Kartu Soal PKN Kelas XI Semester 1

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
Materi :
·         Hak asasi manusia
·         Ciri-ciri hak asasi manusia
·         Hak asasi manusia menurut John Locke
·         Jenis-jenis hak asasi manusia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: e. fleksibel
Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus jika dibandingkan dengan hak-hak yang lain, kecuali….
a. hakiki
b. universal
c. tidak dapat dicabut
d. tidak dapat dibagi
e. fleksibel

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
Materi :
·         Hak asasi manusia
·         Ciri-ciri hak asasi manusia
·         Hak asasi manusia menurut John Locke
·         Jenis-jenis hak asasi manusia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: a. buy rights
Berikut yang bukan merupakan hak asasi manusia adalah ….
a. buy rights
b. property rights
c. personal rights
d. procedural rights
e. political rights

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
Materi :
·         Hak asasi manusia
·         Ciri-ciri hak asasi manusia
·         Hak asasi manusia menurut John Locke
·         Jenis-jenis hak asasi manusia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: d. hidup
Salah satu hak alamiah manusia menurut John Locke adalah hak untuk ….
a. mendapatkan bantuan dari pemerintah
b. mendapatkan tempat tinggal yang layak
c. mendapatkan pekerjaan yang layak
d. hidup
e. mendapatkan pendidikan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
Materi :
·         Hak asasi manusia
·         Ciri-ciri hak asasi manusia
·         Hak asasi manusia menurut John Locke
·         Jenis-jenis hak asasi manusia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: b. pribadi
Personal rights artinya hak asasi ….
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. budaya
e. agama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
Materi :
·         Hak asasi manusia
·         Ciri-ciri hak asasi manusia
·         Hak asasi manusia menurut John Locke
·         Jenis-jenis hak asasi manusia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: e. melindungi hak asasi orang lain
Berikut yang bukan merupakan jenis hak asasi manusia yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara adalah ….
a. hak untuk meneruskan keturunan
b. hak untuk mendapatkan pendidikan
c. hak untuk mendapatkan kesehatan
d. hak untuk mendapatkan pekerjaan
e. melindungi hak asasi orang lain

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Prinsip-prinsip konstitusi
·         faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·         Sumber nilai moral demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: d. penyiksaan
Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan, baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga disebut ….
a. kejahatan genosida
b. kejahatan terhadap kemanusiaan
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Prinsip-prinsip konstitusi
·         faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·         Sumber nilai moral demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: b. sikap egois yang tinggi
Salah satu faktor internal penyebab pelanggaran HAM adalah ….
a. sikap mementingkan kepentingan umum
b. sikap egois yang tinggi
c. tingginya sikap toleran
d. tingginya kesadaran HAM
e. tegasnya aparat penegak hukum

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Prinsip-prinsip konstitusi
·         faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·         Sumber nilai moral demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: c. semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
Hak asasi manusia tidak dapat dibagi, artinya ….
a. tidak dapat dihalangkan atau diserahkan
b. selalu bertambah sesuai tuntutan zaman
c. semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
d. berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya
e. sudah ada sejak lahir

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Prinsip-prinsip konstitusi
·         faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·         Sumber nilai moral demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: c. demokrasi
Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, semua konstitusi yang pernah berlaku menganut prinsip….
a. sentralisasi
b. pemaksaan
c. demokrasi
d. diktator
e. monopoli

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Prinsip-prinsip konstitusi
·         faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·         Sumber nilai moral demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: a. Pancasila
Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral yang bersumber dari ….
a. Pancasila
b. masyarakat
c. pemerintah
d. UUD 195
e. Bhinneka Tunggal Ika

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
Materi :
·         salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·         UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·         demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·         salah satu ciri demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban: b. Pancasila
Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat merupakan salah satu nilai moral demokrasi Pancasila yang bersumber dari ….
a. Tuhan
b. Pancasila
c. Rakyat
d. Pimpinan
e. Pemerintah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
Materi :
·         salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·         UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·         demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·         salah satu ciri demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban: b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD merupakan bunyi dari ….
a. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 1
b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
c. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 3
d. Wakil Presiden No. X
e. Undang-Undang No. 7 Tahun 1953

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
Materi :
·         salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·         UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·         demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·         salah satu ciri demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban: d. hikmat kebijaksanaan
Keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan merupakan cita-cita ….
a. ketuhanan
b. kerakyatan
c. permusyawaratan
d. hikmat kebijaksanaan
e. keadilan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
Materi :
·         salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·         UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·         demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·         salah satu ciri demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban: a. Pancasila
Dilaksanakannya kebebasan yang dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain merupakan salah satu ciri demokrasi ….
a. Pancasila
b. Liberal
c. Terpimpin
d. Komunis
e. Otoriter

