KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pancasila dasar negara dan sebagai pandangan hidup
·
Usaha-usaha untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
berbangsa dan bernegara
·
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Kunci Jawaban :
|
Dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa
Indonesia, pancasila merupakan…
a. Cita-cita
dan tujuan hidup bangsa
b. Dasar
negara mengatur pemerintahan negara
c. Gambaran
sikap dan perilaku manusia Indonesia
d. Pegangan
dan pedoman hidup bangsa Indonesia
e.
Perjanjian luhur bangsa Indonesia
|
Kisi-kisi Soal PKN Kelas X Semester 1 >>>
Soal PKN Kelas X Semester 1 >>>
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pancasila dasar negara dan sebagai pandangan hidup
·
Usaha-usaha untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
berbangsa dan bernegara
·
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 2
|
Kunci Jawaban :
|
|
Salah satu usaha pemerintah Indonesia dalam
meningkatkan pengamalan Pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu
….
a. Menjadikan pancasila sebagai kepribadian bangsa
Indonesia
b. Menetapkan pancasila sebagai satu-satunya asas
c. Menyusun RPJMN setiap 5 tahun sekali
d. Melafalkan pancasila dalam setiap pertemuan resmi
e. Melaksanakan pembangunan nasional yang menyeluruh
dan terpadu
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pancasila dasar negara dan sebagai pandangan hidup
·
Usaha-usaha untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
berbangsa dan bernegara
·
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 3
|
Kunci Jawaban :
|
|
Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai budaya
bangsa yang mulai tumbuh dan berkembang serta terbina sejak lama. Dalam
hubungannya dengan UUD 1945, Pancasila berkedudukan sebagai….
a. Budaya bangsa
b. Padangan hidup bangsa
c. Tujuan bangsa
d. Kepribadian bangsa
e. UUD 1945
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pancasila dasar negara dan sebagai pandangan hidup
·
Usaha-usaha untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
berbangsa dan bernegara
·
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 4
|
Kunci Jawaban :
|
|
Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa
Pancasila dengan alasan….
a. Sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan
masyarakat
b. Mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk
c. Setiap rencana perebutan kekuasaan dapat di gagalkan
d. Dapat menyelesaikan segala masalah di tanah air
e. Karena dirumuskan oleh banyak pemimpin bangsa
Indonesia
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong
sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pancasila dasar negara dan sebagai pandangan hidup
·
Usaha-usaha untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
berbangsa dan bernegara
·
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 5
|
Kunci Jawaban :
|
|
Nilai-nilai yang terkandung pada pancasila dapat
bersifat imperative jika kedudukan sebagai…
a. Perjanjian luhur
b. Pandangan hidup
c. Dasar Negara
d. Jiwa dan kepribadian bangsa
e. Tujuan yang hendak dicapai
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima ketentuan UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan
|
Materi :
·
Tugas lembaga legislatif
·
Tugas lembaga kehakiman
·
Pengertian trias politica
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 6
|
Jawaban: b
|
|
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan
pusat kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan
disebut....
a. dekonsentrasi
b. desentralisasi
c. sentralisasi
d. tugas pembantuan
e. daerah otonom
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima ketentuan UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Tugas lembaga legislatif
·
Tugas lembaga kehakiman
·
Pengertian trias politica
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 7
|
Jawaban: a
|
|
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
berupa pemisahan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah....
a. Monstesquieu
b. John Locke
c. Afdi Afdian
d. Moh. Mahfud
e. Jimly Asshiddiqie
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima ketentuan UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Tugas lembaga legislatif
·
Tugas lembaga kehakiman
·
Pengertian trias politica
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 8
|
Jawaban: d
|
|
Mempunyai kekuasaan untuk menetapkan UUD 1945,
melantik presiden serta mengubah UUD 1945 merupakan tugas dari....
a. presiden
b. DPR
c. BPK
d. MPR
e. DPA
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima ketentuan UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Tugas lembaga legislatif
·
Tugas lembaga kehakiman
·
Pengertian trias politica
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 9
|
Jawaban: c
|
|
Tugas lembaga legislatif adalah.....
a. melaksanakan undang-undang
b. melakukan hubungan diplomatik dengan negara-negara
lain
c. membuat undang-undang
d. mengadili jika terjadi pelanggaran atas
undang-undang
e. merevisi undang-undang
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima ketentuan UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama
dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud
rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Tugas lembaga legislatif
·
Tugas lembaga kehakiman
·
Pengertian trias politica
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 10
|
Jawaban: e
|
|
Lembga-lembaga negara yang melakukan kekuasaan
kehakiman adalah....
a. presiden
b. DPR
c. BPK
d. MPR
e. Mahkamah Agung
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa
|
Materi :
· Sistem
Presidensil
· Menguji
UU terhadap UUD 1945
· Pemerintah
daerah tingkat I dan II
Undang-undang yang mengatur tentang sistem pemerintah daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 11
|
Kunci Jawaban :
|
|
Dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa
Indonesia, pancasila merupakan…
f.
