Kartu Soal PKN Kelas 11 sem 2


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·         Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: b. 27 ayat 3
Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara diatur dalam UUD 1945 pasal ...
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 23 A
d. 30 ayat 1
e. 30 ayat 2

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·         Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: a. politik

Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu merupakan hak ...
a. politik
b. sosial
c. budaya
d. hukum
e. ekonomi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·         Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: b. tidak membayar pajak

Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara adalah ...
a. menaati hukum yang berlaku
b. tidak membayar pajak
c. tidak memeluk agama
d. tidak mempunyai tempat tinggal tetap
e. penangkapan dan penahanan masyarakat sipil oleh aparat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·         Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: c. hak

Kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah ditentukan oleh undang-undang disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. hak warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara dalam usaha bela negara
·         Persamaan hak dalam memberikan suara pada saat pemilu
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: e. hak memiliki kekayaan

Berikut merupakan hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara, kecuali ...
a. hak politik
b. hak ekonomi
c. hak hukum
d. hak pendidikan
e. hak memiliki kekayaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara
·         beberapa sifat kewajiban
·         Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan pendidikan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: c. 31 ayat 2

Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah diatur dalam pasal ... UUD 1945.
a. 30 ayat 1
b. 31 ayat 1
c. 31 ayat 2
d. 32 ayat 1
e. 32 ayat 2

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara
·         beberapa sifat kewajiban
·         Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan pendidikan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: d. kewajiban

Sesuatu yang harus dikerjakan warga negara dan bersifat memaksa. Jika tidak dikerjakan mendapat sanksi disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. kewajiban warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara
·         beberapa sifat kewajiban
·         Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan pendidikan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: c. membela negara

Kewajiban warga negara yang ditegaskan dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 adalah ...
a. menghormati HAM orang lain
b. menghormati norma yang berlaku
c. membela negara
d. menjunjung tinggi nama baik negara
e. menghormati perbedaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara
·         beberapa sifat kewajiban
·         Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan pendidikan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: e. mempunyai kedudukan yang sama pada setiap warga negara

Berikut beberapa sifat kewajiban, kecuali ...
a. diatur undang-undang
b. bersifat memaksa
c. mendapat sanksi jika dilanggar
d. melekat pada diri individu
e. mempunyai kedudukan yang sama pada setiap warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Kewajiban warga negara
·         beberapa sifat kewajiban
·         Undang-undang tentang hak warga negara dalam mendapatkan pendidikan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: d. membela kedaulatan negara

