KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
Materi :
·
Hak asasi manusia
·
Ciri-ciri hak asasi manusia
·
Hak asasi manusia menurut John Locke
·
Jenis-jenis hak asasi manusia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: e. fleksibel
|
Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus jika
dibandingkan dengan hak-hak yang lain, kecuali….
a. hakiki
b. universal
c. tidak dapat dicabut
d. tidak dapat dibagi
e. fleksibel
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
Materi :
·
Hak asasi manusia
·
Ciri-ciri hak asasi manusia
·
Hak asasi manusia menurut John Locke
·
Jenis-jenis hak asasi manusia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: a. buy rights
|
Berikut yang bukan merupakan hak asasi manusia adalah
….
a. buy rights
b. property rights
c. personal rights
d. procedural rights
e. political rights
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
Materi :
·
Hak asasi manusia
·
Ciri-ciri hak asasi manusia
·
Hak asasi manusia menurut John Locke
·
Jenis-jenis hak asasi manusia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: d. hidup
|
Salah satu hak alamiah manusia menurut John Locke
adalah hak untuk ….
a. mendapatkan bantuan dari pemerintah
b. mendapatkan tempat tinggal yang layak
c. mendapatkan pekerjaan yang layak
d. hidup
e. mendapatkan pendidikan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
Materi :
·
Hak asasi manusia
·
Ciri-ciri hak asasi manusia
·
Hak asasi manusia menurut John Locke
·
Jenis-jenis hak asasi manusia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: b. pribadi
|
Personal rights artinya hak asasi ….
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. budaya
e. agama
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
Materi :
·
Hak asasi manusia
·
Ciri-ciri hak asasi manusia
·
Hak asasi manusia menurut John Locke
·
Jenis-jenis hak asasi manusia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: e. melindungi hak asasi orang lain
|
Berikut yang bukan merupakan jenis hak asasi manusia
yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap
warga negara adalah ….
a. hak untuk meneruskan keturunan
b. hak untuk mendapatkan pendidikan
c. hak untuk mendapatkan kesehatan
d. hak untuk mendapatkan pekerjaan
e. melindungi hak asasi orang lain
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Prinsip-prinsip konstitusi
·
faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·
Sumber nilai moral demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: d. penyiksaan
|
Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga
menimbulkan rasa sakit atau penderitaan, baik jasmani maupun rohani pada
seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang atau
orang ketiga disebut ….
a. kejahatan genosida
b. kejahatan terhadap kemanusiaan
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Prinsip-prinsip konstitusi
·
faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·
Sumber nilai moral demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: b. sikap egois yang tinggi
|
Salah satu faktor internal penyebab pelanggaran HAM
adalah ….
a. sikap mementingkan kepentingan umum
b. sikap egois yang tinggi
c. tingginya sikap toleran
d. tingginya kesadaran HAM
e. tegasnya aparat penegak hukum
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Prinsip-prinsip konstitusi
·
faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·
Sumber nilai moral demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: c. semua orang berhak mendapatkan semua hak,
meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
|
Hak asasi manusia tidak dapat dibagi, artinya ….
a. tidak dapat dihalangkan atau diserahkan
b. selalu bertambah sesuai tuntutan zaman
c. semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi
hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
d. berlaku untuk semua orang tanpa memandang status,
suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya
e. sudah ada sejak lahir
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Prinsip-prinsip konstitusi
·
faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·
Sumber nilai moral demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: c. demokrasi
|
Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, semua
konstitusi yang pernah berlaku menganut prinsip….
a. sentralisasi
b. pemaksaan
c. demokrasi
d. diktator
e. monopoli
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif
pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Prinsip-prinsip konstitusi
·
faktor internal penyebab pelanggaran HAM
·
Sumber nilai moral demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: a. Pancasila
|
Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral
yang bersumber dari ….
a. Pancasila
b. masyarakat
c. pemerintah
d. UUD 195
e. Bhinneka Tunggal Ika
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3
Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
Materi :
·
salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·
UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·
demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan,
perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·
salah satu ciri demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawaban: b. Pancasila
|
Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat
merupakan salah satu nilai moral demokrasi Pancasila yang bersumber dari ….
