c. Menentukan
kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
d. Menentukan
segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran
negara di pusat dan daerah
e. Menentukan
segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan antara pemerintah pusat dan
daerah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Fungsi wawasan nusantara
·
Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·
Implementasi wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban e. Segala sesuatu yang berkaitan dengan
ketatanegaraan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap
negara lain.
|
Secara etimologis kata geopolitik terbentuk dari dua
kata yaitu geo yang berarti planet bumi dan politik yang berarti.....
a. Segala
sesuatu yang berhubungan dengan partai politik
b. Segala
sesuatu yang berhubungan dengan kekuasaan partai politik
c. Segala
sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, ilmu sosial dan politik.
d. Segala
sesuatu yang berhubungan dengan wilayah negara dan batas-batas wilayah
negara.
e. Segala
sesuatu yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau tindakan mengenai
pemerintahan negara atau terhadap negara lain.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Fungsi wawasan nusantara
·
Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·
Implementasi wawasan nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban : d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa
yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran
Indonesia.
|
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan
pertahanan keamanan akan menciptakan….
a. iklim
penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis
b. Tatanan
ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan
kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c. Sikap
batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormatisegala bentuk
perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia sang
pencipta.
d. Kesadaran
cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara
pada setiap warga Negaran Indonesia.
e. Menciptakan
kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membeda-bedakan suku,
agama, atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status social.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong
dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
contoh wujud integrasi nasional
·
hakikatnya wawasan Nusantara
·
Azas wawasan Nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban : a. Keadilan
|
Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesuaian
pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan,
golongan, kelompok maupun daerah adalah…
a. Keadilan
b. Kejujuran
c. Solidaritas
d. Kerja sama
e. Kesetiaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong
dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
contoh wujud integrasi nasional
·
hakikatnya wawasan Nusantara
·
Azas wawasan Nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban : c. Sikap saling menonjolkan budaya
daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.
|
Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi
nasional adalah ….
a. Sikap
menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah lain, bahkan mau
mempelajari budaya daerah lain.
b. Diadakan
pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
c. Sikap
saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.
d. Sikap
toleransi antar umat beragama.
e. Pembangunan
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Republik
Indonesia.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong
dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
contoh wujud integrasi nasional
·
hakikatnya wawasan Nusantara
·
Azas wawasan Nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban : d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa
yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga negara
Indonesia.
|
Pada hakikatnya wawasan Nusantara adalah cara pandang
bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan
UUD 1945. Dengan demikian implementasi wawasan Nusantara dalam kehidupan
politik akan menciptakan…...
a. Iklim
penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis
b. Tatanan
ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan
kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c. Sikap
batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk
perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia Sang
Pencipta.
d. Kesadaran
cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara
pada setiap warga negara Indonesia.
e. Menciptakan
kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membedabedakan suku, agama,
atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status sosial.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong
dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
contoh wujud integrasi nasional
·
hakikatnya wawasan Nusantara
·
Azas wawasan Nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban : b. Mempertahankan wilayah negara
kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh
|
Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya
adalah ….
a. Memiliki
kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
b. Mempertahankan
wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh
c. Mendapatkan
pekerjaan yang layak
d. Kemerdekaan
berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai
undang-undang yang berlaku
e. Memilih,
memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong
dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
contoh wujud integrasi nasional
·
hakikatnya wawasan Nusantara
·
Azas wawasan Nusantara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban : e. Mempertahankan kedaulatan negara
|
Di bawah ini yang bukan merupakan hak warga Negara
adalah ….
a. Memperoleh
pekerjaan
b. Mendapatkan
kehidupan yang layak
c. Memperoleh
pendidikan
d. Mendapatkan
perlindungan hukum
e. &nbnbsp; Mempertahankan
kedaulatan negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·
politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai
technic
·
ciri-ciri budaya politik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban : e. budaya politik partisipan
|
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
sekarang adalah….
a. budaya politik kaula
b. budaya politik pasif
c. budaya politik kolonila
d. budaya politik parokial
e. budaya politik partisipan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·
politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai
technic
·
ciri-ciri budaya politik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban : e. Hans Kelsen
|
Pengertian politik meliputi politik sebagai ethiek dan
politik sebagai technic. Pengertian tersebut menurut pendapat….
a. Roger H. Soltou
b. Kranenburg
c. John Locke
d. Logeman
e. Hans Kelsen
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·
politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai
technic
·
ciri-ciri budaya politik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban : b. technic
|
Politik berkenaan dengan cara (teknik) manusia atau
individu untuk mencapai tujuan, berarti politik dalam arti….
a. ethiek
b. technic
c. etis
d. etika
e. politis
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·
politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai
technic
·
ciri-ciri budaya politik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban : d. Almond dan Verba
|
Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas
warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap
terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu. Warga negara
senantiasa mengidentifikasikan diri mereka dengan simbol-simbol dan lembaga
kenegaraan berdasarkan orientasi yang mereka miliki. Pengertian ini adalah
pendapat….
a. Ernest Renan
b. Hermaily Ibrahim
c. Koentjaraningrat
d. Almond dan Verba
e. Soerjono Soekanto
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·
politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai
technic
·
ciri-ciri budaya politik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban : c. 2, 3, dan 5
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Sikap orientasi yang khas warga negara terhadap
sistem politik.
