Rpp Dan Silabus Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan SMK Kelas X Sem 1,2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                                 : SMK BAKTI PENDIDIKAN
Mata Pelajaran                                 : Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan
Kelas/Semester                                :  X  / 1
Program                                             : Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Standar Kompetensi                     : Kerjasama dengan kolega dan pelanggan      
Kompetensi Dasar                         : A. Berkomunikasi di tempat kerja
                                                               B. Menyediakan bantuan kepada pelanggan
      didalam dan diluar perusahaan

Indikator:
A. Berkomunikasi di tempat kerja
·      Menjelaskan pengertian komunikasi menurut beberapa ahli.
·      Menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur komunikasi.
·      Menjelaskan langkah-langkah dalam proses komunikasi.
·      Menjelaskan pengertian lambang komunikasi yang biasa digunakan.
·      Menjelaskan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis media komunikasi.
·      Menjelaskan asas-asas komunikasi.
·      Menjelaskan tata hubungan komunikasi.
·      Menyebutkan dan menjelaskan syarat-syarat agar hubungan dalam organisasi berjalan dengan baik.
·      Menyebutkan dan menjelaskan 7 jenis komunikasi.
·      Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat komunikasi.
·      Menjelaskan prinsip-prinsip teknik berbicara.
·      Menjelaskan tahapan dalam persiapan, penyajian dan penutupan pembicaraan.
·      Menjelaskan estetika dalam berbicara.
·      Menjelaskan proses mendengarkan yang efektif dan manfaat menjadi pendengar yang efektif.
·      Menjelaskan definisi konflik dan indikator konflik.
·      Menjelaskan cara-cara menghindari terjadinya konflik serta solusi untuk menyelesaikan konflik.

B. Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
·         Menjelaskan hakikat dan pengertian pelayanan prima, tujuan, serta fungsi pelayanan prima.
·         Menjelaskan dan melakukan 3 konsep dasar pelayanan prima.
·         Menjelaskan indikator ketidakpuasan pelanggan dan melakukan penanganan keluhan pelanggan.
·         Menjelaskan pengertian pelanggan.
·         Menjelaskan dan menyebutkan 2 kelompok pelanggan beserta jenis- jenis harapan/kebutuhan pelanggan.
·         Menjelaskan pengertian kode etik, fungsi dan tujuannya.
·Menjelaskan pengertian Humas, dan kode etik kehumasan.
·Menjelaskan aspek hukum komunikasi dalam kegiatan kehumasan serta menyebutkan ruang lingkup hubungan masyarakat.
·Menjelaskan tujuan, fungsi dan tugas pejabat  Humas.
·Menjelaskan sikap dalam bekerja.


Alokasi Waktu: 12  Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran           
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan peserta didik dapat :
1.    Berkomunikasi di tempat kerja
a.    Menjelaskan pengertian komunikasi menurut beberapa ahli.
b.    Menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur komunikasi.
c.    Menjelaskan langkah-langkah dalam proses komunikasi.
d.    Menjelaskan pengertian lambang komunikasi yang biasa digunakan.
e.    Menjelaskan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis media komunikasi.
f.     Menjelaskan asas-asas komunikasi.
g.    Menjelaskan tata hubungan komunikasi.
h.    Menyebutkan dan menjelaskan syarat-syarat agar hubungan dalam organisasi berjalan dengan baik.
i.      Menyebutkan dan menjelaskan 7 jenis komunikasi.
j.      Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat komunikasi.
k.    Menjelaskan prinsip-prinsip teknik berbicara.
l.      Menjelaskan tahapan dalam persiapan, penyajian dan penutupan pembicaraan.
m.   Menjelaskan estetika dalam berbicara.
n.    Menjelaskan proses mendengarkan yang efektif dan manfaat menjadi pendengar yang efektif.
o.    Menjelaskan definisi konflik dan indikator konflik.
  1. Menjelaskan cara-cara menghindari terjadinya konflik serta solusi untuk menyelesaikan konflik.
2.    Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
  1. Menjelaskan hakikat dan pengertian pelayanan prima, tujuan, serta fungsi pelayanan prima.
  2. Menjelaskan dan melakukan 3 konsep dasar pelayanan prima.
  3. Menjelaskan indikator ketidakpuasan pelanggan dan melakukan penanganan keluhan pelanggan.
  4. Menjelaskan pengertian pelanggan.
  5. Menjelaskan dan menyebutkan 2 kelompok pelanggan beserta jenis- jenis harapan/kebutuhan pelanggan.
  6. Menjelaskan pengertian kode etik, fungsi dan tujuannya.
g.    Menjelaskan pengertian Humas, dan kode etik kehumasan.
h.    Menjelaskan aspek hukum komunikasi dalam kegiatan kehumasan serta menyebutkan ruang lingkup hubungan masyarakat.
i.      Menjelaskan tujuan, fungsi dan tugas pejabat  Humas.
j.      Menjelaskan sikap dalam bekerja.