Cita-cita dan tujuan hidup bangsa
g. Dasar
negara mengatur pemerintahan negara
h. Gambaran
sikap dan perilaku manusia Indonesia
i.
Pegangan dan pedoman hidup bangsa Indonesia
j.
Perjanjian luhur bangsa Indonesia
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
|
Materi :
· Sistem
Presidensil
· Menguji
UU terhadap UUD 1945
· Pemerintah
daerah tingkat I dan II
Undang-undang yang mengatur tentang sistem pemerintah daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 12
|
Kunci Jawaban : c
|
|
Menguji UU terhadap UUD 1945 merupakan wewenang....
a. DPR
b. MPR
c. MK
d. MA
e. Presiden
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
|
Materi :
· Sistem
Presidensil
· Menguji
UU terhadap UUD 1945
· Pemerintah
daerah tingkat I dan II
Undang-undang yang mengatur tentang sistem pemerintah daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 13
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Angota BPK dipilih oleh....
a. DPR
b. MPR
c. MK
d. MA
e. Presiden
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
|
Materi :
· Sistem
Presidensil
· Menguji
UU terhadap UUD 1945
· Pemerintah
daerah tingkat I dan II
Undang-undang yang mengatur tentang sistem pemerintah daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 14
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Pemerintahan daerah diatur dengan undang-undang,
yaitu...
a. UU No. 32/2004
b. UU No. 3/2002
c. UU No. 34/2004
d. UU No. 12/2006
e. UU No. 39/1999
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
|
Materi :
· Sistem
Presidensil
· Menguji
UU terhadap UUD 1945
· Pemerintah
daerah tingkat I dan II
Undang-undang yang mengatur tentang sistem pemerintah daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 15
|
Kunci Jawaban : b
|
|
Presiden sebagai kepala negara dan kepala
pemerintahan terdapat dalam sistem....
a. parlementer
b. presidensial
c. campuran
d. monarki
e. oligarki
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembagalembaga di sekolah
sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
Materi :
· Nilai-nilai
dalam demokrasi pancasila
• Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 16
|
Kunci Jawaban :
|
|
Pancasila dilaksanakan secara objektif, artinya
pancasila digukanan sebagai …
a. filter masuknya budaya global
b. pendoman perilaku sehari-hari
c. sumber hukum negara
d. asas tunggal partai politk
e. dasar hukum penyelenggarakaan bangsa
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembagalembaga di sekolah
sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
Materi :
· Nilai-nilai
dalam demokrasi pancasila
• Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 17
|
Kunci Jawaban :
|
|
Berikut ini yang bukan merupakan nilai-nilai yang
ada dalam demokrasi Pancasila adalah ...
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
b. Mengakui perbedaan pendapat
c. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat
d. Menjunjung nilai persatuan dan kesatuan
e. Memberikan kebebasan individu demi tegaknya HAM
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembagalembaga di sekolah
sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
Materi :
· Nilai-nilai
dalam demokrasi pancasila
• Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 18
|
Kunci Jawaban :
|
|
Pancasila adalah sumber kaidah hukum yang secara
konstitusional mengatur negara Indonesia danseluruh unsur-unsurnya. Berikut
ini yang termasuk unsur negara adalah ....
a. rakyat, wilayah, partai politik
b. TNI/Polri, rakyat, pemerintahan negara
c. wilayah, rakyat, pemerintahan negara
d. pemerintahan negara, rakyat, partai politik
e. TNI/Polri, wilayah, pemerintah negara
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembagalembaga di sekolah
sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
Materi :
· Nilai-nilai
dalam demokrasi pancasila
• Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 19
|
Kunci Jawaban :
|
|
Keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan
pribadi/ golongan adalah perwujudan sila Pancasila ....