2) Sikap terhadap peranan warga negara yagn ada dalam
sistem itu.
3) Adanya unsur-unsur budaya yang berupa perilaku
4) Nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang
bagaimana pemerintah seharusnya.
5) Perumusan tujuan dalam suatu kegiatan.
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri budaya
politik adalah….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·
budaya menurut Koentjaraningrat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban : b. parokial
|
Budaya politik di mana tingkat partisipasi politiknya
rendah, merupakan jenis budaya politik…..
a. partisipan
b. parokial
c. kaula
d. pasif
e. kolonial
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·
budaya menurut Koentjaraningrat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawaban : a. pendidikan politik
|
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik adalah….
a. pendidikan politik
b. kehidupan demokrasi masyarakat
c. tingkat ekonomi masyarakat
d. sosial budaya masyarakat
e. kesadaran masyarakat tentang hukum
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·
budaya menurut Koentjaraningrat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban : b. 1, 3, 5, dan 4
|
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Perlindungan konstitusional
2) Menyelesaikan perselisihan dengan damai
3) Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara damai
4) Pemilihan umum yang bebas
5) Menjamin tegaknya keadilan
6) Membatasi pemakaian kekerasan seminimal mungkin
Dari pernyataan di atas, menurut Henry B. Mayo
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 3, 5, dan 4
c. 1, 3, 5, dan 6
d. 2, 4, 5, dan 6
e. 1, 4, 5, dan 6
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·
budaya menurut Koentjaraningrat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban : c. Koentjaraningrat
|
Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan dan rasa,
tindakan , serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyrakat yang
dijadikan miliknya dengan cara belajar. Pengeritan budaya tersebut menurut
pendapat…..
a. Sir Edward Bornett Taylor
b. Soerjono Soekanto
c. Koentjaraningrat
d. William A. Haviland
e. A. L. Kroeber
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·
Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·
budaya menurut Koentjaraningrat
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban : d. agama
|
Di bawah ini merupakan perwujudan budaya menurut
Koentjaraningrat, kecuali….
a. sistem gagasan
b. sistem tindakan
c. hasil karya manusia
d. agama
e. sistem gagasan dan tindakan
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Materi :
·
konsep geopolitik Indonesia
·
letak geografis Indonesia
·
makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan
Nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban :
Konsep dasar dari Geopolitik bagi Indonesia adalah
wawasan nusantara yang memuat visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan
dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional. Wawasan Nusantara
adalah wawasan nasional yang bersumber dari Pancasila dan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945..
|
|
Kemukakan pendapat anda mengenai konsep geopolitik
Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Materi :
·
konsep geopolitik Indonesia
·
letak geografis Indonesia
·
makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan
Nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban :
kata Nusantara berasal dari Bahasa Sansekerta yang
merupakan gabungan dari kata 'nusa' dan 'antara'. Nusa artinya pulau, antara
artinya saling berpencar dihubungkan oleh laut. Jadi nusantara berarti
beberapa atau banyak pulau yang antara satu dan lainnya saling dihubungkan
oleh laut. Indonesia itu terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang
sampai Merauke. Bahkan dari tujuh belas ribuan pulau, hampir sepuluh ribunya
belum memiliki nama. Itulah kenapa Indonesia dikenal dengan sebutan
Nusantara.
|
|
Tunjukan bukti bahwa Indonesia meyebut kepulauan
Indonesia bercirikan Nusantara?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Materi :
·
konsep geopolitik Indonesia
·
letak geografis Indonesia
·
makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43.
|
Jawaban :
Secara geografis Indonesia terletak di posisi yang amat
strategis karena terletak di antara dua benua, yaitu benua Australia dan
benua Asia, serta terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera
Pasifik. Dalam hal ini, karena terletak di antara dua benua dan dua samudera
Indonesia berada pada posisi silang dunia (world cross position) yang
menjadikan Indonesia sebagai pusat jalur lalu lintas dunia.
Dalam skala kecil, secara geografis Indonesia
berbatasan dengan negara-negara lain, seperti di sebelah utara berbatasan
dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sebelah Selatan berbatasan
dengan negara Australia. Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini.
|
|
Kemukakan mengenai letak geografis Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Materi :
·
konsep geopolitik Indonesia
·
letak geografis Indonesia
·
makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban :
Indonesia disebut-sebut sebagaiNegara kepulauan karena
Negara ini terdiri dari banyak sekali pulau yang membentang dari Sabang di
ujung barat hingga ke pulau Merauke di ujung timur. Jumlah total pulau
diIndonesia baik yang dihuni maupun tidak jumlahnya lebih dari 17.000 pulau.
