RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK BAKTI PENDIDIKAN
Mata
Pelajaran :
Administrasi
Perkantoran
Kelas/Semester : XI/2
Program :
Program Keahlian Administrasi
Standar Kompetensi : Memahami Prinsip-Prinsip
Penyelenggaraan Administrasi
Perkantoran
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
Indikator:
·
Menjelaskan
pengertian personil kantor.
·
Menjelaskan
macam-macam personil kantor.
·
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab personil kantor.
·
Perangkat
kerja personil kantor.
·
Menjelaskan
tentang analisis jabatan.
·
Menjelaskan
tentang sumber-sumber rekrutmen.
·
Menjelaskan
metode-metode rekrutmen.
·
Menjelaskan
kendala-kendala rekrutmen.
·
Menjelaskan
langkah-langkah seleksi personil kantor.
·
Menjelaskan
tujuan seleksi.
·
Menjelaskan
cara-cara seleksi.
·
Menjelaskan
kualifikasi seleksi.
·
Menjelaskan
tingkatan seleksi.
·
Menjelaskan
persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·
Menjelaskan
persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·
Menjelaskan
persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·
Menjelaskan
pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor.
·
Menjelaskan
manfaat pelatihan.
·
Menjelaskan
jenis dan tujuan pelatihan.
·
Menjelaskan
komponen pelatihan dan pengembangan.
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan.
·
Menjelaskan
tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan.
·
Menjelaskan
tujuan pelatihan dan pengembangan.
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
·
Menjelaskan
pengertian mutasi.
·
Menjelaskan
mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa.
·
Menjelaskan
mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi.
·
Menjelaskan
pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan.
·
Menjelaskan
macam-macam mutasi.
·
Menjelaskan
penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
·
Menjelaskan
hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.
Alokasi Waktu: 36 Jam × 45 Menit (9
Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian personil kantor.
2.
Menjelaskan
macam-macam personil kantor.
3.
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab personil kantor.
4.
Menjelaskan
perangkat kerja personil kantor.
5.
Menjelaskan
tentang analisis jabatan.
6.
Menjelaskan
tentang sumber-sumber rekrutmen.
7.
Menjelaskan
metode-metode rekrutmen.
8.
Menjelaskan
kendala-kendala rekrutmen.
9.
Menjelaskan
langkah-langkah seleksi personil kantor.
10. Menjelaskan tujuan seleksi.
11. Menjelaskan cara-cara seleksi.
12. Menjelaskan kualifikasi seleksi.
13. Menjelaskan tingkatan seleksi.
14. Menjelaskan persyaratan pengetahuan
yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
15. Menjelaskan persyaratan keterampilan
yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
16. Menjelaskan persyaratan kepribadian
yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
17. Menjelaskan pengertian dan pelatihan
dan pengembangan personil kantor.
18. Menjelaskan manfaat pelatihan.
19. Menjelaskan jenis dan tujuan
pelatihan.
20. Menjelaskan komponen pelatihan dan
pengembangan.
21. Menjelaskan prinsip-prinsip pelatihan
dan pengembangan.
22. Menjelaskan tahapan-tahapan pelatihan
dan pengembangan.
23. Menjelaskan tujuan pelatihan dan
pengembangan.
24. Menjelaskan faktor-faktor yang harus
diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
25. Menjelaskan pengertian mutasi.
26. Menjelaskan mutasi secara horizontal,
yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa.
27. Menjelaskan mutasi secara vertikal,
yaitu promosi dan demosi.
28. Menjelaskan pengaruh positif dan
negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan.
29. Menjelaskan macam-macam mutasi.
30. Menjelaskan penyebab terjadinya
pemutusan hubungan kerja.
31. Menjelaskan hak dan kewajiban personil
kantor yang diberhentikan.
B. Materi Pokok
Pembelajaran
·
Pengertian personil kantor
·
Macam-macam personil kantor
·
Tugas dan tanggung jawab personil kantor
·
Perangkat kerja personil kantor
·
Tahapan-tahapan pengadaan personil kantor
·
Syarat-syarat personil kantor
·
Pelatihan dan pengembangan personil kantor
·
Mutasi personil kantor
·
Pemberhentian personil kantor
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya personil kantor yang
berkualitas.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai pengertian
personil kantor.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai macam-macam
personil kantor.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tugas dan tanggung jawab personil
kantor.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai perangkat kerja personil kantor.
Peserta
didik menjelaskan pengertian personil kantor.
a. Peserta didik menyebutkan
macam-macam personil kantor.
b. Peserta didik menjelaskan
tugas dan tanggung jawab personil kantor.
c. Peserta didik menyebutkan perangkat
kerja personil kantor.
Penutup
Peserta
didik diminta menjelaskan kembali pengertian personil kantor, menyebutkan macam-macam personil
kantor, menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor, dan menyebutkan
kembali perangkat kerja personil kantor.