Adapun yang merupakan kewajiban warga negara adalah ...
a. mendapat perlindungan hukum
b. mendapat pendidikan dan pengajaran
c. memiliki kedudukan yang sama dimata hukum
d. membela kedaulatan negara
e. mendapat pengakuan negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Ancaman terhadap integritas nasional
·         Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·         cara untuk meningkatkan integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban:
c. Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah ....
a.       Hal atau usaha untuk menggugah kemampuan
b.      Hal yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
c.       Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
d.      Usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
e.      Usaha yang bersifat memberikan kebijaksanaan kepada pemerintah secara konsepsional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Ancaman terhadap integritas nasional
·         Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·         cara untuk meningkatkan integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban:
a. Integrasi nasional
Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak pada ....
a.       Integrasi nasional
b.      Disintegrasi bangsa
c.       Ancaman bangsa
d.      Hambatan bangsa
e.      Tantangan bangsa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Ancaman terhadap integritas nasional
·         Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·         cara untuk meningkatkan integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban:
d. Belajar dengan tekun pelajaran PPKn
Sebagai warganegara yang baik sudah sepantasnya bila kita ikut serta dalam bela negara dengan mewaspadai serta mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan pernyataan di atas, tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia yaitu ....
a.       Bersikap chauvinisme
b.      Bergaya hidup hedonisme
c.       Menggunakan produk luar negeri
d.      Belajar dengan tekun pelajaran PPKn
e.      Menjalin persahabatan hanya dengan teman seagama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Ancaman terhadap integritas nasional
·         Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·         cara untuk meningkatkan integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban:
d. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional adalah ....
a.       Menghapus bahasa daerah
b.      Menghilangkan budaya lokal
c.       Memisahkan penduduk yang miskin
d.      Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
e.      Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Ancaman terhadap integritas nasional
·         Keikut sertaan warga negara Indonesia dalam bela negara
·         cara untuk meningkatkan integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: e. Adanya ketidak puasan terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan
15. Yang bukan merupakan faktor pendukung integrasi nasional adalah ....
a.       Adanya rasa senasib sepenanggungan
b.      Adanya semangat persatuan dan kesatuan
c.       Adanya kepribadian dan pandangan hidup yang sama
d.      Adanya jiwa dan semangat gotong royong, toleransi yang kuat
e.      Adanya ketidak puasan terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Bhinneka Tunggal Ika
·         bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·         wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: a. Integrasi
Masyarakat Indonesia bersifat majemuk terdiri berbagai suku bangsa, adat istiadat, agama dan kebudayaan. Dalam perbedaan tersebut proses hubungan kerja dan terbentuk kesatuan yang harmonis.
Berdasarkan itu dapat diketahui adanya proses menuju ....
a.       Integrasi
b.      Persaingan
c.       Kristalisasi
d.      Kerjasama
e.      Disintegrasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Bhinneka Tunggal Ika
·         bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·         wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: c. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
Yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma adalah ....
a.       Alat pemersatu bangsa
b.      Persatuan dalam keberagaman
c.       Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
d.      Perbedaan etnis, religi maupun ideology dalam satu wadah negara Indonesia
e.      Ditekankan pada perbedaan dalam hal kepercayaan dan keanekaragaman agama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Bhinneka Tunggal Ika
·         bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·         wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: e. Tidak membedakan teman dalam bergaul di kelas
Berikut ini adalah contoh sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan di sekolah yaitu ....
a.       Mengadakan bakti sosial
b.      Tidak membedakan SARA
c.       Ikut serta dalam kegiatan kerjabakti
d.      Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
e.      Tidak membedakan teman dalam bergaul di kelas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Bhinneka Tunggal Ika
·         bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·         wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: d. Konflik SARA
Semua negara pasti memiliki berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan dalam mewujudkan / mempertahankan integrasi nasional. Keberagaman Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya merupakan keberagaman yang bisa menjadi potensi konflik yang menimbulkan disintegrasi nasional.
Berdasarkan pernyataan di atas, bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional di Indonesia adalah ....
a.       toleransi
b.      Integrasi
c.       Persaingan
d.      Konflik SARA
e.      Kesenjangan social

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Bhinneka Tunggal Ika
·         bentuk ancaman yang bisa mengakibatkan dis integrasi nasional
·         wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban e. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya
Yang dimaksud dengan wawasan nusantara adalah ....
a.       Cara melihat dan mengurus diri sendiri
b.      Cara membangun bangsa sendiri dan bangsa lain
c.       Cara memandang dan membenahi bangsa sendiri
d.      Cara memerdekakan bangsa lain yang belum merdeka
e.      Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya

KARTU SOAL
&nnbsp;
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Fungsi wawasan nusantara
·         Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·         Implementasi wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban c. Wawasan Nusantara
Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba seragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional disebut…
a.       Geopolitik
b.      Geostrategi
c.       Wawasan Nusantara
d.      Wawasan kebangsaan
e.      Ketahanan nasional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Fungsi wawasan nusantara
·         Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·         Implementasi wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah
Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam....
a.       Menentukan arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b.      Menentukan segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c.       Menentukan kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
e.      Menentukan segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Fungsi wawasan nusantara
·         Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·         Implementasi wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah
Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam....
a.       Menentukan arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b.      Menentukan segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c.       Menentukan kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
d.      Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah
e.      Menentukan segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Fungsi wawasan nusantara
·         Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·         Implementasi wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban e. Segala sesuatu yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.
Secara etimologis kata geopolitik terbentuk dari dua kata yaitu geo yang berarti planet bumi dan politik yang berarti.....
a.       Segala sesuatu yang berhubungan dengan partai politik
b.      Segala sesuatu yang berhubungan dengan kekuasaan partai politik
c.       Segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, ilmu sosial dan politik.
d.      Segala sesuatu yang berhubungan dengan wilayah negara dan batas-batas wilayah negara.
e.      Segala sesuatu yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Menyajikan hasil kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Fungsi wawasan nusantara
·         Persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia
·         Implementasi wawasan nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban : d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran Indonesia.
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan keamanan akan menciptakan….
a.       iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis
b.      Tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c.       Sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormatisegala bentuk perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia sang pencipta.
d.      Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran Indonesia.
e.      Menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membeda-bedakan suku, agama, atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status social.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         contoh wujud integrasi nasional
·         hakikatnya wawasan Nusantara
·         Azas wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban : a. Keadilan
Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesuaian pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah…
a. Keadilan
b. Kejujuran
c. Solidaritas
d. Kerja sama
e. Kesetiaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         contoh wujud integrasi nasional
·         hakikatnya wawasan Nusantara
·         Azas wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban : c. Sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.
Berikut yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional adalah ….
a.       Sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayaan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain.
b.      Diadakan pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
c.       Sikap saling menonjolkan budaya daerah dengan merendahkan budaya daerah lain.
d.      Sikap toleransi antar umat beragama.
e.      Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Republik Indonesia.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         contoh wujud integrasi nasional
·         hakikatnya wawasan Nusantara
·         Azas wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban : d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga negara Indonesia.
Pada hakikatnya wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian implementasi wawasan Nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan…...
a.       Iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis
b.      Tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c.       Sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia Sang Pencipta.
d.      Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga negara Indonesia.
e.      Menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membedabedakan suku, agama, atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status sosial.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         contoh wujud integrasi nasional
·         hakikatnya wawasan Nusantara
·         Azas wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban : b. Mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh
Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya adalah ….
a.       Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
b.      Mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh
c.       Mendapatkan pekerjaan yang layak
d.      Kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
e.      Memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Menyaji hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         contoh wujud integrasi nasional
·         hakikatnya wawasan Nusantara
·         Azas wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban : e. Mempertahankan kedaulatan negara
Di bawah ini yang bukan merupakan hak warga Negara adalah ….
a.       Memperoleh pekerjaan
b.      Mendapatkan kehidupan yang layak
c.       Memperoleh pendidikan
d.      Mendapatkan perlindungan hukum
e.    &nbnbsp; Mempertahankan kedaulatan negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·         politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic
·         ciri-ciri budaya politik
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban : e. budaya politik partisipan
Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia sekarang adalah….
a. budaya politik kaula
b. budaya politik pasif
c. budaya politik kolonila
d. budaya politik parokial
e. budaya politik partisipan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·         politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic
·         ciri-ciri budaya politik
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban : e. Hans Kelsen
Pengertian politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic. Pengertian tersebut menurut pendapat….
a. Roger H. Soltou
b. Kranenburg
c. John Locke
d. Logeman
e. Hans Kelsen

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·         politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic
·         ciri-ciri budaya politik
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban : b. technic
Politik berkenaan dengan cara (teknik) manusia atau individu untuk mencapai tujuan, berarti politik dalam arti….
a. ethiek
b. technic
c. etis
d. etika
e. politis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·         politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic
·         ciri-ciri budaya politik
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban : d. Almond dan Verba
Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu. Warga negara senantiasa mengidentifikasikan diri mereka dengan simbol-simbol dan lembaga kenegaraan berdasarkan orientasi yang mereka miliki. Pengertian ini adalah pendapat….
a. Ernest Renan
b. Hermaily Ibrahim
c. Koentjaraningrat
d. Almond dan Verba
e. Soerjono Soekanto

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia
·         politik meliputi politik sebagai ethiek dan politik sebagai technic
·         ciri-ciri budaya politik
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban : c. 2, 3, dan 5
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik.
2) Sikap terhadap peranan warga negara yagn ada dalam sistem itu.
3) Adanya unsur-unsur budaya yang berupa perilaku
4) Nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintah seharusnya.
5) Perumusan tujuan dalam suatu kegiatan.
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri budaya politik adalah….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·         Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·         budaya menurut Koentjaraningrat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban : b. parokial
Budaya politik di mana tingkat partisipasi politiknya rendah, merupakan jenis budaya politik…..
a. partisipan
b. parokial
c. kaula
d. pasif
e. kolonial

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·         Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·         budaya menurut Koentjaraningrat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban : a. pendidikan politik
Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik adalah….
a. pendidikan politik
b. kehidupan demokrasi masyarakat
c. tingkat ekonomi masyarakat
d. sosial budaya masyarakat
e. kesadaran masyarakat tentang hukum

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·         Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·         budaya menurut Koentjaraningrat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban : b. 1, 3, 5, dan 4