Negara kepulauan merupakan suatu wilayah negara yang
memiliki banyak pulau dan keberagam suku, adat istiadat, dan kebudayan yang
berada dalam satu wijayah yaitu negaraitu sendiri. negara kepulauan merupakan
hasil keputusan dari konvensi perserikatan bangsa-bangsa yang berarti negara
yang seluruhnya terdiri dari satu.
|
|
Mengapa Indonesia disebut Negara kepulauan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Materi :
·
konsep geopolitik Indonesia
·
letak geografis Indonesia
·
makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban :
Makna kesatuan politik yang terdapat di dalam konsep
wawasan nusantara mempunyai makna agar di dalam wawasan bernusantara
seseorang harus dapat menerapkan politik ke dalamnya dan menggunakan politik
itu dengan cara yang positif dan mampu menjadi landasan.
|
|
Kemukakan makna kesatuan politik yang terdapat dalam
konsep wawasan Nusantara?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
ciri-ciri negara kesatuan
·
latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·
perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban :
1. Terdapat pemerintah pusat yang memiliki kedaulatan
baik ke dalam maupun ke luar atau adanya satu pemerintahan pusat yang
memegang seluruh kekuasaan pemerintah
2. Terdapat satu konsitusi yang berlaku untuk seluruh
wilayah negara.
3. Adanya seorang kepala negara atau kepala
pemerintahan untuk seluruh rakyat.
4. Kekuasaan pemerintahan bisa diselenggarakan dan
dikendalikan oleh
pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya melaksanakan
semua ketentuan dan kebijakan dari pemerintah pusat, yang disebut system
sentralisasi. Bisa saja pemerintah pusat menyerahkan sebagian kekuasaannya
sebagai urusan pemerintah daerah yang disebut otonomi daerah.
|
|
Identifikasi ciri-ciri negara kesatuan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
ciri-ciri negara kesatuan
·
latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·
perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban :
Desentralisasi adalah penyerahan kekuasaan dari
pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang bertujuan untuk mengurusi
semua urusan rumah tangganya sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat
yang berdasarkan pada prakarsa dan aspirasi dari rakyat. Dengan adanya
desentralisasi ini, maka munculah istilah otonomi bagi suatu pemerintahan
daerah atau yang biasa disebut dengan otonomi daerah.
Latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
adalah dorongan dari rakyat dan keinginan dari rakyat untuk mewujudkan suatu
demokrasi, pemerataan, dan efisiensi. Melalui otonomi yang diberikan pusat
kepada daerah, diharapkan akan terwujudnya pemerataan infrastuktur
pembangunan daerah pelosok karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal
di desa-desa yang pada dasarnya berada di daerah yang pelosok. Melalui
otonomi daerah yang diberikan dari pemerintah pusat, diharapkan pemerintah
daerah dapat menjalankan kewajibannya dengan menjadi wakil dan menjadi tangan
panjang pemerintah pusat dalam melayani masyarakat, mengakomodasi kebutuhan
masyarakat, dan menyelesaikan persoalan-persoalan daerah masing-masing.
Sehingga akan menciptakan efisiensi pelayanan karena jarak antara pemerintah
daerah dan masyarakat daerah lebih dekat dibandingkan jarak pemerintah pusat
dengan masyarakat daerah.
|
|
Analisislah latar belakang diterapkannya sistem
desentralisasi?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
ciri-ciri negara kesatuan
·
latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·
perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban :
Ciri pokoknya adalah
1. Pengaruh rakyat terhadap politik yang dijalankan
sangat besar sehingga suara rakyat sangat didengarkan oleh parlemen
2. Dengan adanya parlemen sebagai perwakilan rakyat
maka pengawasan pemerintah dapat berjalan dengan baik
3. Pembuat kebijakan bisa ditangani secara cepat sebab
gambang terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif & legislatif.
4. Hal ini disebabkan kekuasaan eksekutif &
legislatif berada pada satu partai atau koalisi partai.Sistem
pertanggungjawaban dalam pembuatan dan juga pelaksanaan kebijakan publik
sangat jelas.
|
|
Kemukakan ciri-ciri pokok sistem pemerintahan Republik
Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
ciri-ciri negara kesatuan
·
latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·
perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban :
Perbedaan negara kesatuan dan negara serikat ada di
susunan pemerintahan serta persebaran wewenang antara pusat dan wilayah. Pada
umunya di negara kesatuan semuanya terpusat di pemerintahan pusat yang
terletak di ibukota, sementara pada negara serikat wewenang dan pemerintahan
dibagibantara pemenrintahan pusat dan negara bagian.
|
|
Identifikasi perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan
negara serikat?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
ciri-ciri negara kesatuan
·
latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·
perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Jawaban :
Pada masa Orde lama, Pancasila dipahami
berdasarkan paradigma yang berkembang pada situasi dunia yang diliputi oleh
tajamnya konflik ideologi. Pada saat itu kondisi politik dan keamanan
dalam negeri diliputi oleh kekacauan dan kondisi sosial-budaya berada
dalam suasana transisional dari masyarakat terjajah (inlander) menjadi
masyarakat merdeka. Masa orde lama adalah masa pencarian bentuk
implementasi Pancasila terutama dalam sistem kenegaraan. Pancasila
diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda-beda pada masa orde lama.
|
|
Analisislah kehidupan bernegara pada masa Orde Lama?
|
||
No comments:
Post a Comment