Pertemuan
Ke-2
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian personil kantor, macam-macam personil kantor,
menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor, dan menyebutkan kembali
perangkat kerja personil kantor.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tentang analisis jabatan.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tentang
sumber-sumber rekrutmen.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai metode-metode
rekrutmen.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai kendala-kendala
rekrutmen.
a. Peserta didik menjelaskan
mengenai analisis jabatan.
b. Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan sumber-sumber rekrutmen.
c. Peserta didik menyebutkan
dan menjelaskan metode-metode rekrutmen.
d. Peserta didik menjelaskan
kendala-kendala rekrutmen.
Penutup
Peserta
didik diminta menjelaskan
kembali mengenai analisis jabatan, sumber-sumber rekrutmen, metode-metode
rekrutmen, dan kendala-kendala rekrutmen.
Pertemuan
Ke-3
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai analisis jabatan, sumber-sumber rekrutmen, metode-metode
rekrutmen, dan kendala-kendala rekrutmen.
Inti
a. Pserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai pengertian seleksi.
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah seleksi personil
kantor.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan seleksi.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara-cara seleksi.
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kualifikasi seleksi.
a. Peserta didik menjelaskan pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara seleksi, dan
kualifikasi seleksi.
Penutup
Peserta
didik diminta menjelaskan dan menyebutkan kembali pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara
seleksi, dan kualifikasi seleksi.
Pertemuan
Ke-4
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara seleksi, dan
kualifikasi seleksi.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tingkatan
seleksi.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persyaratan
pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persyaratan
keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persyaratan
kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
e.
Peserta didik menjelaskan mengenai tingkatan seleksi, persyaratan
pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan
keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan
kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai
tingkatan seleksi, persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil
kantor, persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan
kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali
mengenai mengenai
tingkatan seleksi, persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil
kantor, persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan
kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian pelatihan dan pengembangan
personil kantor.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai manfaat pelatihan.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai jenis dan tujuan pelatihan.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai komponen pelatihan dan pengembangan.
e. Peserta didik menjelaskan mengenai pengertian
dan pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan
tujuan pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali
mengenai pengertian dan
pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan tujuan
pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.
Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi
mengenai pengertian dan
pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan tujuan
pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan
pengembangan.
b.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai tahapan-tahapan pelatihan dan
pengembangan.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pelatihan dan pengembangan.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan
dalam pelatihan dan pengembangan.
e.
Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan
pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan pelatihan dan
pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan, dan faktor-faktor yang
harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali
mengenai prinsip-prinsip
pelatihan dan pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan
pelatihan dan pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan, dan faktor-faktor
yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
Pertemuan
Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali
mengenai prinsip-prinsip
pelatihan dan pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan
pelatihan dan pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan,
faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan, dan
mutasi.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian mutasi.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai mutasi secara horizontal, yaitu rotasi
kerja atau mutasi kerja biasa.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai mutasi secara vertikal, yaitu promosi
dan demosi.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengaruh positif dan negatif dari
promosi dan demosi bagi para karyawan.
e.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai macam-macam mutasi.
f.
Peserta didik menjelaskan mengenai pengertian mutasi, mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja
atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi, pengaruh
positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan, dan macam-macam
mutasi.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai
pengertian mutasi, mutasi secara
horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal,
yaitu promosi dan demosi, pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi
bagi para karyawan, dan macam-macam mutasi.
Pertemuan
Ke-8
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian mutasi, mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja
atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi, pengaruh
positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan, dan macam-macam
mutasi.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai penyebab
terjadinya pemutusan hubungan kerja.
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hak
dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.
c. Peserta didik menjelaskan mengenai
penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja serta hak dan kewajiban personil
kantor yang diberhentikan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai
penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja serta hak dan kewajiban personil
kantor yang diberhentikan.
Pertemuan
Ke-9
Pembuka
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran.
Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian,
serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian
telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi
bab untuk
persiapan UAS (ujian Akhir Sekolah)
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : -
LCD/OHP
Hand out
Komputer
Printer
Scanner
Sumber Belajar : - Modul Memahami Prinsip-Prinsip
Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran untuk SMK dan MAK, karya Sri Endang, Sri Mulyani,
dan Suyetty, hal. 67 sd 89.
- Buku referensi.
F. Penilaian
Teknik:
Tes Tertulis, Tes Perbuatan, Observasi.
Bentuk
Instrumen: Pilihan Ganda, Esai, Skala Sikap.
Contoh
Instrumen:
1. Suatu proses mencari dan memengaruhi
tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan yang
ada dalam perusahaan, disebut . . . .
a.
seleksi d.
bursa kerja
b.
rekrutmen e.
tenaga kerja
c. lowongan pekerjaan
2.
Jelaskan pengertian personil kantor beserta tugas dan tanggung jawabnya __________.
Surabaya, .........................................
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kepala Sekolah
____________________ ______________________
NIP. NIP.
Untuk mendapatkan file RPP Dan Silabus Administrasi Perkantoran Materi Prinsip Administrasi Perkantoran SMK Kelas XI dapat anda unduh melalui link di bawah ini
Download