a. Tuhan
b. Pancasila
c. Rakyat
d. Pimpinan
e. Pemerintah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3 Menunjukkan
sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
Materi :
·
salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·
UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·
demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan,
perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·
salah satu ciri demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawaban: b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
|
Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan
menurut UUD merupakan bunyi dari ….
a. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 1
b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
c. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 3
d. Wakil Presiden No. X
e. Undang-Undang No. 7 Tahun 1953
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3
Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
Materi :
·
salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·
UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·
demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan,
perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·
salah satu ciri demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawaban: d. hikmat kebijaksanaan
|
Keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang
diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai
ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
merupakan cita-cita ….
a. ketuhanan
b. kerakyatan
c. permusyawaratan
d. hikmat kebijaksanaan
e. keadilan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3
Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
Materi :
·
salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·
UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·
demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan,
perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·
salah satu ciri demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawaban: a. Pancasila
|
Dilaksanakannya kebebasan yang dipertanggung-jawabkan
secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain
merupakan salah satu ciri demokrasi ….
a. Pancasila
b. Liberal
c. Terpimpin
d. Komunis
e. Otoriter
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila
sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3
Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan
sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
Materi :
·
salah satu sumber nilai moral demokrasi Pancasila
·
UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
·
demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan,
perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan
·
salah satu ciri demokrasi pancasila
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawaban: c. Sutan Syahrir
|
Pada tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala
pemerintahan republic diganti oleh ….
a. Habibie
b. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Walikota
e. Gubernur
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa
syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·
demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·
perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawaban: c. KMB
|
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia
sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
selambat-lambatnyapada tanggal 30 Desember 1949 merupakan salah satu
keputusan pokok ….
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. KMB
d. Perjanjian Roem Royen
e. Proklamasi Kemerdekaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa
syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·
demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·
perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawaban: e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana
menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
|
Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode
1959-1965 adalah ….
a. Konstitusi
RIS menentukan bentuk negara serikat yang terbagi dalam 16 negara bagian,
yaitu 7 negara bagian dan 9 buah satuan kenegaraan
b. kekuasaan
eksekutif yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri
sebagai konsekuensi dari dibentuknya sistem pemerintah parlementer.
c. perubahan
sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer
d. Mukadimah
Konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa atau semangat Pembukaan
UUD proklamasi sebagai penjelasan resmi Proklamasi Kemerdekaan Negara
Indonesia.
e. Ir.
Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang
dinamakan Kabinet Kerja.
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa
syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·
demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·
perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 18
|
Jawaban : D. Peran eksekutif
yang mendominasi dalam perumusan kebijakan
|
|
Berikut ini yang merupakan ciri paling menonjol dari
negara berkembang yang masih mencari bentuk demokrasi yang sesuai dengan
perkembangan masyarakatnya yaitu...
A. Adanya
kesempatan yang sama untuk menikmati hasil pembangunan
B. Adanya
kebebasan pers, kebebasan berbicara, kebebasan berorganisasi, dan kebebasan
berkumpul,
C. Mengakui
dan menganggap wajar adanya keanekaragaman di masyarakat
D. Peran
eksekutif yang mendominasi dalam perumusan kebijakan
E. Adanya jaminan
keselamatan dan keamanan untuk seluruh warga negara
|
||
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa
syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·
demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·
perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawaban: A. Hak publik untuk tahu
|
Pemerintah dituntut untuk transparan dalam sistem
demokrasi. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan prinsip demokrasi yaitu
...
A. Hak publik untuk tahu
B. Konstitusionalisme
C. Peradilan yang independence
D. Pembuatan hukum
E. Perlindungan hak minoritas
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia
dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa
syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS
·
demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965
·
perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawaban: B. Memaksakan pendapat dalam kegiatan
pengambilan keputusan
|
Berikut ini yang bukan termasuk perilaku demokrasi yang
perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu ...
A. Mengutamakan kesatuan dan persatuan nasional
B. Memaksakan pendapat dalam kegiatan pengambilan
keputusan
C. Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban
D. Menjunjung tinggi persamaan
E. Membudayakan sikap adil dan baik
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·
pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara
Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: A. Polisi menggunakan jalur busway
|
Berikut ini yang bukan merupakan salah satu contoh cara
meningkatkan kesadaran hukum warga negara adalah …
A. Polisi menggunakan jalur busway
B. Membayar pajak tepat pada waktunya
C. Membuang sampah pada tempatnya
D. Mentaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya
E. Menyebrang jalan pada zebra cross
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·
pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara
Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban: E. Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat
|
Apabila seorang warga negara Indonesia melakukan tindak
pidana di luar negeri maka pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili
ialah...