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
Materi :
·         salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·         UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·         demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·         salah satu ciri demokrasi pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: c. Sutan Syahrir
Pada tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republic diganti oleh ….
a. Habibie
b. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Walikota
e. Gubernur

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Materi :
·         Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·         demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·         perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: c. KMB
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS selambat-lambatnyapada tanggal 30 Desember 1949 merupakan salah satu keputusan pokok ….
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. KMB
d. Perjanjian Roem Royen
e. Proklamasi Kemerdekaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Materi :
·         Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·         demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·         perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965 adalah ….
a.       Konstitusi RIS menentukan bentuk negara serikat yang terbagi dalam 16 negara bagian, yaitu 7 negara bagian dan 9 buah satuan kenegaraan
b.      kekuasaan eksekutif yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri sebagai konsekuensi dari dibentuknya sistem pemerintah parlementer.
c.       perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer
d.      Mukadimah Konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa atau semangat Pembukaan UUD proklamasi sebagai penjelasan resmi Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.
e.      Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.

KARTU SOAL


Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1

Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Materi :
·         Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·         demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·         perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari

Rumusan Butir Soal


No. Soal : 18
Jawaban : D. Peran eksekutif yang mendominasi dalam perumusan kebijakan

Berikut ini yang merupakan ciri paling menonjol dari negara berkembang yang masih mencari bentuk demokrasi yang sesuai dengan perkembangan masyarakatnya yaitu...
A.      Adanya kesempatan yang sama untuk menikmati hasil pembangunan
B.      Adanya kebebasan pers, kebebasan berbicara, kebebasan berorganisasi, dan kebebasan berkumpul,
C.      Mengakui dan menganggap wajar adanya keanekaragaman di masyarakat
D.      Peran eksekutif yang mendominasi dalam perumusan kebijakan
E. Adanya jaminan keselamatan dan keamanan untuk seluruh warga negara


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Materi :
·         Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·         demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·         perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: A. Hak publik untuk tahu
Pemerintah dituntut untuk transparan dalam sistem demokrasi. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan prinsip demokrasi yaitu ...
A. Hak publik untuk tahu
B. Konstitusionalisme
C. Peradilan yang independence
D. Pembuatan hukum
E. Perlindungan hak minoritas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Materi :
·         Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·         demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·         perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban: B. Memaksakan pendapat dalam kegiatan pengambilan keputusan
Berikut ini yang bukan termasuk perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu ...
A. Mengutamakan kesatuan dan persatuan nasional
B. Memaksakan pendapat dalam kegiatan pengambilan keputusan
C. Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban
D. Menjunjung tinggi persamaan
E. Membudayakan sikap adil dan baik

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·         pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: A. Polisi menggunakan jalur busway
Berikut ini yang bukan merupakan salah satu contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara adalah …
A. Polisi menggunakan jalur busway
B. Membayar pajak tepat pada waktunya
C. Membuang sampah pada tempatnya
D. Mentaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya
E. Menyebrang jalan pada zebra cross

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·         pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: E. Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat
Apabila seorang warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar negeri maka pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili ialah...
A. Mahkamah Agung
B. Pengadilan negeri yang ditempatkan di kedutaan besar di negara yang bersangkutan
C. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
D. Pengadilan negeri asal tempat tinggal pelaku tindak pidana
E. Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·         pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: D. Mahkamah Agung
Lembaga kekuasaan kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil terhadap peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang adalah…
A. DPR
B. Mahkamah Konstitusi
C. Komisi Yudisial
D. Mahkamah Agung
E. Presiden

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·         pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: D. Menindak sesuai dengan prosedur yang berlaku
Upaya yang tegas dan bersifat represif yang dapat dilakukan untuk memberantas korupsi di Indonesia antara lain adalah…
A. Menanamkan kesadaran bahwa korupsi merupakan perbuatan yang tercela
B. Mengucilkan para pelaku korupsi
C. Mengawasi para penegak hukum
D. Menindak sesuai dengan prosedur yang berlaku
E. Membentuk lembaga yang dapat mencegah korupsi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·         pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: A. Komisi Yudisial
Lembaga yang berperan menjaga kehormatan dan keluhuran hakim dan penegak kode etik peradilan adalah…
A. Komisi Yudisial
B. Mahkamah Agung
C. Mahkamah Konstitusi
D. Hakim Agung
E. Kejaksaan Agung

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·         Penggolongan hukum
·         Hukum administrasi tata negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: c. hukum adat
Segala peraturan itu tidak tertulis dalam masyarakat tertentu, meresap dalam sanubari warganya dan apabila dilanggar menimbulkan akibat hukum tertentu disebut ….
a. hukum perdata
b. hukum dagang
c. hukum adat
d. hukum antargolongan
e. hukum pidana