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
b. Ketuhanan Yang Maha Esa
c. Persatuan Indonesia
d. Kemanusiaan yang. adil dan beradab
e. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/perwakilan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembagalembaga di sekolah
sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
Materi :
· Nilai-nilai
dalam demokrasi pancasila
• Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 20
|
Kunci Jawaban :
|
|
Salah satu bentuk pengamalan sila Kemanusiaan yang adil
dan beradab adalah....
a. berani membela kebenaran dan keadilan
b. menghargai hasil karya orang lain
c. menolong orang lain agar mampu berdikari
d. menghormati hak orang lain
e. rela berkorban demi kepentingan bangsa
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.4 Menghormati hubungan pemerintah
pusat dan daerah menurut UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
Materi :
·
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan
kenegaraan
·
Kebijakan otonomi darah
·
•Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 21
|
Kunci Jawaban :
|
|
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan
pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsi Pancasila sebagai ....
a. jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia
b. dasar negara
c. perjanjian luhur bangsa Indonesia
d. pandangan hidup bangsa
e. tujuan bangsa Indonesia
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.4 Menghormati hubungan pemerintah
pusat dan daerah menurut UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
Materi :
·
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan
kenegaraan
·
Kebijakan otonomi darah
·
•Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 22
|
Kunci Jawaban :
|
|
Bangsa Indonesia mempunyai Pancasila sebagai pandangan
hidupnya. Artinya bangsa Indonsia ....
a. tidak perlu menjalin kerja sama dengan negara yang
pernah menjajah Indonesia
b. bebas menentukan sikapnya terhadap bangsa lain di
dunia
c. tidak perlu tahu ideologi bangsa lain yang berasal
dari luar
d. memiliki pegangan dan pedoman dalam memecahkan
masalah bangsa
e. telah menunjukkan kepada dunia akan keber hasilannya
dalam berjuang melawan penjajah
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.4 Menghormati hubungan pemerintah
pusat dan daerah menurut UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
Materi :
·
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan
kenegaraan
·
Kebijakan otonomi darah
·
•Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 23
|
Kunci Jawaban : c
|
|
Kebijakan otonomi darah dilatarbelakangi oleh....
a. pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan
anggaran kepada daerah
b. daerah-daerah lebih kreatif dalam mengembangkan
sumber dayanya
c. terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke
daerah
d. putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara
aktif dalam pembangunan di daerahnya.
e. pemerintah pusat terlalu luas urusannya.
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.4 Menghormati hubungan pemerintah
pusat dan daerah menurut UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
Materi :
·
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan
kenegaraan
·
Kebijakan otonomi darah
·
•Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 24
|
Kunci Jawaban : e
|
|
Undang-Undang yang mengatur tentang Perimbangan
Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah adalah....
a. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2004
b. Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2004
c. Undang-Undang RI No. 31 Tahun 2004
d. Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2004
e. Undang-Undang RI No. 33 Tahun 2004
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.4 Menghormati hubungan pemerintah
pusat dan daerah menurut UndangUndang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan
pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
Materi :
·
Pancasila sebagai landasan penyeleng garaan pemerintahan dan
kenegaraan
·
Kebijakan otonomi darah
·
•Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 25
|
Kunci Jawaban : b
|
|
Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah.....
a. propinsi
b. kabupaten/kota
c. kota administratif
d. desa
e. ibu kota
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang
membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama
dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang
dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia
·
bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax
yang berkaitan dengan SARA
·
faktor pendukung integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 26
|
Kunci Jawaban : b
|
|
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu
yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah ....
A. Hal atau usaha untuk menggugah kemampuan
B. Hal yang berasal dari luar yang bersifat atau
bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
C. Usaha yang bersifat mengubah atau merombak
kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal
dan politis
D. Usaha yang berasal dari diri sendiri yang
bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak
konsepsional
E. Usaha yang bersifat memberikan kebijaksanaan
kepada pemerintah secara konsepsional
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang
membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama
dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang
dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia
·
bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax
yang berkaitan dengan SARA
·
faktor pendukung integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 27
|
Kunci Jawaban :
|
|
Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan
PKI, teroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak pada
....
A. Integrasi nasional
B. Disintegrasi bangsa
C. Ancaman bangsa
D. Hambatan bangsa
E. Tantangan bangsa
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang
membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama
dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang
dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia
·
bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax
yang berkaitan dengan SARA
·
faktor pendukung integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 28
|
Kunci Jawaban :
|
|
Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional
adalah ....
