RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK BAKTI PENDIDIKAN
Mata Pelajaran : Administrasi Perkantoran
Kelas/Semester : ... / ....
Program :
Program Keahlian Administrasi Perkantoran
Standar Kompetensi : Merencanakan dan mengelola pertemuan/rapat
Kompetensi Dasar :
Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan
Indikator:
·
Menyebutkan macam-macam mesin pengganda.
·
Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian fotokopi.
· Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian
hasil pertemuan kepada pihak intern.
· Menjelaskan langkah-langkah pengiriman/pendistribusian
hasil pertemuan kepada pihak ekstern.
Alokasi Waktu: 14 Jam
× 45 Menit (7 Pertemuan)
A.
Tujuan Pemelajaran
Setelah
kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan peserta didik dapat :
1. Menyebutkan macam-macam
mesin pengganda.
2. Menjelaskan
langkah-langkah pengoperasian fotokopi.
3. Menjelaskan
langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak intern.
4. Menjelaskan
langkah-langkah pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak
ekstern.
B. Materi Pokok Pemelajaran
·
Alat dan mesin pengganda.
·
Cara penggandaan hasil pertemuan.
·
Cara pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan.
C. Metode Pemelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik.
D. Kegiatan Pemelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya
penggunaan mesin pengganda dan mendistribusikan hasil pertemuan.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengertian alat dan mesin
pengganda, dan jenis-jenis mesin pengganda.
b.
Peserta didik menyebutkan jenis-jenis mesin pengganda.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali macam-macam
mesin pengganda.
Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai alat
dan mesin pengganda.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai bagian-bagian dari mesin
fotokopi.
b.
Peserta didik menyebutkan bagian-bagian dari mesin fotokopi.
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali
bagian-bagian dari mesin fotokopi.
Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai
bagian-bagian dari mesin fotokopi..
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengoperasian mesin
fotokopi.
b.
Peserta didik berlatih menggandakan dokumen dengan menggunakan mesin
fotokopi.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara
menggandakan dokumen dengan menggunakan mesin fotokopi.
Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai bagian-bagian
dari mesin fotokopi..
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara pengiriman/pendistribusian
hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
b.
Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan kepada pihak intern
organisasi/perusahaan.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara mendistribusikan
hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai cara
mendistribusikan hasil pertemuan kepada pihak intern organisasi/perusahaan.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara
pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak elstern
organisasi/perusahaan melalui alat bantu faksimile dan E-Mail.
b.
Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan
alat bantu faksimile dan E-Mail.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara mendistribusikan
hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu faksimile dan E-Mail.
Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali mengenai cara
mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu faksimile dan E-Mail.
Inti
a.
Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara
pengiriman/pendistribusian hasil pertemuan kepada pihak elstern
organisasi/perusahaan melalui alat bantu pos
b.
Peserta didik berlatih mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan
alat bantu pos.
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali cara
mendistribusikan hasil pertemuan dengan menggunakan alat bantu pos.
Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi Menggandakan
dan Mendistribusikan Hasil Pertemuan.
Inti
a.
Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.
Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian,
serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian
telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari
seluruh materi pada semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester.
E. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Papan tulis/White board.
- Spidol.
- Komputer/Laptop.
- LCD/OHP.
- Contoh notula rapat, daftar hadir,
aenda rapat, dan susunan acara rapat.
Sumber Belajar :
- Modul Merencanakan dan Mengelola Pertemuan/Rapat, karangan Sri Endang R, Sri
Mulyani dan Suyetty hal. 39 sd 46.
- Buku referensi.
- Internet.
F. Penilaian
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktik,
Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Pilihan Ganda, Esai,
Aktivitas, Skala Sikap
Contoh Instrumen:
1.
Suatu alat untuk menyelin kembali dokumen atau ilustrasi dengan menggunakan
cahaya, panas, bahan kumia, atau muatan listrik statis adalah . . . .
a.
mesin risograph d.
faksimile
b.
mesin fotokopi e.
mesin tik
c.
mesin stensil
2.
Jelaskan macam-macam mesin pengganda!
3.
Buatlah kelompok kerja dengan jumlah oeserta 5 hingga 7 orang! Kemudian
lakukan wawancara dengan pihak perusahaan khususnya dengan pegawai yang
bertugas menggandakan dokumen (alat apa saja yang digunakan untuk menggandakan
dokumen dan bagaimana cara mengoperasikannya)! Praktikkan bagaimana cara
mendistribusikan hasil rapat, baik untuk pihak intern perusahaan meupun ekstern
perusahaan!
Surabaya,
.........................................
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kepala
Sekolah
____________________ ______________________
NIP. NIP.
Download