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·         Penggolongan hukum
·         Hukum administrasi tata negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: a. hukum formal

Berdasarkan isi masalah yang diatur hukum dapat digolongkan menjadi antara lain ….
a. hukum formal
b. hukum material
c. hukum publik
d. hukum positif
e. hukum tertulis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·         Penggolongan hukum
·         Hukum administrasi tata negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: c. hukum negara

Hukum tata negara dan hukum administrasi negara termasuk dalam lapangan ....
a. hukum publik
b. hukum tata pemerintahan
c. hukum negara
d. hukum tata usaha negara
e. hukum sipil

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·         Penggolongan hukum
·         Hukum administrasi tata negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: d. wujudnya

Penggolongan hukum yang membagi adanya hukum tertulis dan tidak tertulis merupakan penggolonga hukum berdasarkan ....
a. wilayah berlakunya
b. waktu
c. pribadi yang di atur
d. wujudnya
e. masalah di atur.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·         Penggolongan hukum
·         Hukum administrasi tata negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: c. peradilan yang bebas tidak memihak

Ciri-ciri negara hukum adalah sebagai berikut ....
a. kepastian pajak
b. perekonomian yang bebas
c. peradilan yang bebas tidak memihak
d. persamaan hak asasi manusia
e. pengaturan hukum

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Asas hubungan internasional antar negara
·         Tujuan hubungan internasional antar negara
·         Prinsip hubungan internasional antar negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: a. Teritorial
Salah satu asas dalam hubungan internasional yang menyatakan bahwa suatu negara akan mempunyai kekuasaan secara penuh untuk memberlakukan hukum atas semua orang dan barang yang berada di wilayahnya disebut asas....
a. Teritorial
b. Kebangsaan
c. Kemanusiaan
d. Kepentingan umum
e. Kepentingan bangsa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Asas hubungan internasional antar negara
·         Tujuan hubungan internasional antar negara
·         Prinsip hubungan internasional antar negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: e. Menghormati kedudukan dan keutuhan wilayah negara
Prinsip Indonesia dalam menjalin hubungan dan kerja sama dengan negara lain adalah....
a. Menghormati perdamaian dunia
b. Mengakui negara-negara berkembang
c. Menghormati kerjasama antarbangsa
d. Memajukan negara-negara berkembang
e. Menghormati kedudukan dan keutuhan wilayah negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Asas hubungan internasional antar negara
·         Tujuan hubungan internasional antar negara
·         Prinsip hubungan internasional antar negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: e. Meningkatkan kesejahteraan masing-masing negara yang terlibat dalam suatu hubungan internasional
Hubungan internasional yang dilakukan oleh setiap negara bertujuan....
a. Menjajah negara lain
b. Menguasai kejayaan negara lain
c. Memengaruhi suatu negara untuk memusuhi negara lain
d. Mengetahui kelemahan negara lain sehingga mudah ditaklukkan
e. Meningkatkan kesejahteraan masing-masing negara yang terlibat dalam suatu hubungan internasional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Asas hubungan internasional antar negara
·         Tujuan hubungan internasional antar negara
·         Prinsip hubungan internasional antar negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: d. Menumbuhkan rasa persahabatan dan saling percaya antarnegara
Pengaturan hungungan internasional bermanfaat bagi negara-negara di dunia karena dapat....
a. Mematangkan ketergantungan negara berkembang pada negara maju
b. Memudahkan negara penjajah mengelola wolayah jajahannya
c. Menolong negara penjajah untuk memerdekakan daerah jajahannya
d. Menumbuhkan rasa persahabatan dan saling percaya antarnegara
e. Mencegah terjadinya kesimpangsiuran dalam hubungan internasional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Asas hubungan internasional antar negara
·         Tujuan hubungan internasional antar negara
·         Prinsip hubungan internasional antar negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: a. Menghormati kedaulatan dan tidak melakukan intervensi
Hubungan antarbangsa merupakan salah satu hubungan yang sangat mutlak diperlukan. Dalam membina hubungan dan kerjasama dengan bangsa lain harus menerapkan prinsip....
a. Menghormati kedaulatan dan tidak melakukan intervensi
b. Menjunjung tinggi harkat dan martabat negara yang berdaulat
c. Meningkatkan derajat negara persemakmuran di seluruh dunia
d. Mengusir penjajah yang menganggu kedaulatan suatu negara
e. Menggalang negara kuat untuk membentuk pakta pertahanan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·         faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·         Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban: e.
Bangsa Indonesia hidup berdampingan dan menjalin persahabatan dengan negara-negara di dunia. Hal ini sesuai tujuan nasional bangsa Indonesia, yaitu….
a. melindungi seluruh tumpah darah Indonesia
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. memajukan kesejahteraan umum
d. meningkatkan martabat bangsa
e. turut serta menciptakan ketertiban dan perdamaian dunia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·         faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·         Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban: d
Subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah….
a. kepala negara
b. pemerintah
c. departemen luar negeri
d. negara
e. pengusaha