B. Materi Pokok Pembelajaran
1.    Berkomunikasi di tempat kerja
·         Pengertian komunikasi.
·         Unsur-unsur komunikasi.
·         Proses komunikasi.
·         Lambang komunikasi.
·         Media komunikasi.
·         Asas-asas komunikasi.
·         Tata hubungan komunikasi.
·         Jenis-jenis komunikasi.
·         Faktor-faktor komunikasi.
·         Teknik berbicara.
·         Pendengar yang efektif.
·         Indikator konflik dan solusinya.
2.    Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
·         Konsep-konsep pelayanan prima.
  • Konsep-konsep harapan pelanggan.
  • Memahami kode etik dan aspek hukum dalam kegiatan kehumasan.

C. Metode Pembelajaran 
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan kegiatan berkomunikasi di tempat kerja.
Inti                                          
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian komunikasi.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai unsur-unsur komunikasi.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai proses komunikasi.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai lambang komunikasi.
e.     Peserta didik menjelaskan pengertian komunikasi.
f.       Peserta didik menyebutkan unsur-unsur komunikasi.
g.     Peserta didik menjelaskan pengelompokkan komunikasi menurut arah prosesnya.
h.     Peserta didik menyebutkan lambang komunikasi yang biasa digunakan.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai pengertian komunikasi, unsur-unsur, proses, serta lambang yang biasa digunakan dalam komunikasi.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengertian komunikasi, unsur-unsur, proses, serta lambang yang biasa digunakan dalam komunikasi.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai media komunikasi, termasuk diantaranya mengenai pengertian media komunikasi, fungsi, jenis-jenis media komunikasi, serta kelebihan dan kekurangan beberapa media komunikasi.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai asas-asas komunikasi.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata hubungan komunikasi, diantaranya mengenai syarat-syarat agar tata hubungan dalam suatu organisasi dapat berjalan dengan baik.
d.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuh jenis-jenis komunikasi.
e.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor penunjang keberhasilan komunikasi, serta faktor-faktor penghambat komunikasi.
f.       Peserta didik menjelaskan berbagai aspek dalam media komunikasi.
g.     Peserta didik menyebutkan asas komunikasi.
h.     Peserta didik menyebutkan syarat dalam komunikasi agar berjalan dengan baik.
i.       Peserta didik menyebutkan tujuh jenis komunikasi.
j.       Peserta didik menyebutkan faktor penunjang dan penghambat komunikasi.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali mengenai aspek dalam media komunikasi, syarat dalam komunikasi agar berjalan dengan baik, tujuh jenis komunikasi, serta faktor penunjang dan penghambat komunikasi.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik ditanya kembali mengenai media komunikasi, syarat yang dibutuhkan dalam dalam komunikasi, tujuh jenis komunikasi, serta faktor penunjang dan penghambat komunikasi.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai teknik berbicara, diantaranya mengenai prinsip-prinsip teknik berbicara, persiapan, penyajian, dan penutupan pembicaraan, serta estetika dalam berbicara.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai proses mendengarkan, dan menfaat mendengar yang efektif.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai definisi konflik, indikator terjadinya konflik, cara-cara menghindari konflik, serta solusi untuk menyelesaikan konflik.
d.     Peserta didik berlatih melakukan prinsip teknik berbicara.
e.     Peserta didik berlatih melakukan proses mendengar yang efektif, dan menyebutkan manfaat mendengar yang efektif.
f.       Peserta didik menjelaskan cara-cara menyelesaikan konflik.
Penutup