A. Menghapus bahasa daerah
B. Menghilangkan budaya lokal
C. Memisahkan penduduk yang miskin
D. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
E. Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang
membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama
dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang
dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia
·
bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax
yang berkaitan dengan SARA
·
faktor pendukung integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 29
|
Kunci Jawaban :
|
|
Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional
adalah ....
A. Menghapus bahasa daerah
B. Menghilangkan budaya lokal
C. Memisahkan penduduk yang miskin
D. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
E. Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang
membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur
kepada Tuhan yang Maha Esa
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama
dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang
dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia
·
bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax
yang berkaitan dengan SARA
·
faktor pendukung integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 30
|
Kunci Jawaban :
|
|
Yang bukan merupakan faktor pendukung integrasi
nasional adalah ....
A. Adanya rasa senasib sepenanggungan
B. Adanya semangat persatuan dan kesatuan
C. Adanya kepribadian dan pandangan hidup yang
sama
D. Adanya jiwa dan semangat gotong royong,
toleransi yang kuat
E. Adanya ketidak puasan terhadap ketimpangan
pemerataan hasil pembangunan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai yang
membentuk kesadaran atas
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma
·
sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan
·
wawasan nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 31
|
Kunci Jawaban :
|
|
Masyarakat Indonesia bersifat majemuk terdiri berbagai
suku bangsa, adat istiadat, agama dan kebudayaan. Dalam perbedaan tersebut
proses hubungan kerja dan terbentuk kesatuan yang harmonis.
Berdasarkan itu dapat diketahui adanya proses menuju
....
A. Integrasi
B. Persaingan
C. Kristalisasi
D. Kerjasama
E. Disintegrasi
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai yang
membentuk kesadaran atas
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma
·
sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan
·
wawasan nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 32
|
Kunci Jawaban :
|
|
Yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab
Sutasoma adalah ....
A. Alat pemersatu bangsa
B. Persatuan dalam keberagaman
C. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
D. Perbedaan etnis, religi maupun ideology dalam
satu wadah negara Indonesia
E. Ditekankan pada perbedaan dalam hal
kepercayaan dan keanekaragaman agama
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai yang
membentuk kesadaran atas
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma
·
sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan
·
wawasan nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 33
|
Kunci Jawaban :
|
|
Berikut ini adalah contoh sikap yang mencerminkan
komitmen persatuan dalam kehidupan di sekolah yaitu ....
A. Mengadakan bakti sosial
B. Tidak membedakan SARA
C. Ikut serta dalam kegiatan kerjabakti
D. Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
E. Tidak membedakan teman dalam bergaul di kelas
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai yang
membentuk kesadaran atas
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma
·
sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan
·
wawasan nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 34
|
Kunci Jawaban :
|
|
Semua negara pasti memiliki berbagai bentuk ancaman,
gangguan, hambatan, dan tantangan dalam mewujudkan / mempertahankan integrasi
nasional. Keberagaman Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya merupakan
keberagaman yang bisa menjadi potensi konflik yang menimbulkan disintegrasi
nasional.
Berdasarkan pernyataan di atas, bentuk ancaman yang
bisa mengakibatkan dis integrasi nasional di Indonesia adalah ....
A. toleransi
B. Integrasi
C. Persaingan
D. Konflik SARA
E. Kesenjangan social
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai yang
membentuk kesadaran atas
ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma
·
sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan
·
wawasan nusantara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 35
|
Kunci Jawaban :
|
|
Yang dimaksud dengan wawasan nusantara adalah ....
A. Cara melihat dan mengurus diri sendiri
B. Cara membangun bangsa sendiri dan bangsa lain
C. Cara memandang dan membenahi bangsa sendiri
D. Cara memerdekakan bangsa lain yang belum
merdeka
E. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia
mengenai diri sendiri dan lingkungannya
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
Materi :
·
tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI
·
faktor pembentuk integrasi nasional
·
Alasan yang mendasar pentingnya usaha
pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 36
|
Kunci Jawaban :
|
|
Salah satu tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga
keutuhan NKRI yang berasal dari luar negara adalah ….
A. korupsi
B. spionase
C. Konflik SARA
D. Gerakan separatis
E. Pelanggaran hukum
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
Materi :
·
tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI
·
faktor pembentuk integrasi nasional
·
Alasan yang mendasar pentingnya usaha
pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 37
|
Kunci Jawaban :
|
|
Berikut yang bukan merupakan faktor pembentuk integrasi
nasional adalah ....
