RPP dan silabus Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan SMK Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                                 : SMK  Bakti Pendidikan
Mata Pelajaran                                 : Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan
Kelas/Semester                                : .... / ....
Program                                           : Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Standar Kompetensi                     : mengelola dan menjaga sistem kearsipan
Kompetensi Dasar                         : memilih sistem yang sesuai

Indikator:                             
·         Menjelaskan 3 asas pengelolaan kearsipan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
·         Menyebutkan pertimbangan pemilihan asas pengelolaan surat/arsip yang sesuai.
·         Menjelaskan pengertian dan manfaat sistem penyimpanan arsip.
·         Menyebutkan dan menjelaskan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
·         Menjelaskan dan melakukan langkah-langkah 5 sistem penyimpanan arsip.
·         Menyebutkan syarat-syarat sistem penyimpanan arsip yang baik.
·         Menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sistem penyimpanan arsip yang akan digunakan.

Alokasi Waktu: 20 Jam × 45 Menit (10 Pertemuan)

A. Tujuan Pemelajaran             
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan 3 asas pengelolaan kearsipan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
2.    Menyebutkan pertimbangan pemilihan asas pengelolaan surat/arsip yang sesuai.
3.    Menjelaskan pengertian dan manfaat sistem penyimpanan arsip.
4.    Menyebutkan dan menjelaskan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
5.    Menjelaskan dan melakukan langkah-langkah 5 sistem penyimpanan arsip.
6.    Menyebutkan syarat-syarat sistem penyimpanan arsip yang baik.
7.    Menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sistem penyimpanan arsip yang akan digunakan.

B. Materi Pokok Pemelajaran
·         Asas pengelolaan kearsipan.
·         Pemilihan pengelolan asas yang sesuai.
·         Sistem penyimpanan arsip.
·         Pemilihan sistem penyimpanan yang sesuai.

C. Metode Pemelajaran    
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik.

D. Kegiatan Pemelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan sistem penyimpanan arsip.
Inti                                          
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai asas pengelolaan kearsipan, yaitu asas sentralisasi, dan desentralisasi.
b.    Peserta didik menjelaskan asas sentralisasi dan desentralisasi.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali asas pengelolaan kearsipan sentralisasi dan desentralisasi.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai asas pengelolaan kearsipan sentralisasi dan desentralisasi.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai asas pengelolaan kearsipan desentralisasi terkendali (gabungan).
b.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pemilihan asas pengelolaan yang sesuai.
(materi mengacu pada modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan untuk SMK dan MAK karya Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty, Terbitan Erlangga, hal. 35 sd 36).
c.    Peserta didik menjelaskan asas pengelolaan kearsipan desentralisasi terkendali (gabungan).
d.    Peserta didik menyebutkan pertimbangan dalam memilih asas pengelolaan kearsipan yang sesuai.
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali asas desentralisasi terkendali (gabungan), dan menyebutkan pertimbangan dalam memilih asas pengelolaan kearsipan yang sesuai.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai asas desentralisasi terkendali (gabungan), dan pemilihan asas pengelolaan yang sesuai.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian sistem penyimpanan arsip, manfaat sistem penyimpanan arsip, serta istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan.
(materi mengacu pada modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan untuk SMK dan MAK karya Sri Endang, Sri Mulyani, dan Suyetty, Terbitan Erlangga, hal. 37 sd 39).
b.    Peserta didik menyebutkan manfaat sistem penyimpanan arsip, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali manfaat sistem kearsipan, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai manfaat sistem kearsipan, dan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem kearsipan.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sistem penyimpanan arsip berdasarkan abjad.
b.    Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem abjad.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip menggunakan sistem abjad.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem abjad.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem subjek.
b.    Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem subjek.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip menggunakan sistem subjek.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem subjek.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem tanggal.
b.    Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem tanggal.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip menggunakan sistem tanggal.

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem tanggal.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem wilayah.
b.    Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem wilayah.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip menggunakan sistem wilayah.

Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem wilayah.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem nomor.
b.    Peserta didik berlatih menyimpan arsip menggunakan sistem nomor.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menyimpan arsip menggunakan sistem nomor.

Pertemuan Ke-9
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai menyimpan arsip menggunakan sistem nomor.
Inti      
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pemilihan sistem penyimpanan yang sesuai.
b. Peserta didik menyebutkan kriteria sistem penyimpanan arsip yang baik.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali membuat berbagai bentuk surat.

Pertemuan Ke-10
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai Memilih Sistem yang Sesuai.
Inti      
a.    Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.    Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.    Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.    Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu Mengimplementasikan Sistem Kearsipan

E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat                             : a.  Komputer
                                       b. Alat-alat penyimpanan arsip, antara lain:
­   filing cabinet,
­   folder/map (stopmap folio, snelhecter),
­   guide,
­   ordner,
­   cardex,
­   perforator,
­   stapler,
­   baki surat/alat sortir,
­   paper clip (penjepit kertas),
­   format-format: kartu indeks, lembar pinjam arsip, jadwal retensi,
­   alat-alat tulis.
Sumber Belajar        : - Modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan, karangan Sri Endang R, Sri Mulyani dan Suyetty hal. 33 sd 98.
                      - Buku-buku yang berkaitan dengan surat-menyurat.
                      - Buku-buku kearsipan.

F. Penilaian            
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktik, Tes Perbuatan, Tugas-tugas, Observasi.
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Isian, Esai, Aktivitas, Skala sikap.
Contoh Instrumen:
1.    Pengendalian kegiatan pengurusan surat/arsip, baik surat masuk maupun surat keluar, sepenuhnya dibebankan dan dipertanggungjawabkan secara terpusat pada suatu organisasi yang disebut unit kearsipan. Pengembalian ini menggunakan asas . . . .
a.    sentralisasi                                        d. gabungan
b.    desentralisasi                                               e. terpisah
c.    dekonsentrasi
2.    Adanya keseragaman sistem dan prosedur merupkan keuntungan dari pengelolaan arsip yang menggunakan asas _____
3.    Sebutkan pengertian dari:
a.    Asas sentralisasi
b.    Asas desentralisasi
c.    Asas gabungan
d.    Sistem penyimpanan
4.    Aktivitas: praktik menyimpan surat dalam filing cabinet.



Surabaya, .........................................
                                                                                                    Mengetahui,                        
Guru Mata Pelajaran 
Administrasi Perkantoran                                                          Kepala Sekolah




____________________                                                   ______________________
NIP.                                                                                        NIP.

Download :