RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK
BAKTI PENDIDIKAN
Mata
Pelajaran :
Administrasi
Perkantoran
Kelas/Semester : XI/ 1
Program : Program Keahlian Administrasi
Standar Kompetensi : Memproses Perjalanan Bisnis
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Perjalanan Bisnis
Indikator:
·
Menjelaskan pengertian perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
tentang pengetahuan yang perlu dimiliki oleh administrasi kantor atau
sekretaris dalam memproses perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
macam-macam perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui in house travelling department (divisi perjalanan).
·
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui travel bureau (biro perjalanan).
·
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui travel bureau (biro perjalanan).
·
Menjelaskan
tentang persiapan rencana perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
tujuan-tujuan perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
cara pembelian tiket pesawat dan hotel.
·
Menjelaskan
tentang peraturan kepabeanan (customs
regulations).
·
Menjelaskan
ketentuan bagasi pesawat.
·
Menjelaskan
cara membuat travel checklist.
·
Menjelaskan
persiapan dokumen perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
tentang persiapan dokumen internal, yaitu surat tugas dan SPPD
(surat perintah perjalanan dinas).
·
Menjelaskan
tentang persiapan dokumen eksternal (paspor, visa, health certificate, exit permit, tiket transportasi, dan voucher penginapan).
·
Menjelaskan
fungsi paspor.
·
Menjelaskan
macam-macam dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor.
·
Menjelaskan
cara mendapatkan paspor.
·
Menjelaskan
macam-macam paspor.
·
Menjelaskan
pentingnya visa.
·
Menjelaskan
macam-macam visa.
·
Menjelaskan
syarat-syarat untuk mendapatkan visa.
·
Menjelaskan
tentang surat keterangan fiskal, exit
permit, dan health certificate.
·
Menjelaskan
tentang pemesanan tiket transportasi voucher penginapan.
·
Menjelaskan
persiapan transportasi dan akomodasi.
·
Menjelaskan
perjalanan bisnis menggunakan transportasi darat, laut, dan udara.
·
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan transportasi
perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan akomodasi.
·
Menjelaskan
jenis-jenis akomodasi.
·
Menjelaskan
persiapan membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
·
Menjelaskan
cara membuat daftar perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
kegunaan daftar perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
persiapan pembiayaan perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
jenis-jenis pembiayaan perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
macam-macam alat pembayaran.
Alokasi Waktu: 36 Jam × 45 Menit (18
Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian menjelaskan pengertian perjalanan bisnis.
2.
Menjelaskan
tentang pengetahuan yang perlu dimiliki oleh administrasi kantor atau
sekretaris dalam memproses perjalanan bisnis.
3.
Menjelaskan
macam-macam perjalanan bisnis.
4.
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui in house travelling department (divisi perjalanan).
5.
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui travel bureau (biro perjalanan).
6.
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui travel bureau (biro perjalanan).
7.
Menjelaskan
tentang persiapan rencana perjalanan bisnis.
8.
Menjelaskan
tujuan-tujuan perjalanan bisnis.
9.
Menjelaskan
cara pembelian tiket pesawat dan hotel.
10.
Menjelaskan
tentang peraturan kepabeanan (customs
regulations).
11.
Menjelaskan
ketentuan bagasi pesawat.
12.
Menjelaskan
cara membuat travel checklist.
13.
Menjelaskan
persiapan dokumen perjalanan bisnis.
14.
Menjelaskan
tentang persiapan dokumen internal, yaitu surat tugas dan SPPD
(surat perintah perjalanan
dinas).
15.
Menjelaskan
tentang persiapan dokumen eksternal (paspor, visa, health certificate, exit permit, tiket transportasi, dan voucher penginapan).
16.
Menjelaskan
fungsi paspor.
17.
Menjelaskan
macam-macam dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor.
18.
Menjelaskan
cara mendapatkan paspor.
19.
Menjelaskan
macam-macam paspor.
20.
Menjelaskan
pentingnya visa.
21.
Menjelaskan
macam-macam visa.
22.
Menjelaskan
syarat-syarat untuk mendapatkan visa.
23.
Menjelaskan
tentang cara memperoleh surat keterangan fiskal, exit permit, dan health
certificate.
24.
Menjelaskan
tentang status tiket transportasi dan voucher penginapan.
25.
