RPP Dan Silabus Administrasi Perkantoran Materi Prinsip Administrasi Perkantoran SMK Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                                 : SMK BAKTI PENDIDIKAN
Mata Pelajaran                                 : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester                                : XI/2
Program                                             : Program Keahlian Administrasi

Standar Kompetensi                    : Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan   Administrasi Perkantoran
Kompetensi Dasar                         : Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi                                                                Perkantoran

Indikator:
·           Menjelaskan pengertian personil kantor.
·           Menjelaskan macam-macam personil kantor.
·           Menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor.
·           Perangkat kerja personil kantor.
·           Menjelaskan tentang  analisis jabatan.
·           Menjelaskan tentang sumber-sumber rekrutmen.
·           Menjelaskan metode-metode rekrutmen.
·           Menjelaskan kendala-kendala rekrutmen.
·           Menjelaskan langkah-langkah seleksi personil kantor.
·           Menjelaskan tujuan seleksi.
·           Menjelaskan cara-cara seleksi.
·           Menjelaskan kualifikasi seleksi.
·           Menjelaskan tingkatan seleksi.
·           Menjelaskan persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·           Menjelaskan persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·           Menjelaskan persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
·           Menjelaskan pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor.
·           Menjelaskan manfaat pelatihan.
·           Menjelaskan jenis dan tujuan pelatihan.
·           Menjelaskan komponen pelatihan dan pengembangan.
·           Menjelaskan prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan.
·           Menjelaskan tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan.
·           Menjelaskan tujuan pelatihan dan pengembangan.
·           Menjelaskan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
·           Menjelaskan pengertian mutasi.
·           Menjelaskan mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa.
·           Menjelaskan mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi.
·           Menjelaskan pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan.
·           Menjelaskan macam-macam mutasi.
·           Menjelaskan penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
·           Menjelaskan hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.

Alokasi Waktu: 36  Jam × 45 Menit (9 Pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran           
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan pengertian personil kantor.
2.     Menjelaskan macam-macam personil kantor.
3.     Menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor.
4.     Menjelaskan perangkat kerja personil kantor.
5.     Menjelaskan tentang  analisis jabatan.
6.     Menjelaskan tentang sumber-sumber rekrutmen.
7.     Menjelaskan metode-metode rekrutmen.
8.     Menjelaskan kendala-kendala rekrutmen.
9.     Menjelaskan langkah-langkah seleksi personil kantor.
10.  Menjelaskan tujuan seleksi.
11.  Menjelaskan cara-cara seleksi.
12.  Menjelaskan kualifikasi seleksi.
13.  Menjelaskan tingkatan seleksi.
14.  Menjelaskan persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
15.  Menjelaskan persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
16.  Menjelaskan persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
17.  Menjelaskan pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor.
18.  Menjelaskan manfaat pelatihan.
19.  Menjelaskan jenis dan tujuan pelatihan.
20.  Menjelaskan komponen pelatihan dan pengembangan.
21.  Menjelaskan prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan.
22.  Menjelaskan tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan.
23.  Menjelaskan tujuan pelatihan dan pengembangan.
24.  Menjelaskan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
25.  Menjelaskan pengertian mutasi.
26.  Menjelaskan mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa.
27.  Menjelaskan mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi.
28.  Menjelaskan pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan.
29.  Menjelaskan macam-macam mutasi.
30.  Menjelaskan penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
31.  Menjelaskan hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.

B. Materi Pokok Pembelajaran
·         Pengertian personil kantor
·         Macam-macam personil kantor
·         Tugas dan tanggung jawab personil kantor
·         Perangkat kerja personil kantor
·         Tahapan-tahapan pengadaan personil kantor
·         Syarat-syarat personil kantor
·         Pelatihan dan pengembangan personil kantor
·         Mutasi personil kantor
·         Pemberhentian personil kantor

C. Metode Pembelajaran 
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya personil kantor yang berkualitas.
Inti                                          
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian personil kantor.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai macam-macam personil kantor.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tugas dan tanggung jawab personil kantor.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai perangkat kerja personil kantor.
Peserta didik menjelaskan pengertian personil kantor.
a.     Peserta didik menyebutkan macam-macam personil kantor.
b.     Peserta didik menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor.
c.      Peserta didik menyebutkan perangkat kerja personil kantor.



Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali pengertian personil kantor, menyebutkan macam-macam personil kantor, menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor, dan menyebutkan kembali perangkat kerja personil kantor.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian personil kantor, macam-macam personil kantor, menjelaskan tugas dan tanggung jawab personil kantor, dan menyebutkan kembali perangkat kerja personil kantor.
Inti
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tentang  analisis jabatan.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tentang sumber-sumber rekrutmen.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai metode-metode rekrutmen.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kendala-kendala rekrutmen.
a.    Peserta didik menjelaskan mengenai analisis jabatan.
b.    Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan sumber-sumber rekrutmen.
c.    Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan metode-metode rekrutmen.
d.    Peserta didik menjelaskan kendala-kendala rekrutmen.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai analisis jabatan, sumber-sumber rekrutmen, metode-metode rekrutmen, dan kendala-kendala rekrutmen.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai analisis jabatan, sumber-sumber rekrutmen, metode-metode rekrutmen, dan kendala-kendala rekrutmen.
Inti
a.     Pserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian seleksi.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah seleksi personil kantor.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan seleksi.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara-cara seleksi.
e.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kualifikasi seleksi.
a.    Peserta didik menjelaskan pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara seleksi, dan kualifikasi seleksi.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan dan menyebutkan kembali pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara seleksi, dan kualifikasi seleksi.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian seleksi, tujuan seleksi, cara-cara seleksi, dan kualifikasi seleksi.
Inti
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tingkatan seleksi.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
e.     Peserta didik menjelaskan mengenai tingkatan seleksi, persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai tingkatan seleksi, persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai mengenai tingkatan seleksi, persyaratan pengetahuan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan keterampilan yang perlu dimiliki seorang personil kantor, persyaratan kepribadian yang perlu dimiliki seorang personil kantor.
Inti
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian pelatihan dan pengembangan personil kantor.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai manfaat pelatihan.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai jenis dan tujuan pelatihan.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai komponen pelatihan dan pengembangan.
e.     Peserta didik menjelaskan mengenai pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan tujuan pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan tujuan pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai pengertian dan pelatihan dan pengembangan personil kantor, manfaat pelatihan, jenis dan tujuan pelatihan, dan komponen pelatihan dan pengembangan.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pelatihan dan pengembangan.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
e.     Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan pelatihan dan pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan, dan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan pelatihan dan pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan, dan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan.

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan, tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan, tujuan pelatihan dan pengembangan, dan komponen pelatihan dan pengembangan, faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelatihan dan pengembangan, dan mutasi.
Inti
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian mutasi.

b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan.
e.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai macam-macam mutasi.
f.       Peserta didik menjelaskan mengenai pengertian mutasi,  mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi, pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan, dan macam-macam mutasi.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai pengertian mutasi,  mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi, pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan, dan macam-macam mutasi.

Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian mutasi,  mutasi secara horizontal, yaitu rotasi kerja atau mutasi kerja biasa, mutasi secara vertikal, yaitu promosi dan demosi, pengaruh positif dan negatif dari promosi dan demosi bagi para karyawan, dan macam-macam mutasi.
Inti
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.
c.      Peserta didik menjelaskan mengenai penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja serta hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja serta hak dan kewajiban personil kantor yang diberhentikan.

Pertemuan Ke-9
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran.
Inti      
a.     Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.     Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.      Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi bab untuk persiapan UAS (ujian Akhir Sekolah)


E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat                             :  -   LCD/OHP
­   Hand out
­   Komputer
­   Printer
­   Scanner
Sumber Belajar           : - Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran untuk SMK dan MAK, karya Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty, hal. 67 sd 89.
                                        - Buku referensi.

F. Penilaian            
Teknik: Tes Tertulis, Tes Perbuatan, Observasi.
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Esai, Skala Sikap.
Contoh Instrumen:
1.    Suatu proses mencari dan memengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan yang ada dalam perusahaan, disebut . . . .
a. seleksi                                                                         d. bursa kerja
b. rekrutmen                                                        e. tenaga kerja
c. lowongan pekerjaan
2. Jelaskan pengertian personil kantor beserta tugas dan tanggung jawabnya __________.

Surabaya, .........................................

              Mengetahui,                        
Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran                        Kepala Sekolah




____________________                                                   ______________________

NIP.                                                                                        NIP.

Untuk mendapatkan file RPP Dan Silabus Administrasi Perkantoran Materi Prinsip Administrasi Perkantoran SMK Kelas XI dapat anda unduh melalui link di bawah ini

Download