A. Mahkamah Agung
B. Pengadilan negeri yang ditempatkan di kedutaan besar
di negara yang bersangkutan
C. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
D. Pengadilan negeri asal tempat tinggal pelaku tindak
pidana
E. Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·
pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara
Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban: D. Mahkamah Agung
|
Lembaga kekuasaan kehakiman yang berwenang melakukan
uji materiil terhadap peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang
adalah…
A. DPR
B. Mahkamah Konstitusi
C. Komisi Yudisial
D. Mahkamah Agung
E. Presiden
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·
pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara
Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban: D. Menindak sesuai dengan prosedur yang
berlaku
|
Upaya yang tegas dan bersifat represif yang dapat
dilakukan untuk memberantas korupsi di Indonesia antara lain adalah…
A. Menanamkan kesadaran bahwa korupsi merupakan
perbuatan yang tercela
B. Mengucilkan para pelaku korupsi
C. Mengawasi para penegak hukum
D. Menindak sesuai dengan prosedur yang berlaku
E. Membentuk lembaga yang dapat mencegah korupsi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi
mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
contoh cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara
·
pengadilan Indonesia yang berwenang mengadili warga negara
Indonesia melakukan tindak pidana di luar
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban: A. Komisi Yudisial
|
Lembaga yang berperan menjaga kehormatan dan keluhuran
hakim dan penegak kode etik peradilan adalah…
A. Komisi Yudisial
B. Mahkamah Agung
C. Mahkamah Konstitusi
D. Hakim Agung
E. Kejaksaan Agung
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·
Penggolongan hukum
·
Hukum administrasi tata negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban: c. hukum adat
|
Segala peraturan itu tidak tertulis dalam masyarakat
tertentu, meresap dalam sanubari warganya dan apabila dilanggar menimbulkan
akibat hukum tertentu disebut ….
a. hukum perdata
b. hukum dagang
c. hukum adat
d. hukum antargolongan
e. hukum pidana
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·
Penggolongan hukum
·
Hukum administrasi tata negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban: a. hukum formal
|
Berdasarkan isi masalah yang diatur hukum dapat
digolongkan menjadi antara lain ….
a. hukum formal
b. hukum material
c. hukum publik
d. hukum positif
e. hukum tertulis
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·
Penggolongan hukum
·
Hukum administrasi tata negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban: c. hukum negara
|
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
termasuk dalam lapangan ....
a. hukum publik
b. hukum tata pemerintahan
c. hukum negara
d. hukum tata usaha negara
e. hukum sipil
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·
Penggolongan hukum
·
Hukum administrasi tata negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban: d. wujudnya
|
Penggolongan hukum yang membagi adanya hukum tertulis
dan tidak tertulis merupakan penggolonga hukum berdasarkan ....
a. wilayah berlakunya
b. waktu
c. pribadi yang di atur
d. wujudnya
e. masalah di atur.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
kehakiman yang berwenang melakukan uji materiil
·
Penggolongan hukum
·
Hukum administrasi tata negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban: c. peradilan yang bebas tidak memihak
|
Ciri-ciri negara hukum adalah sebagai berikut ....
a. kepastian pajak
b. perekonomian yang bebas
c. peradilan yang bebas tidak memihak
d. persamaan hak asasi manusia
e. pengaturan hukum
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Asas hubungan internasional antar negara
·
Tujuan hubungan internasional antar negara
·
Prinsip hubungan internasional antar negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban: a. Teritorial
|
Salah satu asas dalam hubungan internasional yang
menyatakan bahwa suatu negara akan mempunyai kekuasaan secara penuh untuk
memberlakukan hukum atas semua orang dan barang yang berada di wilayahnya
disebut asas....