Menjelaskan
persiapan transportasi dan akomodasi.
26.
Menjelaskan
perjalanan bisnis menggunakan transportasi darat, laut, dan udara.
27.
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan transportasi
perjalanan bisnis.
28.
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan akomodasi.
29.
Menjelaskan
jenis-jenis akomodasi.
30.
Menjelaskan
persiapan membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
31.
Menjelaskan
cara membuat daftar perjalanan bisnis.
32.
Menjelaskan
kegunaan daftar perjalanan bisnis.
33.
Menjelaskan
persiapan pembiayaan perjalanan bisnis.
34.
Menjelaskan
jenis-jenis pembiayaan perjalanan bisnis.
35.
Menjelaskan
macam-macam alat pembayaran.
Materi Pokok
Pembelajaran
·
Pengertian perjalanan bisnis
·
Macam-macam perjalanan bisnis
·
Tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis
·
Persiapan perjalanan bisnis
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya menyiapkan perjalanan bisnis.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian perjalanan
bisnis.
b. Peserta didik menyimak
penjelasan guru mengenai pengetahuan apa saja yang perlu dimiliki oleh
administrasi kantor dalam memproses perjalanan bisnis.
c. Peserta didik menjelaskan pengertian perjalanan bisnis dan pengetahuan apa saja yang perlu
dimiliki.
Penutup
d. Peserta didik diminta menjelaskan kembali pengertian perjalanan bisnis dan pengetahuan
apa saja yang perlu dimiliki.
Pertemuan
Ke-2
Pembuka
e. Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian perjalanan
bisnis dan dan pengetahuan apa saja yang perlu dimiliki.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai macam-macam perjalanan
bisnis.
b. Peserta didik menyimak
penjelasan guru mengenai tata cara pelaksanaan perjalanan bisnis melalui in
house travelling department
(divisi perjalanan), travel bureau
(biro perjalanan), atau administrasi kantor atau sekretaris.
c. Peserta didik menyebutkan macam-macam perjalanan bisnis dan tata cara pelaksanaan perjalanan
bisnis.
Penutup
Peserta
didik diminta menyebutkan kembali macam-macam perjalanan bisnis dan tata cara pelaksanaan perjalanan
bisnis melalui in house travelling department (divisi perjalanan), travel bureau (biro perjalanan), atau
administrasi kantor atau sekretaris..
Pertemuan
Ke-3
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai macam-macam perjalanan bisnis dan tata cara pelaksanaan perjalanan
bisnis melalui in house travelling department (divisi perjalanan), travel bureau (biro perjalanan), atau
administrasi kantor atau sekretaris..
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai persiapan rencana
perjalanan bisnis, yaitu mengumpulkan informasi perjalanan (travelling
information) secara lengkap mengenai peraturan perjalanan bisnis di
perusahaan tersebut.
b. Peserta didik menjelaskan persiapan rencana perjalanan bisnis, yaitu mengumpulkan informasi
perjalanan (travelling information) secara lengkap mengenai peraturan
perjalanan bisnis di perusahaan tersebut.
Penutup
Peserta
didik diminta menyebutkan dan menjelaskan kembali persiapan rencana
perjalanan bisnis, yaitu mengumpulkan informasi perjalanan (travelling
information) secara lengkap mengenai peraturan perjalanan bisnis di
perusahaan tersebut.
Pertemuan
Ke-4
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai persiapan rencana perjalanan bisnis, yaitu mengumpulkan informasi
perjalanan (travelling information) secara lengkap mengenai peraturan
perjalanan bisnis di perusahaan tersebut.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tujuan-tujuan
perjalanan bisnis.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai cara pemesanan
tiket pesawat dan hotel.
c.
Peserta didik menjelaskan tujuan-tujuan perjalanan bisnis dan cara
pemesanan tiket pesawat dan hotel.
Penutup
Peserta
didik diminta menyebutkan dan menjelaskan kembali tujuan-tujuan perjalanan bisnis dan cara
pemesanan tiket pesawat dan hotel.
Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta
mengingat kembali tujuan-tujuan perjalanan bisnis dan cara pemesanan tiket
pesawat dan hotel.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai pentingnya informasi tentang peraturan
kepabeanan (customs regulations).
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai ketentuan bagasi.
c.