A. Penggunaan bahasa Indonesia
B. Wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan
pulau
C. Adanya rasa cinta tanah air dan mencintai
produk dalam negeri
D. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang
diakibatkan oleh faktor sejarah
E. Adanya semangat persatuan dan kesatuan dalam
bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
Materi :
·
tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI
·
faktor pembentuk integrasi nasional
·
Alasan yang mendasar pentingnya usaha
pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 38
|
Kunci Jawaban :
|
|
Ancaman terhadap integrasi nasional yang berupa ancaman
militer adalah ....
A. korupsi
B. narkoba
C. terorisme
D. kebodohan
E. kemiskinan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
Materi :
·
tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI
·
faktor pembentuk integrasi nasional
·
Alasan yang mendasar pentingnya usaha
pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 39
|
Kunci Jawaban :
|
|
Sikap perilaku yang dapat menyebabkan disintegrasi
nasional dilingkungan sekolah adalah ....
A. Bermusuhan dengan saudara kandung
B. Tidak mau mengikut kegiatan gotongroyong di
masyarakat
C. Sering melakukan pelanggaran terhadap tata tertib
lalu lintas
D. Tidak menghargai pendapat teman pada saat diskusi
kelompok
E. Tidak mau menghargai aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
Materi :
·
tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI
·
faktor pembentuk integrasi nasional
·
Alasan yang mendasar pentingnya usaha
pembelaan negara terhadap bangsa Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 40
|
Kunci Jawaban :
|
|
Alasan yang mendasar pentingnya usaha pembelaan negara
terhadap bangsa Indonesia ditinjau dari segi historis adalah ....
A. Jumlah penduduk Indonesia yang besar
B. Posisi/letak Indonesia yang sangat strategis
C. Sumber daya alam Indonesia yang melimpah
D. Persebaran penduduk Indonesia yang tidak
merata
E. Indonesia pernah dijajah bangsa lain selama
kurang lebih tiga setengah abad
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Kunci Jawaban :
Res communis merupakan konsepsi yang beranggapan bahwa
laut itu adalah milik masyarakat dunia sehingga tidak dapat diambil atau
dimiliki oleh masing-masing negara. Konsepsi ini telah dikembangkan oleh,
Hugo de Groot (Grotius) dari Belanda tahun 1608 dalam buku Mare Liberum (Laut
Bebas) karena konsepsi inilah Grotius dianggap sebagai Bapak Hukum
Internasional.
|
|
Jelaskan yang dimaksud dengan res communis?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Kunci Jawaban :
Wilayah NKRI menurut pasal 25A UUD 1945 adalah sebuah
negara kepulauan yagn berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan
hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. Wilayah NKRI menurut pasal 18
ayat (1) UUD 1945 dibagi atas daerah-daerah provinsi dan kota, yang tiap-tiap
provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur
dengan undang-undang.
|
|
Sebutkan bunyi pasal yang mengatur tentang wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Kunci Jawaban :
batas wilayah daratan suatu negara dengan wilayah
daratan negara lain dapat berbentuk:
a. Batas alamiah, sepert sungai, danau, pegunungan,
lembah, dan hutan
b. Batas buatan, seperti pagar tembok, patok besi,
pagar kawat berduri, dan pos penjagaan
c. Batas secara geografis, batas berdasarkan geofisika,
yaitu berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Misalnya batas geografis
Indonesia adalah 60o LU, 110o LS, 95o BT dan 141o BT.
|
|
Sebutkan bentuk-bentuk batas wilayah daratan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Kunci Jawaban :
wialayah ekstrateritorial adalah wilayah suatu negara
yagn berada di luar wilayah negara itu. Menurut hukum internasional yagn
mengacu pada Kongres Wina (1815) dan Kongres Aachen (1818), perwakilan
diplomatik suatu negara di negara lain merupakan wilayah ekstrateritorial.
|
|
Jelaskan yang dimaksud wilayah ekstrateritorial?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Kunci Jawaban :
wialayah ekstrateritorial adalah wilayah suatu negara
yagn berada di luar wilayah negara itu. Menurut hukum internasional yagn
mengacu pada Kongres Wina (1815) dan Kongres Aachen (1818), perwakilan
diplomatik suatu negara di negara lain merupakan wilayah ekstrateritorial.