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·         faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·         Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban: c
Hubungan antara negara yang satu dengan yang lainnya dalam pergaulan internasional disebut….
a. hubungan antarindividu
b. hubungan antarkelompok
c. hubngan antarnegara
d. hubungan antargolongan
e. hubungan antarmasyarakat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·         faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·         Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban: d
Berikut faktor-faktor terjadinya hubungan internasional, kecuali….
a. kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang harus mengadakan kerja sama antarsesama
b. faktor wilayah yang saling berjauhan akan mengakibatkan timbulnya kerjasama regional dan internasional
c. pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri
d. kepentingan nasional untuk melakukan ekspansi ke negara lain
e. tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan kehidupan dunia yang tertib, adil dan merata

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·         faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·         Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban: a
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut….
a. bilateral
b. regional
c. nasional
d. international
e. multilateral

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban: INTEGRATE yang artinya kurang lebih adalah menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan. Adapun kata Nasional berasal dari bahasa asing juga yakni NATION yang berarti bangsa. Jadi artian singkat dari Integrasi Nasional adalah PERSATUAN BANGSA

Dalam konteks politis, Integrasi Nasional bermakna sebagai penyatuan berbagai macam kelompok sosial juga budaya ke dalam suatu kesatuan wilayah yang membentuk suatu identitas nasional.
Jelaskan makna integrasi nasional?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban:
-Rasa Senasib-Seperjuangan
-Pemaknaan Ideologi Nasional
-Keinginan Untuk Bersatu
Sebutkan 3 faktor pendorong integrasi nasional?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban:
·         Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang memiliki sifat heterogen.
·         Kurangnya toleransi antar sesama golongan.
·         Kurangnya kesadaran di dalam diri masing-masing rakyat Indonesia terhadap segala ancaman dan gangguan yang mucul dari luar.
·         Adanya sikap ketidakpuasan terhadap segala ketimpangan dan ketidak merataan hasil pembangunan.
Sebutkan 3 faktor perusak integrasi nasional.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban:
Integrasi nasional penting untuk diwujudkan dalam kehidupan masyrakat Indonesia dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih berkembang atau dapat dikatakan negara yang masih mencari jati diri. Selain itu, integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan karena integrasi nasional merupakan suatu cara yang dapat menyatukan berbagai macam perbedaan yang ada di Indonesia.
Apa pentingnya integrasi nasional bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban:
Faktor dari rasa rela berkorban demi kepentingan bangsa serta negara. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya pahlawan pahlawan bangsa yang telah gugur di medan perang.
Jelaskan faktor pendorong integrasi nasional?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         faktor-faktor yang dapat menghambat terbentuknya integrasi nasional
·         cara memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pelajar
·         tantangan bangsa Indonesia dalam membangun integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban:
-Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam) dalam faktor-faktor kesukubangsaan dengan masing-masing kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainya.

-Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas.

-Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

-Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas dan keputusasaan di masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan), gerakan separatisme dan kedaerahan, demonstrasi dan unjuk rasa.
Jelaskan faktor-faktor yang dapat menghambat terbentuknya integrasi nasional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban:
-Suka bekerjasama
-Saling menghargai
-Saling menghormati
-Rela berkorban
-Lebih mementingkan kelompok daripada pribadi
Sebutkan 3 cara memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pelajar.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban:
mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara
Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah….

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban:
a. Maraknya tindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang dilakukan oleh para pejabat pemerintahan.
b. Percobaan invasi asing yang ingin menguasai Indonesia, baik dari segi sumber daya alam maupun lainnya
c. Maraknya tindakan kriminalitas dalam kehidupan masyarakat
d. Sistem pendidikan nasional yang tidak merata juga tidak memadai
e. Kemajuan komunikasi dan transportasi yang memengaruhi kehidupan maupun mobilitas masyarakat.
Sebutkan tantangan bangsa Indonesia dalam membangun integrasi nasional!

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
Materi :
·         makna integrasi nasional
·         faktor pendorong integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban:
Bhinneka tunggal ika adalah semboyan negara kita
diambil dari kitab yg dikarang mpu tantular
artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua..
Apa yang Anda ketahui tentang Bhinneka Tunggal Ika?

Dowaload Kartu Soal


Download Kisi-kisi Soal PKN Kelas XI Semester 1 >>>


Soal PKN Kelas XI Semester 1 >>>




No comments:

Post a Comment