RPP dan Silabus SMK Kelas XI Perkantoran (Merencanakan dan mengelola pertemuan rapat)

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                                 : SMK BAKTI PENDIDIKAN
Mata Pelajaran                                 : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester                                : ...  / ....
Program                                            :  Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Standar Kompetensi                       : Merencanakan dan mengelola pertemuan/rapat
Kompetensi Dasar                           : Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan

Indikator:                             
·         Menyebutkan macam-macam mesin pengganda.
·         Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian fotokopi.
·       Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak intern.
·       Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak ekstern.


Alokasi Waktu: 14 Jam × 45 Menit (7 Pertemuan)

A. Tujuan Pemelajaran             
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan peserta didik dapat :
1.    Menyebutkan macam-macam mesin pengganda.
2.    Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian fotokopi.
3.    Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak intern.
4.    Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak ekstern.

B. Materi Pokok Pemelajaran
·         Alat dan mesin pengganda.
·         Cara penggandaan hasil pertemuan.
·         Cara pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan.

C. Metode Pemelajaran    
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik.

D. Kegiatan Pemelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya penggunaan mesin pengganda dan mendistribusikan hasil pertemuan.
Inti                                          
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian alat dan mesin pengganda, dan jenis-jenis mesin pengganda.
b.    Peserta didik menyebutkan jenis-jenis mesin pengganda.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali macam-macam mesin pengganda.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai alat dan mesin pengganda.
Inti      
a.     Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai bagian-bagian dari mesin fotokopi.
b.     Peserta didik menyebutkan bagian-bagian dari mesin fotokopi.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali bagian-bagian dari mesin fotokopi.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai bagian-bagian dari mesin fotokopi..
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengoperasian mesin fotokopi.
b.    Peserta didik berlatih menggandakan dokumen dengan menggunakan mesin fotokopi.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara menggandakan dokumen dengan menggunakan mesin fotokopi.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai bagian-bagian dari mesin fotokopi..
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
b.    Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara mendistribusikan hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai cara mendistribusikan hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak elstern organisasi/perusahaan melalui alat bantu faksimile dan E-Mail.
b.    Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu faksimile dan E-Mail.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu faksimile dan E-Mail.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai cara mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu faksimile dan E-Mail.
Inti      
a.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak elstern organisasi/perusahaan melalui alat bantu pos
b.    Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu pos.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu pos.

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi Menggandakan dan Mendistribusikan Hasil Pertemuan.
Inti      
a.     Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.     Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.      Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi pada semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester.

E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat                                         :  - Papan tulis/White board.
                                                   - Spidol.
                                                   - Komputer/Laptop.
                                                   - LCD/OHP.
                                                   - Contoh notula rapat, daftar hadir, aenda rapat, dan susunan acara rapat.
Sumber Belajar                    : - Modul Merencanakan dan Mengelola Pertemuan/Rapat, karangan Sri Endang R, Sri Mulyani dan Suyetty hal. 39 sd 46.
                                                  - Buku referensi.
                                                  - Internet.

F. Penilaian            
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktik, Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Esai, Aktivitas, Skala Sikap
Contoh Instrumen:
1.     Suatu alat untuk menyelin kembali dokumen atau ilustrasi dengan menggunakan cahaya, panas, bahan kumia, atau muatan listrik statis adalah . . . .
a.    mesin risograph                                        d. faksimile
b.    mesin fotokopi                                           e. mesin tik
c.    mesin stensil
2.     Jelaskan macam-macam mesin pengganda!
3.     Buatlah kelompok kerja dengan jumlah oeserta 5 hingga 7 orang! Kemudian lakukan wawancara dengan pihak perusahaan khususnya dengan pegawai yang bertugas menggandakan dokumen (alat apa saja yang digunakan untuk menggandakan dokumen dan bagaimana cara mengoperasikannya)! Praktikkan bagaimana cara mendistribusikan hasil rapat, baik untuk pihak intern perusahaan meupun ekstern perusahaan!



Surabaya, .........................................

               Mengetahui,                        
Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran                        Kepala Sekolah





____________________                                                   ______________________

NIP.                                                                                        NIP.

Download