|
|
Jelaskan yang dimaksud wilayah ekstrateritorial?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
1.7 Menghargai wawasan nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
pasal yang mengatur tentang wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
·
definisi negara sebagai organisasi politik
·
yang dimaksud dengan res communis
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Kunci Jawaban :
Mac Iver dalam bukunya The Modern State menyatakan
bahwa, negara sebagai organisasi politik merupakan suatu perkumpulan sosial
yang mempunyai fungsi memelihara keteriban, menghormati kepribadian warga
negara, melindungi rakyat, dan menciptakan kesejahteraan umum. Menurut
pandangannya, negara sama dengan organisasi kemasyarakatan lainnya, yaitu
melaksanakan kehendak anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini membedakan
antara negara dan organisasi kemasyarakatan (selain negara) bahwa negara
dilengkapi kekuasaan tertinggi (kedaulatan).
|
|
Jelaskan definisi negara sebagai organisasi politik?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan
kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
pengertian negara menurut Miriam Budiardjo
·
kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945
·
partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Kunci Jawaban :
definisi negara menurut Miriam Budiardjo adalah
organisasi kekuasaan atau integrasi kekuasaan politik, ia terorganisasi pokok
kekuasaan politik
|
|
Jelaskan pengertian negara menurut Miriam Budiardjo?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan
kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
pengertian negara menurut Miriam Budiardjo
·
kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945
·
partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Kunci Jawaban :
pemerintahan yang berdaulat adalah penyelenggara negara
yang memiliki kekuasaan menyelenggarakan pemerintahan negara di negara
tersebut. Pemerintah tersebut mempunyai kedaulatan ke dalam maupun ke luar.
|
|
Jelaskan yang dimaksud pemerintahan yang berdaulat?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan
kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
pengertian negara menurut Miriam Budiardjo
·
kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945
·
partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Kunci Jawaban :
adapun kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut
pasal 24A UUD 1945, sebagai berikut.
Pasal 24A
(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat
kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap
undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh
undang-undang.
|
|
Sebutkan kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut
UUD 1945?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
|
||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan
kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
pengertian negara menurut Miriam Budiardjo
·
kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945
·
partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Kunci Jawaban :
beberapa fungsi partisipasi politik adalah sebagai
berikut.
a. Sarana untuk mengejar kebutuhan ekonomi, partisipasi
politik seringkali muncul dalam bentuk upaya-upaya menjadikan arena politik
untuk memperlancar usaha ekonominya ataupun sebagai sarana untuk mencari
keuntungan masyarakat.
b. Sarana untuk memuaskan suatu kebutuhan bagi
penyesuaian sosial, yakni memenuhi akan harga diri, meningkatnya status
sosial, dan merasa terhormat karena bergaul dengan pejabat-pejabat terkemuka
dan penting.
c. Sarana untuk mengejar nilai-nilai khusus. Dalam hal
ini, orang berpartisipasi dalam politik dianggap dapat dijadikan sarana bagi
pencapaian tujuan-tujuan tertentu seperti untuk mendapatkan pekerjaan, mendapatkan
proyek dan tender, dan melancarkan karir bagi jabatannya. Nilai-nilai khusus
dan kepentingan individu tersebut apabila tercapai akan makin mendorong
partisipasinya dalam politik.
d. Sarana untuk memenuhi kebutuhan alam bawah sadar dan
kebutuhan psikologi tertentu, seperti kekuasaan batin perasaan terhormat,
merasa menjadi sosok yang penting dan dihargai orang lain dan
kepuasan-kepuasan atas target yang telah ditetapkan.
|
|
Sebutkan fungsi partisipasi warga negara dalam sistem
politik Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
| ||
Jenis Sekolah :
SMU/SMK Jenis Tes :
Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian
Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas / Semester : X /
1
| ||
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
| ||
Kompetensi Dasar :
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan
kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
pengertian negara menurut Miriam Budiardjo
·
kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945
·
partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia
| |
Rumusan Butir Soal
| ||
No. Soal : 50
|
Kunci Jawaban :
tugas dan wewenang DPD yaitu:
a. Mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR yang
berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan
pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber
daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat
dan daerah.
b. Ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan
dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan pemekaran, dan
penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi
lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah,
yang diajukan baik oleh DPR maupun pemerintah.
c. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas rancangan
undang-undang APBN dan rancangan undang-undang pajak, pendidikan, dan agama.
| |
Sebutkan tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah?
| ||
No comments:
Post a Comment