Peserta didik menjelaskan pentingnya
informasi tentang peraturan kepabeanan (customs
regulations) dan ketentuan bagasi.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan dan menjelaskan kembali peraturan kepabeanan (customs regulations) dan ketentuan
bagasi.
Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta
mengingat kembali peraturan
kepabeanan (customs regulations) dan ketentuan
bagasi.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai pentingnya membuat travel checklist.
b.
Peserta didik menjelaskan pentingnya
membuat travel checklist.
c.
Peserta didik berlatih membuat travel checklist.
Penutup
Peserta didik diminta
menjelaskan pentingnya travel checklist
dan berlatih kembali membuat travel
checklist.
Pertemuan
Ke-7
Pembuka
Peserta didik
diminta mengingat kembali pentingnya
travel checklist.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persiapan
dokumen internal dan eksternal untuk perjalanan
bisnis.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai tentang
persiapan dokumen internal, yaitu surat tugas dan SPPD (surat perintah
perjalanan dinas).
c. Peserta didik menjelaskan persiapan dokumen untuk perjalanan bisnis.
d. Peserta didik berlatih membuat dokumen internal, diantaranya surat tugas dan SPPD (surat
perintah perjalanan dinas).
Penutup
Peserta
didik diminta berlatih kembali menjelaskan persiapan dokumen untuk perjalanan bisnis dan membuat
dokumen internal, yaitu surat tugas dan SPPD (surat perintah perjalanan dinas.
Pertemuan
Ke-8
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai persiapan dokumen untuk perjalanan bisnis dan membuat dokumen
internal, yaitu surat tugas dan SPPD (surat perintah perjalanan dinas.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai macam-macam dokumen eksternal.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai fungsi paspor.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai macam-macam
dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai cara mendapatkan
paspor.
e.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai macam-macam
paspor.
f. Peserta didik menjelaskan fungsi paspor.
g. Peserta didik menyebutkan
macam-macam dokumen yang diperlukan membuat paspor.
h. Peserta didik menjelaskan
cara mendapatkan paspor.
i. Peserta didik menjelaskan
macam-macam paspor.
Penutup
Peserta
didik diminta menjelaskan
kembali fungsi paspor, macam-macam dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor, cara
mendapatkan paspor, dan macam-macam paspor.
Pertemuan
Ke-9
Pembuka
Peserta
didik diminta menjelaskan
kembali fungsi paspor, macam-macam dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor, cara
mendapatkan paspor, dan macam-macam paspor.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya visa.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai macam-macam
visa.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai syarat-syarat
untuk mendapatkan visa.
d.
Peserta didik menjelaskan pentingnya visa.
e.
Peserta didik menyebutkan macam-macam visa.
f.
Peserta didik menyebutkan syarat-syarat untuk mendapatkan visa.
Penutup
Peserta didik diminta
menjelaskan kembali pentingnya visa, menyebutkan macam-macam visa, dan
menyebutkan syarat-syarat mendapatkan visa.
Pertemuan Ke-10
Pembuka
Peserta didik diminta
mengingat kembali pentingnya visa, macam-macam visa, dan syarat-syarat
mendapatkan visa.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai surat keterangan fiskal, exit permit, dan health certificate.
b. Peserta didik menjelaskan surat
keterangan fiskal, exit permit, dan health certificate.
Penutup
c.
Peserta didik diminta menjelaskan kembali
mengenai surat keterangan
fiskal, exit permit, dan health certificate.
Pertemuan
Ke-11
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai prosedur memperoleh surat
keterangan fiskal, exit permit, dan health certificate.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai status
tiket transportasi dan voucher penginapan.
b. Peserta didik menjelaskan status
tiket transportasi dan voucher penginapan.
Penutup
Peserta didik menjelaskan kembali
tentang status tiket transportasi dan voucher penginapan.
Pertemuan
Ke-12
Pembuka
Peserta didik menjelaskan kembali
tentang status tiket transportasi dan voucher penginapan.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai perencanaan
transportasi darat, laut, dan udara untuk
perjalanan bisnis.
b.
Peserta didik berlatih menyusun perencanaan
transportasi darat, laut, dan udara untuk perjalanan bisnis.
Penutup
c.
Peserta didik berlatih kembali menyusun perencanaan transportasi darat,
laut, dan udara untuk perjalanan bisnis.