Peserta didik diminta untuk berlatih kembali melakukan prinsip-prinsip teknik berbicara, dan proses mendengar yang efektif, serta menjelaskan kembali cara-cara menyelesaikan konflik.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik ditanya pemahamannya mengenai teknik berbicara, pendengar yang efektif, serta indikator konflik dan solusinya.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai konsep-konsep pelayanan prima, termasuk diantaranya mengenai hakikat dan pengertian pelayanan prima, tujuan pelayanan prima, fungsi pelayanan prima, konsep dasar pelayanan prima, dan indikator ketidakpuasan pelanggan.
b.     Peserta didik berlatih mempraktikkan konsep dasar pelayanan prima, mulai dari pelayanan prima berdasarkan konsep sikap (attitude), sampai dengan pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action).
c.      Peserta didik berlatih mempraktikkan cara menangani keluhan pelanggan, mengatasi permintaan pelanggan yang tidak dapat dipenuhi, dan menghadapi pelayanan yang tertunda.
Penutup
Peserta didik diminta untuk berlatih kembali mempraktikkan konsep dasar pelayanan prima, dan konsep indikator ketidakpuasan pelanggan.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik ditanya pemahamannya mengenai konsep-konsep pelayanan prima.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai konsep-konsep harapan pelanggan, antara lain pengertian pelanggan, pengelompokkan pelanggan, serta jenis-jenis harapan/kebutuhan pelanggan.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kode etik dan aspek hukum dalam kegiatan kehumasan. Antara lain mulai dai pengertian, fungsi, dan tujuan kode etik, humas, sampai dengan sikap dalam bekerja.
c.      Peserta didik menjelaskan konsep harapan pelanggan.
d.     Peserta didik menjelaskan dan menyebutkan pengertian, fungsi, dan tujuan kode etik.
e.     Peserta didik menjelaskan mengenai konsep humas.
f.       Peserta didik menjelaskan sikap dalam bekerja.
Penutup
Peserta didik diminta untuk menjelaskan kembali konsep-konsep harapan pelanggan, dan memahami kode etik dan aspek hukum dalam kegiatan kehumasan.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai Berkomuniasi di Tempat Kerja dan Menyediakan Bantuan kepada Pelanggan di Dalam dan di Luar Perusahaan.
Inti      
a.     Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.     Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.      Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu Memelihara Standar Presentasi Pribadi, dan Bekerja dalam Satu Tim.

E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat                             : - Komputer
                                      - LCD Proyektor
Sumber Belajar         : - Modul Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan, jilid 1, karangan Sri Endang dan Sri Mulyani
                      - Buku yang berkaitan dengan komunikasi
                      - Buku yang berkaitan dengan pelanggan

F. Penilaian            
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktik, Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Esai, Aktivitas, Skala Sikap
Contoh Instrumen:
  1. Komunikasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu . . . .
a.    communication                                       d. communicatee
b.    communicare                                          e. communee
c.    communicator
  1. Jelaskan definisi dari pelayanan prima!
  2. Buatlah sebuah topik percakapan yang menarik mengenai cara menangani keluhan (complain) pelanggan terhadap sebuah pelayanan atau sebuah produk yang tidak memuaskan!



Jakarta, .........................................

Mengetahui,                        
Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran                        Kepala Sekolah




____________________                                                   ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

Untuk mendapatkan file Rpp Dan Silabus Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan SMK Kelas X Sem 1,2 melalui link di bawah ini.