a. Teritorial
b. Kebangsaan
c. Kemanusiaan
d. Kepentingan umum
e. Kepentingan bangsa
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Asas hubungan internasional antar negara
·
Tujuan hubungan internasional antar negara
·
Prinsip hubungan internasional antar negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban: e. Menghormati kedudukan dan keutuhan
wilayah negara
|
Prinsip Indonesia dalam menjalin hubungan dan kerja
sama dengan negara lain adalah....
a. Menghormati perdamaian dunia
b. Mengakui negara-negara berkembang
c. Menghormati kerjasama antarbangsa
d. Memajukan negara-negara berkembang
e. Menghormati kedudukan dan keutuhan wilayah
negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Asas hubungan internasional antar negara
·
Tujuan hubungan internasional antar negara
·
Prinsip hubungan internasional antar negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban: e. Meningkatkan kesejahteraan
masing-masing negara yang terlibat dalam suatu hubungan internasional
|
Hubungan internasional yang dilakukan oleh setiap
negara bertujuan....
a. Menjajah negara lain
b. Menguasai kejayaan negara lain
c. Memengaruhi suatu negara untuk memusuhi negara
lain
d. Mengetahui kelemahan negara lain sehingga mudah
ditaklukkan
e. Meningkatkan kesejahteraan masing-masing
negara yang terlibat dalam suatu hubungan internasional
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Asas hubungan internasional antar negara
·
Tujuan hubungan internasional antar negara
·
Prinsip hubungan internasional antar negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban: d. Menumbuhkan rasa persahabatan dan
saling percaya antarnegara
|
Pengaturan hungungan internasional bermanfaat bagi
negara-negara di dunia karena dapat....
a. Mematangkan ketergantungan negara berkembang
pada negara maju
b. Memudahkan negara penjajah mengelola wolayah
jajahannya
c. Menolong negara penjajah untuk memerdekakan
daerah jajahannya
d. Menumbuhkan rasa persahabatan dan saling
percaya antarnegara
e. Mencegah terjadinya kesimpangsiuran dalam
hubungan internasional
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Asas hubungan internasional antar negara
·
Tujuan hubungan internasional antar negara
·
Prinsip hubungan internasional antar negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban: a. Menghormati kedaulatan dan tidak
melakukan intervensi
|
Hubungan antarbangsa merupakan salah satu hubungan yang
sangat mutlak diperlukan. Dalam membina hubungan dan kerjasama dengan bangsa
lain harus menerapkan prinsip....
a. Menghormati kedaulatan dan tidak melakukan
intervensi
b. Menjunjung tinggi harkat dan martabat negara
yang berdaulat
c. Meningkatkan derajat negara persemakmuran di
seluruh dunia
d. Mengusir penjajah yang menganggu kedaulatan
suatu negara
e. Menggalang negara kuat untuk membentuk pakta
pertahanan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·
faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban: e.
|
Bangsa Indonesia hidup berdampingan dan menjalin persahabatan
dengan negara-negara di dunia. Hal ini sesuai tujuan nasional bangsa
Indonesia, yaitu….
a. melindungi seluruh tumpah darah Indonesia
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. memajukan kesejahteraan umum
d. meningkatkan martabat bangsa
e. turut serta menciptakan ketertiban dan perdamaian
dunia
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·
faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawaban: d
|
Subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional
adalah….
a. kepala negara
b. pemerintah
c. departemen luar negeri
d. negara
e. pengusaha
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·
faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban: c
|
Hubungan antara negara yang satu dengan yang lainnya
dalam pergaulan internasional disebut….
a. hubungan antarindividu
b. hubungan antarkelompok
c. hubngan antarnegara
d. hubungan antargolongan
e. hubungan antarmasyarakat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·
faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban: d
|
Berikut faktor-faktor terjadinya hubungan
internasional, kecuali….
a. kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang harus
mengadakan kerja sama antarsesama
b. faktor wilayah yang saling berjauhan akan
mengakibatkan timbulnya kerjasama regional dan internasional
c. pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri
d. kepentingan nasional untuk melakukan ekspansi ke
negara lain
e. tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan
kehidupan dunia yang tertib, adil dan merata
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi
manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UndangUndang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Subjek utama dalam hukum dan hubungan Internasional
·
faktor-faktor terjadinya hubungan internasional
·
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban: a
|
Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara
disebut….
a. bilateral
b. regional
c. nasional
d. international
e. multilateral
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 41
|
Jawaban: INTEGRATE yang artinya kurang lebih adalah
menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan. Adapun kata Nasional berasal
dari bahasa asing juga yakni NATION yang berarti bangsa. Jadi artian singkat
dari Integrasi Nasional adalah PERSATUAN BANGSA
Dalam konteks politis, Integrasi Nasional bermakna
sebagai penyatuan berbagai macam kelompok sosial juga budaya ke dalam suatu
kesatuan wilayah yang membentuk suatu identitas nasional.
|
Jelaskan makna integrasi nasional?