Perhatikan pernyataan berikut!
1) Perlindungan konstitusional
2) Menyelesaikan perselisihan dengan damai
3) Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara damai
4) Pemilihan umum yang bebas
5) Menjamin tegaknya keadilan
6) Membatasi pemakaian kekerasan seminimal mungkin
Dari pernyataan di atas, menurut Henry B. Mayo Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 3, 5, dan 4
c. 1, 3, 5, dan 6
d. 2, 4, 5, dan 6
e. 1, 4, 5, dan 6

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·         Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·         budaya menurut Koentjaraningrat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban : c. Koentjaraningrat

Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan dan rasa, tindakan , serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyrakat yang dijadikan miliknya dengan cara belajar. Pengeritan budaya tersebut menurut pendapat…..
a. Sir Edward Bornett Taylor
b. Soerjono Soekanto
c. Koentjaraningrat
d. William A. Haviland
e. A. L. Kroeber

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         Faktor yang mendorong lahirnya budaya politik
·         Masyarakat demokrasi dibangun berdasarkan nilai-nilai
·         budaya menurut Koentjaraningrat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban : d. agama

Di bawah ini merupakan perwujudan budaya menurut Koentjaraningrat, kecuali….
a. sistem gagasan
b. sistem tindakan
c. hasil karya manusia
d. agama
e. sistem gagasan dan tindakan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Materi :
·         konsep geopolitik Indonesia
·         letak geografis Indonesia
·         makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban :
Konsep dasar dari Geopolitik bagi Indonesia adalah wawasan nusantara yang memuat visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional. Wawasan Nusantara adalah wawasan nasional yang bersumber dari Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945..
Kemukakan pendapat anda mengenai konsep geopolitik Indonesia?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Materi :
·         konsep geopolitik Indonesia
·         letak geografis Indonesia
·         makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban :
kata Nusantara berasal dari Bahasa Sansekerta yang merupakan gabungan dari kata 'nusa' dan 'antara'. Nusa artinya pulau, antara artinya saling berpencar dihubungkan oleh laut. Jadi nusantara berarti beberapa atau banyak pulau yang antara satu dan lainnya saling dihubungkan oleh laut. Indonesia itu terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan dari tujuh belas ribuan pulau, hampir sepuluh ribunya belum memiliki nama. Itulah kenapa Indonesia dikenal dengan sebutan Nusantara.
Tunjukan bukti bahwa Indonesia meyebut kepulauan Indonesia bercirikan Nusantara?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Materi :
·         konsep geopolitik Indonesia
·         letak geografis Indonesia
·         makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43.
Jawaban :
Secara geografis Indonesia terletak di posisi yang amat strategis karena terletak di antara dua benua, yaitu benua Australia dan benua Asia, serta terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Dalam hal ini, karena terletak di antara dua benua dan dua samudera Indonesia berada pada posisi silang dunia (world cross position) yang menjadikan Indonesia sebagai pusat jalur lalu lintas dunia.
Dalam skala kecil, secara geografis Indonesia berbatasan dengan negara-negara lain, seperti di sebelah utara berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Australia. Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini.
Kemukakan mengenai letak geografis Indonesia?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Materi :
·         konsep geopolitik Indonesia
·         letak geografis Indonesia
·         makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban :
Indonesia disebut-sebut sebagaiNegara kepulauan karena Negara ini terdiri dari banyak sekali pulau yang membentang dari Sabang di ujung barat hingga ke pulau Merauke di ujung timur. Jumlah total pulau diIndonesia baik yang dihuni maupun tidak jumlahnya lebih dari 17.000 pulau.
Negara kepulauan merupakan suatu wilayah negara yang memiliki banyak pulau dan keberagam suku, adat istiadat, dan kebudayan yang berada dalam satu wijayah yaitu negaraitu sendiri. negara kepulauan merupakan hasil keputusan dari konvensi perserikatan bangsa-bangsa yang berarti negara yang seluruhnya terdiri dari satu.
Mengapa Indonesia disebut Negara kepulauan?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Materi :
·         konsep geopolitik Indonesia
·         letak geografis Indonesia
·         makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban :
Makna kesatuan politik yang terdapat di dalam konsep wawasan nusantara mempunyai makna agar di dalam wawasan bernusantara seseorang harus dapat menerapkan politik ke dalamnya dan menggunakan politik itu dengan cara yang positif dan mampu menjadi landasan.