Pertemuan Ke-13
Pembuka
Peserta didik mengingat
kembali perencanaan transportasi darat, laut, dan udara untuk perjalanan
bisnis.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam persiapan transportasi dan akomodasi perjalanan bisnis.
b.
Peserta didik menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam persiapan transportasi dan akomodasi perjalanan bisnis.
Penutup
Peserta didik menjelaskan
kembali hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan transportasi dan
akomodasi perjalanan bisnis.
Pertemuan Ke-14
Pembuka
Peserta didik mengingat
kembali hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan transportasi perjalanan bisnis
dan akomodasi perjalanan bisnis.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis akomodasi.
b.
Peserta didik menyebutkan jenis-jenis akomodasi.
Penutup
Peserta didik menyebutkan
kembali jenis-jenis
akomodasi.
Pertemuan Ke-15
Pembuka
Peserta didik mengingat
kembali jenis-jenis akomodasi.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persiapan
membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
b.
Peserta didik menjelaskan persiapan membuat daftar perjalanan
bisnis (itinerary).
Penutup
Peserta didik menjelaskan kembali
persiapan membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
Pertemuan Ke-16
Pembuka
Peserta didik mengingat
kembali persiapan membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai membuat tabel daftar perjalanan bisnis
pola pemerintah dan pola perusahaan swasta.
b.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai kegunaan daftar perjalanan bisnis (itinerary).
c.
Peserta didik berlatih
membuat table daftar perjalanan bisnis (itinerary) pola pemerintah dan pola
perusahaan swasta.
Penutup
Peserta didik berlatih kembali
membuat tabel daftar perjalanan bisnis (itinerary) pola pemerintah dan pola
perusahaan swasta.
Pertemuan Ke-17
Pembuka
Peserta didik berlatih
kembali membuat tabel daftar perjalanan
bisnis (itinerary) pola pemerintah
dan pola perusahaan swasta.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai persiapan
pembiayaan perjalanan bisnis.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai jenis-jenis
pembiayaan perjalanan bisnis.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai cara membuat anggaran biaya perjalanan
bisnis.
d.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
mengenai macam-macam alat
pembayaran.
e. Peserta didik berlatih
membuat rencana anggaran biaya perjalanan bisnis.
Penutup
Peserta
didik diminta berlatih kembali membuat rencana anggaran biaya perjalanan bisnis.
Pertemuan
Ke-18
Pembuka
Peserta
didik mengingat kembali materi mendeskripsikan perjalanan bisnis.
Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian,
serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian
telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu Melaksanakan Penanganan
Perjalanan Bisnis.
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Hand out
Komputer
Printer
LCD/OHP
Yellow pages
Sumber Belajar : - Modul Memproses Perjalanan Bisnis untuk SMK dan MAK, karangan Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty,
hal 6 – 32.
- Buku
referensi.
F. Penilaian
Teknik:
Tes Tertulis, Tes Perbuatan, Observasi.
Bentuk
Instrumen: Tugas Mandiri, Tugas Kelompok, Pilihan Ganda, Esai,
Aktivitas,
dan Skala Sikap.
Contoh
Instrumen:
1. Agar
persiapan rencana perjalanan bisnis mudah dikontrol, maka administrasi kantor/
sekretaris harus membuat pengendalian perjalanan untuk setiap kegiatan
perjalanan yang disebut . . . .
a. itinerary
b. timetable
c. travel agent
d. schedule
e. travel cheklist
2. Sebutkan dan jelaskan 3
cara dalam mengurus perjalanan bisnis __________.
3. Carilah bermacam-macam
jenis tiket kendaraan dan susunlah dalam bentuk kliping. Laporkan hasil tugas
kliping ini kepada Bapak/Ibu guru Anda.
Surabaya, .........................................
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Administrasi
Perkantoran Kepala Sekolah
____________________ ______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK
BAKTI PENDIDIKAN
Mata
Pelajaran :
Administrasi
Perkantoran
Kelas/Semester : XI / 2
Program : Program
Keahlian Administrasi
Standar Kompetensi : Memproses Perjalanan Bisnis
Kompetensi Dasar : Melaksanakan Penanganan Perjalanan Bisnis
Indikator:
·
Menjelaskan
cara mengatur jadwal perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
langkah-langkah menyusun dan mengatur jadwal perjalanan bisnis pimpinan.