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 42
|
Jawaban:
-Rasa Senasib-Seperjuangan
-Pemaknaan Ideologi Nasional
-Keinginan Untuk Bersatu
|
Sebutkan 3 faktor pendorong integrasi nasional?
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 43
|
Jawaban:
·
Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang memiliki sifat
heterogen.
·
Kurangnya toleransi antar sesama golongan.
·
Kurangnya kesadaran di dalam diri masing-masing rakyat
Indonesia terhadap segala ancaman dan gangguan yang mucul dari luar.
·
Adanya sikap ketidakpuasan terhadap segala ketimpangan dan
ketidak merataan hasil pembangunan.
|
Sebutkan 3 faktor perusak integrasi nasional.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 44
|
Jawaban:
Integrasi nasional penting untuk diwujudkan dalam kehidupan
masyrakat Indonesia dikarenakan Indonesia merupakan negara yang masih
berkembang atau dapat dikatakan negara yang masih mencari jati diri. Selain
itu, integrasi nasional sangat penting untuk diwujudkan karena integrasi
nasional merupakan suatu cara yang dapat menyatukan berbagai macam perbedaan
yang ada di Indonesia.
|
Apa pentingnya integrasi nasional bagi keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia?
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 45
|
Jawaban:
Faktor dari rasa rela berkorban demi kepentingan bangsa
serta negara. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya pahlawan pahlawan
bangsa yang telah gugur di medan perang.
|
Jelaskan faktor pendorong integrasi nasional?
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasikan faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
faktor-faktor yang dapat menghambat terbentuknya integrasi
nasional
·
cara memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan
pelajar
·
tantangan bangsa Indonesia dalam membangun integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban:
-Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam)
dalam faktor-faktor kesukubangsaan dengan masing-masing kebudayaan daerahnya,
bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainya.
-Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan
kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas.
-Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan
gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang
berasal dari dalam maupun luar negeri.
-Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan
pembangunan dan hasil-hasil pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas
dan keputusasaan di masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan),
gerakan separatisme dan kedaerahan, demonstrasi dan unjuk rasa.
|
|
Jelaskan faktor-faktor yang dapat menghambat
terbentuknya integrasi nasional
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang
potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban:
-Suka bekerjasama
-Saling menghargai
-Saling menghormati
-Rela berkorban
-Lebih mementingkan kelompok daripada pribadi
|
|
Sebutkan 3 cara memupuk rasa persatuan dan kesatuan
bangsa di kalangan pelajar.
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban:
mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang
damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara
|
|
Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri
Indonesia adalah….
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban:
a. Maraknya tindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN)
yang dilakukan oleh para pejabat pemerintahan.
b. Percobaan invasi asing yang ingin menguasai
Indonesia, baik dari segi sumber daya alam maupun lainnya
c. Maraknya tindakan kriminalitas dalam kehidupan
masyarakat
d. Sistem pendidikan nasional yang tidak merata juga
tidak memadai
e. Kemajuan komunikasi dan transportasi yang
memengaruhi kehidupan maupun mobilitas masyarakat.
|
|
Sebutkan tantangan bangsa Indonesia dalam membangun
integrasi nasional!
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XI / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang
potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
Materi :
·
makna integrasi nasional
·
faktor pendorong integrasi nasional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Jawaban:
Bhinneka tunggal ika adalah semboyan negara kita
diambil dari kitab yg dikarang mpu tantular
artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua..
|
|
Apa yang Anda ketahui tentang Bhinneka Tunggal Ika?
|
||
Dowaload Kartu SoalDownload Kisi-kisi Soal PKN Kelas XI Semester 1 >>>Soal PKN Kelas XI Semester 1 >>> |
No comments:
Post a Comment