Kemukakan makna kesatuan politik yang terdapat dalam konsep wawasan Nusantara?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         ciri-ciri negara kesatuan
·         latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·         perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban :
1. Terdapat pemerintah pusat yang memiliki kedaulatan baik ke dalam maupun ke luar atau adanya satu pemerintahan pusat yang
memegang seluruh kekuasaan pemerintah
2. Terdapat satu konsitusi yang berlaku untuk seluruh wilayah negara.
3. Adanya seorang kepala negara atau kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat.
4. Kekuasaan pemerintahan bisa diselenggarakan dan dikendalikan oleh
pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya melaksanakan semua ketentuan dan kebijakan dari pemerintah pusat, yang disebut system sentralisasi. Bisa saja pemerintah pusat menyerahkan sebagian kekuasaannya sebagai urusan pemerintah daerah yang disebut otonomi daerah.
Identifikasi ciri-ciri negara kesatuan?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         ciri-ciri negara kesatuan
·         latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·         perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban :
Desentralisasi adalah penyerahan kekuasaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang bertujuan untuk mengurusi semua urusan rumah tangganya sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat yang berdasarkan pada prakarsa dan aspirasi dari rakyat. Dengan adanya desentralisasi ini, maka munculah istilah otonomi bagi suatu pemerintahan daerah atau yang biasa disebut dengan otonomi daerah.
Latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi adalah dorongan dari rakyat dan keinginan dari rakyat untuk mewujudkan suatu demokrasi, pemerataan, dan efisiensi. Melalui otonomi yang diberikan pusat kepada daerah, diharapkan akan terwujudnya pemerataan infrastuktur pembangunan daerah pelosok karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di desa-desa yang pada dasarnya berada di daerah yang pelosok. Melalui otonomi daerah yang diberikan dari pemerintah pusat, diharapkan pemerintah daerah dapat menjalankan kewajibannya dengan menjadi wakil dan menjadi tangan panjang pemerintah pusat dalam melayani masyarakat, mengakomodasi kebutuhan masyarakat, dan menyelesaikan persoalan-persoalan daerah masing-masing. Sehingga akan menciptakan efisiensi pelayanan karena jarak antara pemerintah daerah dan masyarakat daerah lebih dekat dibandingkan jarak pemerintah pusat dengan masyarakat daerah.
Analisislah latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         ciri-ciri negara kesatuan
·         latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·         perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban :
Ciri pokoknya adalah
1. Pengaruh rakyat terhadap politik yang dijalankan sangat besar sehingga suara rakyat sangat didengarkan oleh parlemen
2. Dengan adanya parlemen sebagai perwakilan rakyat maka pengawasan pemerintah dapat berjalan dengan baik
3. Pembuat kebijakan bisa ditangani secara cepat sebab gambang terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif & legislatif.
4. Hal ini disebabkan kekuasaan eksekutif & legislatif berada pada satu partai atau koalisi partai.Sistem pertanggungjawaban dalam pembuatan dan juga pelaksanaan kebijakan publik sangat jelas.
Kemukakan ciri-ciri pokok sistem pemerintahan Republik Indonesia?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         ciri-ciri negara kesatuan
·         latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·         perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban :
Perbedaan negara kesatuan dan negara serikat ada di susunan pemerintahan serta persebaran wewenang antara pusat dan wilayah. Pada umunya di negara kesatuan semuanya terpusat di pemerintahan pusat yang terletak di ibukota, sementara pada negara serikat wewenang dan pemerintahan dibagibantara pemenrintahan pusat dan negara bagian.
Identifikasi perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         ciri-ciri negara kesatuan
·         latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi
·         perbedaan mendasar antara negara kesatuan dan negara serikat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban :
Pada masa Orde lama, Pancasila dipahami berdasarkan paradigma yang berkembang pada situasi dunia yang diliputi oleh tajamnya konflik ideologi. Pada saat itu kondisi politik dan keamanan dalam negeri diliputi oleh kekacauan dan kondisi sosial-budaya berada dalam suasana transisional dari masyarakat terjajah (inlander) menjadi masyarakat merdeka. Masa orde lama adalah masa pencarian bentuk implementasi Pancasila terutama dalam sistem kenegaraan. Pancasila diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda-beda pada masa orde lama.
Analisislah kehidupan bernegara pada masa Orde Lama?

Ke Soal PKN Kelas 11 sem 2 >>>


Download Kisi-kisi Soal PKN Kelas 11 sem 2 >>>


Download Kartu Soal PKN Kelas 11 sem 2 >>>


No comments:

Post a Comment