RENCANA
PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK Bakti Pendidikan
Mata Pelajaran :
Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan
Kelas/Semester : .... / ....
Program : Program Keahlian Administrasi
Perkantoran
Standar Kompetensi : mengelola dan menjaga sistem kearsipan
Kompetensi Dasar : memilih sistem yang sesuai
Indikator:
·
Menjelaskan
3 asas pengelolaan kearsipan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
·
Menyebutkan
pertimbangan pemilihan asas pengelolaan surat/arsip yang sesuai.
·
Menjelaskan
pengertian dan manfaat sistem penyimpanan arsip.
·
Menyebutkan
dan menjelaskan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
·
Menjelaskan
dan melakukan langkah-langkah 5 sistem penyimpanan arsip.
·
Menyebutkan
syarat-syarat sistem penyimpanan arsip yang baik.
·
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sistem penyimpanan arsip yang
akan digunakan.
Alokasi Waktu: 20 Jam × 45 Menit (10 Pertemuan)
A. Tujuan Pemelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan
peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan
3 asas pengelolaan kearsipan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
2.
Menyebutkan
pertimbangan pemilihan asas pengelolaan surat/arsip yang sesuai.
3.
Menjelaskan
pengertian dan manfaat sistem penyimpanan arsip.
4.
Menyebutkan
dan menjelaskan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
5.
Menjelaskan
dan melakukan langkah-langkah 5 sistem penyimpanan arsip.
6.
Menyebutkan
syarat-syarat sistem penyimpanan arsip yang baik.
7.
Menjelaskan
hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sistem penyimpanan arsip yang
akan digunakan.
B. Materi Pokok Pemelajaran
·
Asas
pengelolaan kearsipan.
·
Pemilihan
pengelolan asas yang sesuai.
·
Sistem
penyimpanan arsip.
·
Pemilihan
sistem penyimpanan yang sesuai.
C. Metode Pemelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik.
D. Kegiatan Pemelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan sistem penyimpanan
arsip.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai asas
pengelolaan kearsipan, yaitu asas sentralisasi, dan desentralisasi.
b. Peserta didik menjelaskan asas sentralisasi dan
desentralisasi.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali asas
pengelolaan kearsipan sentralisasi dan desentralisasi.
Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai asas
pengelolaan kearsipan sentralisasi dan desentralisasi.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai asas
pengelolaan kearsipan desentralisasi terkendali (gabungan).
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pemilihan
asas pengelolaan yang sesuai.
(materi mengacu pada modul Mengelola dan Menjaga Sistem
Kearsipan untuk SMK dan MAK karya Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty, Terbitan
Erlangga, hal. 35 sd 36).
c. Peserta didik menjelaskan asas pengelolaan kearsipan
desentralisasi terkendali (gabungan).
d. Peserta didik menyebutkan pertimbangan dalam memilih asas
pengelolaan kearsipan yang sesuai.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali asas
desentralisasi terkendali (gabungan), dan menyebutkan pertimbangan dalam
memilih asas pengelolaan kearsipan yang sesuai.
Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai asas
desentralisasi terkendali (gabungan), dan pemilihan asas pengelolaan yang
sesuai.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai
pengertian sistem penyimpanan arsip, manfaat sistem penyimpanan arsip, serta
istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
(materi mengacu pada modul Mengelola dan Menjaga Sistem
Kearsipan untuk SMK dan MAK karya Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty,
Terbitan Erlangga, hal. 37 sd 39).
b. Peserta didik menyebutkan manfaat sistem penyimpanan
arsip, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali manfaat sistem
kearsipan, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.
Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai manfaat
sistem kearsipan, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sistem
penyimpanan arsip berdasarkan abjad.
b. Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem
abjad.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip
menggunakan sistem abjad.
Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem abjad.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem subjek.
b. Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem
subjek.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip
menggunakan sistem subjek.
Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem subjek.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem tanggal.
b. Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem
tanggal.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip
menggunakan sistem tanggal.
Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem tanggal.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem wilayah.
b. Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem
wilayah.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip
menggunakan sistem wilayah.
Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem wilayah.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem nomor.
b. Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem
nomor.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip
menggunakan sistem nomor.
Pertemuan Ke-9
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan
arsip menggunakan sistem nomor.
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pemilihan
sistem penyimpanan yang sesuai.
b. Peserta didik menyebutkan kriteria sistem penyimpanan
arsip yang baik.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali membuat berbagai
bentuk surat.
Pertemuan Ke-10
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai Memilih
Sistem yang Sesuai.
Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal
ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab
selanjutnya, yaitu Mengimplementasikan Sistem Kearsipan
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat :
a. Komputer
b. Alat-alat penyimpanan arsip, antara lain:
filing cabinet,
folder/map
(stopmap folio, snelhecter),
guide,
ordner,
cardex,
perforator,
stapler,
baki
surat/alat sortir,
paper clip
(penjepit kertas),
format-format:
kartu indeks, lembar pinjam arsip, jadwal retensi,
alat-alat
tulis.
Sumber Belajar :
- Modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan, karangan Sri Endang R, Sri
Mulyani dan Suyetty hal. 33 sd 98.
- Buku-buku yang berkaitan dengan
surat-menyurat.
- Buku-buku kearsipan.
F. Penilaian
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktik, Tes Perbuatan, Tugas-tugas,
Observasi.
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Isian, Esai, Aktivitas,
Skala sikap.
Contoh Instrumen:
1. Pengendalian kegiatan pengurusan surat/arsip, baik surat
masuk maupun surat keluar, sepenuhnya dibebankan dan dipertanggungjawabkan
secara terpusat pada suatu organisasi yang disebut unit kearsipan. Pengembalian
ini menggunakan asas . . . .
a. sentralisasi d.
gabungan
b. desentralisasi e.
terpisah
c.
dekonsentrasi
2. Adanya keseragaman sistem dan prosedur merupkan
keuntungan dari pengelolaan arsip yang menggunakan asas _____
3. Sebutkan pengertian dari:
a. Asas sentralisasi
b. Asas desentralisasi
c. Asas gabungan
d. Sistem penyimpanan
4. Aktivitas: praktik menyimpan surat dalam filing cabinet.
Surabaya, .........................................
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Administrasi Perkantoran Kepala
Sekolah
____________________ ______________________
NIP. NIP.
Download :