·
Menjelaskan
cara membuat laporan hasil perjalanan bisnis.
·
Menjelaskan
cara membuat laporan pembiayaan perjalanan bisnis.
Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
cara menyusun jadwal perjalanan bisnis.
2.
Menjelaskan
langkah-langkah menyusun dan mengatur jadwal perjalanan bisnis pimpinan.
3.
Menjelaskan
cara membuat laporan hasil perjalanan bisnis.
4.
Menjelaskan
cara membuat laporan pembiayaan perjalanan bisnis.
B. Materi Pokok
Pembelajaran
·
Mengatur jadwal perjalanan bisnis.
·
Membuat laporan perjalanan bisnis.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Pembukaan
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya mengatur jadwal perjalanan
bisnis.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara menyusun jadwal
perjalanan bisnis.
b. Peserta didik menyimak
penjelasan guru mengenai langkah-langkah
menyusun dan mengatur jadwal perjalanan bisnis pimpinan.
c. Peserta didik menjelaskan
cara menyusun jadwal perjalanan bisnis dan langkah-langkah menyusun dan
mengatur jadwal perjalanan bisnis.
Penutup
Peserta
didik diminta menjelaskan kembali cara
menyusun jadwal perjalanan bisnis dan langkah-langkah menyusun dan mengatur
jadwal perjalanan bisnis.
Pertemuan
Ke-2
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai cara menyusun jadwal perjalanan bisnis dan langkah-langkah
menyusun dan mengatur jadwal perjalanan bisnis.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya memperhatikan
time table maskapai penerbangan.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai membuat daftar
perjalanan bisnis (itinerary).
d. Peserta didik menjelaskan
pentingnya membaca memperhatikan time
table maskapai penerbangan.
c.
Peserta didik berlatih membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
Penutup
Peserta
didik diminta berlatih
kembali membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
Pertemuan
Ke-3
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai membuat daftar perjalanan bisnis (itinerary).
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai membuat laporan
hasil perjalanan bisnis.
b.
Peserta didik berlatih membuat laporan hasil perjalanan bisnis.
Penutup
Peserta
didik diminta berlatih
kembali membuat laporan hasil perjalanan bisnis.
Pertemuan
Ke-4
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai membuat laporan hasil perjalanan bisnis
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai membuat laporan pembiayaan
perjalanan bisnis.
b. Peserta didik berlatih
membuat laporan pembiayaan perjalanan bisnis.
Penutup
Peserta
didik diminta berlatih
kembali membuat laporan pembiayaan perjalanan bisnis.
Pertemuan
Ke-5
Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai melaksanakan penanganan perjalanan bisnis.
Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian,
serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian
telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi
bab untuk
persiapan UAS (Ujian Akhir Sekolah).
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Hand out
Komputer
Printer
LCD/OHP
Yellow pages
Sumber Belajar : - Modul Memproses Perjalanan Bisnis untuk SMK dan MAK, karangan Sri Endang, Sri Mulyani, dan
Suyetty, hal 41 – 46.
- Buku referensi.
F. Penilaian
Teknik:
Tes Tertulis, Tes Perbuatan, Observasi.
Bentuk
Instrumen: Tugas Mandiri, Tugas Kelompok, Pilihan Ganda, Esai,
Aktivitas,
dan Skala Sikap.
Contoh
Instrumen:
1. Buku yang berisi rute perjalanan, waktu keberangkatan, waktu
tiba di tempat tujuan, dan jenis alat tranportasi yang digunakan seperti
pesawat terbang/kapal laut/kereta api/mobil, disebut . . . .
a. itinerary
b. timetable
c. travel
agent
d.
schedule
e.
shuttle flights
2. Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun laporan pembiayaan perjalanan bisnis
3. Carilah jadwal penerbangan dari beberapa perusahaan maskapai penerbangan untuk tujuan berbagai macam penerbangan domestik dan luar negeri.
Surabaya, .........................................
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Administrasi
Perkantoran Kepala
Sekolah
____________________ ______________________
NIP. NIP.
Untuk mendapatkan File RPP dan Silabus Administrasi Perkantoran Materi Perjalanan Bisnis SMK Kelas XI dapat anda unduh melalui link di bawah ini: